1
Tips

Jangan Sampai Kusut dan Kucel, Ini 6 Langkah Menyetrika Kemeja

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Kemeja adalah pakaian yang sering dipakai saat seseorang menghadiri acara formal, misalnya ke kantor, atau pertemuan resmi lainnya. Memastikan kemeja dalam keadaan rapi adalah keharusan. Kemeja yang rapi akan membentuk kesan baik bagi seseorang. Kesan pertama yang baik ini tentu sangat penting bagi seseorang yang menghadiri acara formal.

Pastikan kemejamu rapi dan licin dimulai dari cara menyetrikanya. Ada beberapa tahap yang harus diperhatikan agar kemeja yang disetrika jadi rapi dan licin. Di bawah ini adalah 6 langkah menyetrika kemeja yang dilansir oleh Business Insider.

  1. Perhatikan Petunjuk

Di bagian dalam kerah, selalu ada label yang memberi petunjuk tentang cara merawat kerah. Mulai dari cara mencuci hingga cara menyetrika. Label ini harus diperhatikan karena beda kemeja, beda pula cara merawatnya.

Misalnya kain katun, atau bahan kain yang menggunakan campuran kain, biasanya lebih tahan dengan suhu panas. Sedangkan kain polyester membutuhkan panas yang lebih rendah. Saat menyetrika, pastikan juga kemeja dalam keadaan lembab, tapi bukan basah. Kita bisa menggunakan semprotan untuk membuat kain jadi sedikit lembab.

  1. Setrika Bagian Kerah

Bagian pertama yang harus disetrika adalah kerah. Saat menyetrika kerah, bentangkan kerah sehingga terbuka. Tekan dengan setrika di satu bagian dengan setrika panas. Setelah rapi, ganti ke bagian yang ada di baliknya.

  1. Bagian Depan

Bagian yang disetrika selanjutnya adalah bagian depan. Pastikan kancing dalam keadaan terbuka saat menyetrika bagian depan kemeja.

Mulailah menyetrika bagian depan yang memiliki kancing. Gunakan bagian depan setrika yang runcing untuk menyetrika sela-sela kancing.

Fokuskan setrika pada bagian pundak dan kerah. Kedua bagian itu adalah yang paling tampak saat dipakai dan akan pertama kali dilihat oleh orang lain.

webinar umroh.com
  1. Bagian Pergelangan Tangan

Selanjutnya, setrika bagian pergelangan tangan kemeja. Pastikan kancing pergelangan tangan terbuka. Setrika bagian dalam pergelangan tangan terlebih dahulu. Setelah rapi, setrika bagian luar yang tampak. Dengan begitu, bagian luar akan tampak lebih rapi dan licin.

Hindari menyetrika bagian kancing. Jika ingin menekan bagian kancing, gunakan handuk untuk membatasi anatara setrika dan kancing.

  1. Bagian Punggung

Setrika bagian punggung kemeja dalam keadaan kancing depan terbuka. Dengan begitu, tidak akan timbul bekas-bekas kancing saat bagian punggung ditekan oleh setrika.

Jika menggunakan papan setrika, letakkan bagian lengan hingga menggantung. Dengan begitu, seluruh permukaan bagian punggung akan ada di seluruh permukaan papan. Bagian punggung jadi lebih mudah disetrika.

  1. Bagian Lengan

Bagian terakhir yang disetrika adalah bagian lengan. Itu karena lengan adalah bagian kemeja yang lebih mudah terlipat-lipat saat kita menyetrika bagian lain. Menyetrika lengan di urutan terakhir akan membuatnya tetap rapi saat disimpan.

Ratakan bagian lengan sebelum disetrika. Pastikan tidak ada bagian yang kusut. Setelah rapi, mulailah menyetrika dari bagian pangkal lengan, lalu menuju ke arah pergelangan tangan.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.