1
Motivasi Tips

Inilah Kunci Agar Hidup Kita Senantiasa Mendapat Kemudahan dari Allah

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

– Dua Kemudahan Mengatasi Satu Kesulitan

”Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.” (Qs. Alam Nasyrah ayat 5-6)

Jika dilihat redaksi firman Allah di atas dalam terjemah bahasa indonesia nampak kurang maksimal mukjizat segi gramatikanya, namun jika ditelusuri dengan gramatika Arabnya akan dipahami penyebutan dua kali kesulitan adalah kesulitan (Al ‘usr) yang sama karena disebutkan dalam bentuk definitif (ma’rifat), berbeda dengan dua kemudahan (yusr) disebutkan dalam bentuk indefinitif (nakirah) yang berarti dua kemudahan yang berbeda.

Sengaja demikian untuk memberikan kesan dan pesan kepada kita jangan pernah putus asa dengan kesulitan yang kita hadapi karena Allah telah menyediakan solusi dan kemudahan dua kali lipat dari setiap kesulitan yang kita hadapi.

Jangan bersedih dengan kesulitan dan penderitaan yang menerpa kita karena itu akan berlalu diganti dengan kemudahan yang sudah dipersiapkan Allah dua kali lipatnya.

Begitulah sikap orang beriman saat dalam kesulitan, dia yakin dengan pertolongan Allah, terkadang kesulitan diberlakukan agar kita ingat dan kembali kepada Allah Ta’ala.

– Kunci Agar Seorang Hamba Senantiasa diingat Allah

Apa yang terjadi jika kita berjumpa teman atau saudara kita yang lama tidak bertemu, kita masih ingat dia semntara dia tidak ingat kita, boleh jadi kita kecewa.

webinar umroh.com

Namun tidak begitu jika kita ingat Allah Ta’ala, jika kita mengingat-Nya, maka Allah pasti mengingat kita.

Setidaknya itulah yang dipahami oleh Abdullah bin Mas’ud dengan berkata, “Aku tahu kapan Allah akan mengingatku, yaitu di saat aku mengingat-Nya, maka Dia pasti mengingatku.”

Allah Ta’ala menyatakan itu, “Ingatlah Aku maka Aku akan ingat  kalian”.

Biasanya kita sangat senang  jika orang lain ingat dengan kita padahal kita belum tentu ingat dengannya.

Jika diingat makhluk saja mengembirakan kita dalam kehidupan ini maka diingat Allaah harus menjadi prioritas dalam hidup kita.

Jika kita mengingat Allah di saat senang, maka Allah akan mengingat kita di saat kita susah.

Jika kita mengingat Allah di saat sehat, maka Allah akan ingat kita disaat kita sakit.

Jika kita ingat Allah di saat  sukses, maka Allah akan ingat kita di saat kita gagal.

Kenapa kita suka merasa tidak diperhatikan dan dingiat Allah, kuncinya karena kita juga suka melupakan Allah, sehingga wajar jika Allah juga  melupakan dan mencuekkan kita.

Mengingat Allah adalah amalan ringan namun sering disepelekan banyak orang, padahal itu merupakan inti dari semua ibadah.

Ibadah yang kosong dari mengigat Allah maka akan sia-sia, ibadah yang Allah tidak dominan diingat didalamnya  maka ibadah itu tidak akan berdampak positif.