1
Muslim Lifestyle

Mau Nikah? Ketahui Dulu Makna dan Hakikatnya!

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com — Menikah merupakan salah satu hal yang tentu diinginkan semua orang. Memiliki keluarga kecil dengan ridho Allah SWT. Namun, ada beberapa hal yang harus diketahui terlebih dahulu yakni makna dan hakikat pernikahan.

Cinta adalah Fitrah

Gharizah an nau’ atau jika diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia adalah naluri untuk melestarikan keturunan, merupakan satu diantara tiga fitrah manusia yang telah dibekali oleh Allah sang pencipta manusia di dunia ini. Bentuk atau interpretasi dari gharizah an nau’ dapat bermacam-macam. Salah satu bentuk gharizah an nau’ itu adalah Cinta.

Anda yang ingin mencari tahu mengenai ayat-ayat Al Quran, bisa langsung mencari bacaan Al Quran di aplikasi Umroh.com yang bisa di unduh di sini!

Gharizah an nau’ memang jelas tidak dapat dihilangkan, karena sudah menjadi fitrah dan sunnatullah yang ada pada diri manusia. Akan tetapi, diperlukan sebuah cara atau aturan agar dalam menyalurkan atau mengekspresikan gharizah an nau’ tersebut, tetap sesuai dengan aturan Islam dan tidak sampai menyimpang dan melanggar dari aturan yang telah ditetapkan oleh Allah SWT kepada manusia.

Allah sebagai pencipta pun telah menurunkan seperangkat aturan bagi hamba-hamba-Nya untuk memenuhi gharizah an nau’ tersebut dalam koridor syariah. Dan syariah Islam telah mensyariatkan hukum Sunnah bagi umatnya untuk menikah dalam rangka pemenuhan gharizah tersebut.

Tujuan Pernikahan

Takkan pernah kita dapat berjumpa dengan seorang Muslimah sempurna dan tidak memiliki cacat dalam segala hal, sama seperti mustahilnya bagi kita menemukan Muslim yang tanpa cela. Karena memang tidak ada manusia yang sempurna dan sudah menjadi kodrat manusia juga sebagai tempatnya salah dan lupa. Melihat hal demikian, memang dalam melakukan sebuah menikah, tidak disyaratkan untuk mendapatkan seorang pasangan yang sempurna tanpa cacat.

Agar kamu bisa meyakinkan diri untuk menikah, segeralah melakukan sholat sunnah untuk meminta petunjuk dari Allah SWT. Kamu pun bisa mencari arah kiblat di aplikasi Umroh.com, yuk langsung download!

Kita semua terlebih dahulu harus mengetahui hakikat dan arti dari pernikahan. Menikah bukan berarti harus menyatukan dua insan yang tak pernah bersalah, karena memang tidak mungkin ada seorang manusia pun yang bisa demikian, tetapi mau menerima bahwa mereka sama-sama punya kurang, tapi keduanya sadar bahwa tujuannya sama

Asal keduanya sudah menuju pada suatu tujuan yang sama, maka dengan demikian takkan terlepas pula ikatannya, kekurangan yang ada pada diri masing-masing bisa ditutupi satu sama lain, kelebihan yang ada pun bisa ditambahkan. Semua bisa dihadapi bersama.

Bila yang satu sedang merasakan lelah, yang lain dapat membopong, bila yang satu sedang gontai yang lain dapat menyemangati, dan bila yang satu sedang merasakan gundah gulana yang lain pun bisa menenangkan. Semua dapat dilalui berdua, berdua bisa berjalan secara bersama-sama dan mengahadapi semuanya secara bersama-sama juga.

webinar umroh.com

Itulah hakikat dari rumah tangga, sama seperti ibaratnya sebuah perjalanan. Dimana ketika banyak orang yang ingin lekas untuk sampai pada tujuan, justru seringkali mereka lupa bahwa indahnya itu justru di perjalanannya, bukan tujuannya.

Baca Juga: Anda yang ingin taaruf, yuk simak ulasannya berikut ini!

Mengapa tidak jarang juga kita menemui rumah tangga yang kandas di tengah jalan? Sebabnya tak lain adalah karena jalan yang mereka tempuh tak memilikin satu tujuan yang sama. Bila sudah begitu demikian, bergandengan pun justru akan jadi menyusahkan mereka, karena masing-masing memiliki ego untuk mau sampai pada tujuannya sendiri tanpa mau mengalah dan memikirkan untuk dapat juga mencapai tujuan yang ingin digapai pasangannya, sehingga apapun akan jadi masalah.

Sesempurna apapun, bila sudah beda jalan, maka akan menjadi sebuah masalah, sedekat apapun itu apabila sudah berbeda jalan, pastinya akan berpisah di tengah jalan. Maka sedari awal haruslah memastikan jika tujuannya yang harus sempurna

Bila tujuannya sudah sempurna, maka perjalanan yang dilakukan akan menjadi punya makna, teman yang ada dalam perjalanan menjadi bernilai, selalu merasa senantiasa dihargai, itulah rumah tangga, dimana menikah jadi ibadah.

Setelah menikah, kamu dan pasangan pun bisa beribadah bersama ke tanah suci. Cari paket umroh di aplikasi Umroh.com tinggal klik di sini!

Bila yang satu di depan menanti, bila dia di belakang maka dia menjaga, bila dia disamping maka dia menemani, bila di bawah mendukung dan bila diatas memayungi.

Dan tak ada tujuan lebih baik selain menjadikan pernikahan itu layaknya ibadah. Mencetak generasi terbaik dan membangun keluarga yang sakinah mawaddah warrahmah. Itulah makna dan hakikat pernikahan, semoga kita semua dapat memahami makna dan hakikat pernikahan untuk membentuk rumah tangga yang sakinah, mawaddah wa rohmah. Aamin!