1
Kuliner Umroh Umroh & Haji

Jangan Lewatkan Jajanan Pasar Ini Saat Umroh, Lihatnya Aja Bikin Ngiler

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Selain makanan besar, Arab juga menyajikan beberapa jajanan pasar yang tak kalah sedapnya dan dijamin bikin kamu ngiler. Jika kamu sedang menjalankan ibadah haji atau umrah, jangan lupa untuk tidak melewatkan beberapa jajanan pasar yang lezat dan terkenal disana, untuk itulah kamu juga wajib mencicipi 7 street food khas Arab Saudi berikut ini.

Jajanan Pasar Saat Umroh

 

1. Yughmish

Berbahan dasar tepung gandum, yughmish merupakan roti berisi daging lembut. Kudapan ini dimasak dengan cara dipanggang layaknya rotipada umumnya. Ukurannya yak tak begitu besar membuat yughmish menjadi snack yang dilahap untuk ‘mengganjal’ perut.

2. Mutabaq

Mutabaq sebenarnya berasal dari Yaman, namun banyak ditemukan di berbagai tempat di Arab Saudi. Terbuat dari tepung, mutabaq diisi dengan daging cincang, telur, daun bawang, tomat, dan bawang merah. Di Indonesia, mutabaq mirip dengan martabak telur

3. Batatis

webinar umroh.com

Batatis umumnya dimakan bersama saus cabai ataupun saus tomat. Aromanya yang lezat membuat siapapun tidak akan menolak untuk melahapnya. Kelezatan gorengan yang begitu mendalam dengan ditaburi campuran rempah-rempah dan diberi saus pedas atau saus tomat.

4. Luqaimat

Memiliki rasa yang manis, luqaimat mirip dengan kue donat. Namun bedanya, luqaimat cenderung kering di bagian luar dan lembut di bagian dalamnya. Sementara itu, bagian terluar dari makanan ini ditaburi dengan gula yang meleleh, membuatnya menjadi makanan favorit di Arab Saudi saat puasa Ramadan.

5. Kulfi

Kulfi merupakan es krim yang terbuat dari susu full cream yang dibalut dengan khoa dan ditaburi kacang tanah. Rasanya yang manis dan dingin membuat makanan ini cocok dimakan setelah makan berat.

6. Malabari Paratha

Malabari paratha merupakan roti pipih yang berasal dari India. Meskipun begitu, makanan ini juga banyak ditemukan di negara-negara Timur Tengah seperti Arab Saudi. Umumnya, makanan yang berupa roti pipih ini disajikan dengan kari.

7. Lahoh

Memiliki bentuk yang tipis dan bulat, membuat lahoh sekilas mirip dengan pancake. Begitu juga dengan rasanya, manis dan lembut. Di Arab Saudi, lahoh biasanya dimakan dengan madu atau yoghurt sehingga membuat kemanisannya makin terasa.

8. Sobia

Sebagai minuman favorit Ramadhan, minuman pelepas dahaga ini sangat kita butuhkan setelah seharian berpuasa. Minuman ini hadir dalam banyak rasa dan setiap rasa memiliki warna yang berbeda yang membuat sobia terlihat lebih berwarna dan menarik. Minuman manis ini adalah salah satu hal yang kita nantikan pada saay Ramadhan.

9. Falafel

Falafel adalah hal pertama yang muncul di benak kita saat berpikir tentang makanan jalanan. Makanan lezat yang pedas dan digoreng ini disiapkan dengan menggunakan kacang faca atau kacang tanah giling, dan dapat dapat dinikmati dengan acar, salad, dan saus pedas sebagai pelengkap. Makanan ini makanan jalanan yang paling banyak disantap dan disukai di negara ini.

10. Mantu

Salah satu hal yang menggiurkan adalah bentuk kue yang biasanya terdiri dari campuran daging yang lezat. Sekilas, makanan ini cukup mirip dengan siomay yang lazim ditemukan di Indonesia. Meskipun berasal dari Asia tengah, mantu juga banyak ditemukan di Arab Saudi dan sudah disesuaikan dengan kombinasi ramuan lokal yang digunakan dalam membuat makanan itu.

11. Samboosa

Samboosa bentuknya sekilas cukup mirip dengan martabak mesir, namun makanan ini dapat disajikan dengan berbagai variasi mulai dari keju dan sayuran hingga daging cincang. Samboosa yang digoreng atau dipanggang adalah camilan klasik bagi para tamu yang berkunjung ke rumah.

11. Baleela

Salah satu camilan yang paling mudah ditemui dalam daftar ini adalah Baleela. Terdiri dari buncis rebus yang dicampur dengan bawang putih dan sedikit garam, jajanan pasar yang pedas inilah yang dianggap banyak orang sebagai makanan yang nikmat di seluruh negeri. Kenikmatan dan kelembutan buncisnya, membuat kita memiliki kenangan manis saat menyantap makanan ini.

12. Manaeesh

Versi Arab dari pizza ini tidak diragukan lagi adalah salah satu hidangan paling populer di negara ini. Meskipun berasal dari Levantine, namun makanan ini telah terintegrasi dengan baik ke dalam budaya Arab Saudi. Za’atar (daun thyme), labneh (yogurt padat) dan daging cincang adalah topping yang harus anda coba saat memakan makanan ini. Anda bahkan dapat menggabungkan semuanya menjadi satu!

13. Kushari

Hidangan Mesir ini dengan cepat semakin populer karena banyak restoran yang menyajikannya, hingga membuat makanan ini bermunculan di seluruh kota. Kushari terbuat dari kombinasi semua semua makanan lezat seperti makaroni, buncis, beras, miju-miju, saus tomat dan beberapa bumbu lainnya yang ditambahkan hingga membuat makanan ini dapat menggugah selera.

Jadi yang mana yang belum Anda coba sebelumnya?