1
Motivasi

Ini Tanda Mentalmu Sedang Lelah

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Jika fisik manusia yang lelah, biasanya tubuh akan merasa tidak nyaman, misalnya pusing atau nyeri. Ternyata bukan hanya fisik yang mengalami gangguan saat merasa lelah. Mental manusia pun juga bisa merasakan lelah. Mental atau jiwa yang lelah akan menunjukkan tanda-tanda di bawah ini.

Merasa Lelah Sepanjang Waktu

Rasa lelah biasanya bisa diobati dengan tidur. Namun jika saat bangun pagi tubuh masih merasa sangat lelah, bahkan terjadi selama berhari-hari, bisa jadi yang lelah sebenarnya bukan fisik namun mental.

Biasanya tanda lelah jiwa ini dibarengi dengan keengganan melakukan aktivitas yang harus kita selesaikan. Jadi, kita hanya ingin berada di rumah atau di kasur terus. Tubuh rasanya terlalu lelah untuk bangkit dan melakukan rutinitas.

Mudah Kesal

Tiba-tiba, ada banyak hal yang membuat kita kesal dan uring-uringan. Hal-hal kecil dan sepele bisa membuat kita emosi dan marah. Biasanya, orang-orang di sekitar yang paling bisa melihat tanda-tanda ini. Kamu jadi mudah tersinggung dengan komentar orang-orang, atau sering marah menghadapi perilaku keluarga. Jika ini yang terjadi, coba cek siapa tahu kamu sedang lelah secara mental.

Mudah Merasa Cemas

Saat mental mulai lelah, kita jadi mudah merasa cemas. Segala hal yang kamu hadapi bisa membuatmu berpikir secara mendalam hingga membuat kita merasa gelisah. Di pikiranmu, muncul kemungkinan-kemungkinan buruk dari hal-hal yang sedang kamu pikirkan. Dada juga rasanya tidak tenang dan merasa tidak sanggup menghadapinya permasalahan.

Mudah Sakit

Mental yang sedang lelah juga ditandai dengan masalah kesehatan fisik. Misalnya kita jadi sering pusing, mengalami masalah pencernaan, sulit buang air besar, asam lambung naik, hingga sakit punggung. Penyakit-penyakit tersebut biasanya disebabkan karena rasa stres akibat terlalu banyak pikiran. Kondisi tersebut membuat mental dan kekuatan fisik menjadi menurun

Sulit Tidur

Orang yang lelah, biasanya merasa ingin tidur untuk mengembalikan kesegaran tubuhnya. Namun jika mental yang lelah, bisa jadi kita akan mengalami kesulitan untuk tidur di malam hari.

Ada banyak sekali pikiran-pikiran yang menghantui di kepala, sehingga kesulitan untuk memejamkan mata. Kondisi ini biasanya berlangsung selama beberapa malam, yang akhirnya membuat kita kurang tidur. Kondisi tersebut membuat fisikmu menjadi lebih lemah.

webinar umroh.com

Mudah Menangis Tanpa Sebab

Saat mental sedang lelah dan lemah, kamu merasakan dorongan untuk menangis lebih sering. Bahkan walaupun sudah meneteskan air mata, seseorang yang lelah mentalnya tetap tidak bisa mengidentifikasi dengan jelas penyebab tangisnya. Kamu hanya merasa ada beban yang tidak bisa tertahankan, sehingga harus dikeluarkan lewat menangis.

 

Tips Menghadapinya

Beberapa tanda di atas menunjukkan bahwa seseorang sedang mengalami kelelahan secara mental. Ada hal-hal yang dia pikirkan, sehingga ia tidak lagi fokus pada apa yang ada di sekelilingnya. Tidak jarang, ia tidak lagi peduli dengan kewajibannya.

Jika kamu mengalami hal ini, segera ambil langkah untuk mengembalikan kembali kondisi mental. Caranya, bisa dengan memperbanyak istirahat dan mengambil jeda dari aktivitas-aktivitas yang sedang kamu kerjakan. Sangat dianjurkan untuk memperbanyak ibadah. Ibadah-ibadah tersebut membuat kita lebih dekat kepada Allah, sehingga lebih pasrah dan menyingkirkan pikiran-pikiran yang selama ini mengganggu.

Jika orang-orang di sekitar yang menunjukkan tanda-tanda demikian, jangan terlalu emosional saat menghadapinya. Orang-orang yang sedang lelah mentalnya biasanya memiliki kecenderungan membuat orang-orang di sekitarnya merasa kurang nyaman. Ia cenderung cuek, tidak mempedulikan apa yang biasanya menjadi tanggung jawabnya, serta mudah marah dan mudah menangis.

Jika orang-orang terdekat menunjukkan tanda-tanda demikian, segera lakukan hal-hal yang bisa membuatnya merasa lebih baik dan lebih gembira. Ajak ia untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan dan bisa memperbaiki suasana hatinya, serta melupakan pikiran-pikiran negatif yang ada di kepalanya.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.