1
Kesehatan Kuliner

Ini Dia 8 Manfaat B12 bagi Indera dan Organ Kita

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Tubuh kita membutuhkan beberapa vitamin dan mineral agar bisa berfungsi dengan baik. Salah satu vitamin yang dibutuhkan tubuh adalah vitamin B12. Walaupun tidak ‘sepopuler’ vitamin-vitamin lainnya, vitamin B12 memiliki peran penting dalam menjaga indera dan organ dalam kita, lho. Cek daftar di bawah ini untuk tahu 8 peran vitamin B12.

Meningkatkan Energi dan Vitalitas

Vitamin B12 bermanfaat untuk meningkatkan energi agar kita tidak merasa mudah lelah. Salah satu tanda kekurangan vitamin B12 adalah letih, lesu, dan lemas. Vitamin B12 ada dalam sel darah kita. Dalam darah, vitamin B12 berfungsi mencegah terjadinya anemia. Karena itulah kita akan merasa lelah, letih, dan lesu saat kekurangan vitamin B12.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Vitamin B12 juga berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung. Perannya bersama dengan vitamin B6 dan asam folat membantu mengurangi homosistein (homocysteine). Homosistein adalah protein yang menyebabkan penyakit jantung. Homosistein biasanya terbentuk di dalam darah dan merusak dinding arteri. Asupan vitamin B12 yang cukup bisa membantu Jantungmu bekerja maksimal dan mencegahnya dari penyakit.

Menjaga Kesehatan Sistem Saraf

Sistem saraf akan terjaga dengan asupan vitamin B12 yang cukup. Saat kita kekurangan vitamin B12, kita akan merasakan sensasi seperti tertusuk jarum atau kaku di sekitar tangan dan kaki. Gejala ini juga biasa disebut dengan kesemutan. Peran vitamin B12 dalam menjaga kesehatan saraf adalah membantu produksi lemak myelin. Selubung myelin ini berfungsi melindungi syaraf agar bisa bekerja dengan maksimal.

Menjaga Kesehatan Mulut

Terdapat peran vitamin B12 dalam mulut yang sehat. Kekurangan vitamin B12 bisa menyebabkan inflamasi pada lidah atau glossitis. Penyakit ini ditandai dengan lidah yang tampak merah dan bengkak atau tampak halus. Glossitis menyebabkan kita jadi tidak bisa mengecap rasa.

Menjaga Kesehatan Penglihatan

Vitamin B12 memiliki peran penting dalam menjaga penglihatan kita. Kekurangan vitamin B12 bisa berdampak pada rusaknya sistem saraf yang kemudian mempengaruhi penglihatan di sekitar mata.

Meningkatkan Daya Ingat

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa kekurangan vitamin B12 memiliki hubungan yang erat dengan penyakit demensia atau pikun dan masalah memori.

Menjaga Rona Kulit

Jika kamu kekurangan vitamin B12 kulitmu akan tampak pucat dan berwarna  kekuningan. Perubahan ukuran sel darah merah menyebabkan berubahnya warna kulit. Saat kekurangan vitamin B12, sel darah merah bisa berubah ukuran menjadi terlalu besar untuk mengaliri seluruh tubuh. Inilah yang membuat kulit akan tampak pucat. Sedangkan ketika sel darah merah rapuh dan cepat pecah, kadar bilirubin akan meningkat sehingga kulitmu akan tampak  menguning.

webinar umroh.com

Menjaga Pencernaan

Saat kamu mengalami masalah di pencernaan, seperti konstipasi, diare, hingga kehilangan nafsu makan dan penurunan berat badan, bisa jadi penyebabnya adalah karena kekurangan vitamin B12. Vitamin B12 memproduksi senyawa yang kemudian diserap oleh usus dan berfungsi menjaga kesehatan pencernaan kita.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.