1
Motivasi Muslim Lifestyle

Jangan Sedih, Kerjakan Saja 5 Amalan Ini saat Sedang Haid

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Sebagaimana kodrat seorang wanita, dalam sebulan ada hari-hari di mana kita tidak diperkenankan melakukan ibadah tertentu. Wanita haid terhalang dari beberapa ibadah di antaranya adalah sholat, membaca Al Qur’an, dan berpuasa. Walaupun sedang tidak bisa melaksanakan ibadah-ibadah tersebut, wanita yang haid masih bisa mengerjakan beberapa amalan, lho. Lakukan ibadah di bawah ini, yuk, agar kita tetap mendapatkan pahala saat sedang haid.

  1. Dzikir

Berdzikir adalah salah satu ibadah yang bisa kita lakukan saat sedang haid. Mengagungkan Allah, baik lewat lisan maupun di dalam hati merupakan sebuah amalan yang bisa menambah pahala, walaupun kamu tidak diperbolehkan untuk sholat atau membaca Al Quran.

Kita bisa berdzikir dengan memberbanyak lafadz-lafadz pujian, seperti “Subhanallah” (Maha Suci Allah), “Alhamdulillah” (Segala Puji Bagi Allah), “Allahu Akbar” (Allah Maha Besar), “Laa illaha illallah” (tiada Tuhan selain Allah), dan sebagainya. Kamu juga bisa memperbanyak membaca shalawat. Bacalah dzikir dalam waktu yang terjadwal, misalnya di pagi hari atau sore, atau memperbanyak membacanya di sela-sela kegiatan.

  1. Membaca Buku Ilmu Agama atau Hadis

Menuntut ilmu adalah sebuah kegiatan yang membuat kita mendapatkan pahala dari Allah. Terutama ketika sedang haid, kita bisa memperbanyak ilmu agama dengan mencarinya lewat buku-buku. Pergilah ke toko buku atau perpustakaan untuk menemukan buku-buku agama yang berkualitas.

Bacalah buku agama yang bisa menambah ilmu pengetahuan, atau membaca buku kumpulan hadis, agar kita lebih memahami tuntunan dan akhlaq yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Membaca buku agama yang terdapat ayat Al Qur’an diperbolehkan oleh para ulama, jadi jangan ragu untuk membacanya, ya.

  1. Mendengarkan Murottal

Walaupun kita terhalang dari ibadah membaca ayat suci Al Qur’an, kita tetap bisa memberoleh pahala dengan mendengarkannya. Jika sedang haid dan ingin memperbanyak pahala dari bacaan Al Qur’an, kita bisa mendengarkan murottal.

Nyalakan mp3 murottal di smartphone, lalu dengarkan di sela-sela kegiatanmu. Sekarang, ada banyak video atau file murottal yang bisa kita temukan lewat You Tube atau situs-situs berbagi lainya. Agar lebih lengkap, baca juga terjemahan ayat yang sedang kamu dengar, ya.

  1. Berdoa

Memanjatkan doa adalah salah satu ibadah yang sangat disukai Allah. Walaupun kita tidak bisa menunaikan ibadah sholat, yang berisi kumpulan doa, kita tetap bisa mendapatkan pahala berdoa dengan memperbanyak doa-doa di luar sholat.

webinar umroh.com

Kita bisa membaca doa sesuai tuntunan Al Qur’an dan Rasulullah SAW. Selain itu, kita juga bisa lebih sering bermunajat kepada Allah mengenai hajad dan keperluan dalam menghadapi aktivitas. Selain berpahala, memperbanyak doa juga semakin mendekatkan kita kepada Allah SWT, sehingga mempermudah kita meraih cinta dan kasih sayangNya.

  1. Menghadiri Majelis Ta’lim

Menuntut ilmu dengan menggerakkan fisik untuk melangkah ke majlis adalah ibadah yang utama. Jika kita sedang haid, kita bisa mengusahakan pahala ibadah dengan menghadiri majelis ta’lim di wilayah yang terjangkau oleh kita. Selain mendapatkan banyak pahala, melangkahkan kaki dan hadir di Majlis Ta’lim akan membuat kita mendapat doa dari para malaikat. Insya Allah jadi lebih berkah.

 

Dari lima ibadah di atas, mana ibadah favoritmu saat sedang haid?

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.