1
Motivasi

Ini Dua Kemampuan yang Akan Membuatmu Sukses

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Setiap orang pasti menginginkan kesuksesan dalam hidupnya. Dalam usaha meraih kesuksesan, kita bisa belajar dari orang-orang sukses yang telah lebih dulu meraihnya. Dari mereka, kita sebenarnya bisa belajar bahwa untuk sukses diperlukan dua kemampuan penting dalam hidup, yaitu kemampuan untuk mengatasi rasa takut dan kemampuan untuk membuat keputusan.

Kemampuan Mengatasi Rasa Takut

Rasa takut membuat seseorang tidak berani keluar dari zona nyaman. Karena itulah mereka yang hidupnya diliputi rasa takut seringkali tidak memperoleh progres penting dalam hidupnya.

Agar mencapai kesuksesan yang diinginkan, kita harus bisa menaklukkan rasa takut. Rasa takut inilah yang seringkali memberikan perasaan-perasaan negatif. Seringnya, rasa takut membuat kita merasa tidak bisa mencapai apa yang kita inginkan, atau membuat kita tidak percaya diri.

Suara-suara ketakutan itu yang akan membuat pikiran menjadi negatif, dan akhirnya hal-hal negatif akan semakin sering menghampiri kita. Rasa takut juga akan membuat kita tidak melakukan hal penting untuk mencapai tujuan. Ketakutan membuat kita tidak berani menghadapi konsekuensi dari tindakan yang kita ambil.

Langkah pertama untuk mencapai kesuksesan adalah menaklukkan rasa takut. Setiap orang memiliki rasa takutnya masing-masing. Karena itulah ada ketakutan-ketakutan berbeda yang harus ditaklukan oleh setiap orang.

Bangunlah pola pikir baru. Jangan tidak takut berbuat kesalahan, dan jangan takut menghasilkan output yang salah atau tidak sesuai harapan. Yakinkan dalam diri bahwa apapun hasilnya (gagal atau berhasil), semuanya adalah pembelajaran yang penting bagi kesuksesan kita, terutama kegagalan. Karena dengan gagal, kita akan mempelajari banyak hal, yang akan membantu kita menemukan cara terbaik dalam mencapai kesuksesan.

Mengalahkan ketakutan memang harus dengan menguatkan pikiran kita. Melatih pikiran untuk menerima tantangan dan tugas, serta menerima apapun hasil yang akan kita terima. Saat kita berhasil merubah pola pikir, maka zat-zat kimia dalam tubuh juga akan berubah. Akan semakin banyak hormon-hormon positif yang membuat kita menjadi semakin percaya diri dan memiliki mental yang kuat.

Kemampuan untuk Mengambil Keputusan yang Tepat

Untuk berhasil, seseorang harus memiliki kemampuan untuk mengambil keputusan yang tepat. Keputusan-keputusan tepat itulah yang akan membawa kita lebih maju dan lebih baik.

webinar umroh.com

Namun, mengambil keputusan yang tepat bukan berarti kita tidak boleh salah dalam mengambil langkah. Justru keputusan yang tepat itu datang dari beragam pengalaman saat mengambil keputusan-keputusan yang tidak membawa hasil yang baik.

Pelajaran dari keputusan-keputusan yang buruk tersebut akan membuat kita memiliki intuisi yang baik. Intuisi, yang juga merupakan salah satu bentuk kecerdasan, akan membuat kita mampu memilih yang terbaik berdasarkan pengalaman yang telah kita alami.

Orang-orang yang sukses biasanya adalah mereka yang mampu mengambil keputusan tepat dalam hidupnya. Namun, kita juga belajar bahwa sebelum mereka mengambil keputusan tepat yang akhirnya menjadi titik balik hidupnya, mereka adalah orang-orang yang memiliki banyak pengalaman jatuh bangun. Misalnya karena rugi saat melakukan usaha, ditolak oleh beberapa perusahaan, dan bertemu dengan orang-orang yang salah. Namun, pengalaman-pengalaman buruk itulah yang kemudian membuat mereka belajar dan mengembangkan intuisi untuk memilih hal yang terbaik bagi apa yang sedang dijalaninya.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.