Doa

Jumlah Rakaat dalam Melaksanakan Sholat Sunnah Tasbih

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Sebagai seorang muslim, kebahagiaan yang sangat indah adalah manakala ia selalu mampu mendekatkan diri kepada Allah swt sang maha pencipta penguasa seisi langit dan bumi. Mendapatkan ketentraman dalam menjalani kehidupan merupakan dambaan bagi setiap muslim diseluruh dunia, tak terkecuali umat muslim di Indonesia.

Baca juga: Wajib Dihafal, Ini Doa Sholat Sunnah Tasbih

Umroh.com merangkum, sebagai langkah untuk medekatkan diri kepada Allah swt, maka kita sebagai umat muslim harus selalu menjalankan segala perintahnya, utamanya ialah sholat. Sholat merupakan tiang agama bagi seluruh umat muslim di dunia. Tanpa sholat hidup seorang muslim tak akan ada artinya baik di dunia maupun di akhirat kelak. Jika sholat 5 waktu merupakan shoat mutlak yang tidak boleh sama sekali ditinggalkan oleh umat muslim. Beda halnya dengan sholat sunnah. Adanya ibadah sholat Sunnah bagi umat islam tentunya guna meningkatkan lagi iman islam kita terhadap Allah swt. Sholat sunnah apabila dikerjakan mendapat pahala yang berlipat sedangkan jika ditinggalkan tidak akan mendapat dosa.  Sholat sunnah dalam islam tidak hanya satu, melaikan berbagai macam dengan keutamaannya masing – masing. 

Baca juga: Lihat Jadwal Lengkap Sholat untuk Daerah Anda di Sini

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai sholat sunnah tasbih. Sholat ini dinamakan sholat sunnah tasbih atau tasabih karena didalamnya mengandung 300 tasbih. Lafaz tasbih nya berbunyi : Subhanallah, wal hamdulillah, wala ilaha illa Allah, wallahu akbar.

jumlah rakaat sholat sunnah tasbih
source: freepik.com

Dalam hadits yang diriwayatkan Abu Dawud, Rasulullah menjamin bahwa jika umat Muslim menjalankan sholat tasbih, maka Allah akan  mengampuni dosa-dosanya. Baik dosa yang awal dan yang akhir, dosa yang lama dan yang baru, dosa yang tidak disengaja dan yang disengaja, dosa yang kecil dan yang besar, dosa yang rahasia dan terang-terangan, serta sepuluh macam (dosa) lainnya.

Dalam menjalankan sholat sunnah tasbih, sudah ditetapkan bahwa jumlah rakaat disepakati sebanyak 4 rakaat dan tidak boleh lebih dari itu.

Hal Penting di Setiap Rakaat Sholat Sunnah Tasbih

  1. Siang hari dilakukan dengan satu salam, dengan niat melakukan rakaat shalat empat rakaat sekaligus.
  2. Jika dilakukan malam hari dengan membagi 4 rakaat menjadi dua rakaat dan dua kali shalat, sehingga akan ada dua kali salam saat melakukan sholat tasbih di malam hari.
  3. Tasbih pada setiap rokaat sholat tasbih adalah sebanyak 75 kali pada setiap rakaatnya. Jika ditotalkan adalah 75 tasbih dikalikan 4 rakaat sehingga kita akan membaca tasbih sebanyak 300 kali tasbih.
  4. Pendapat dari syaikh Ali al-Khawwash, shalat sunnah tasbih ini akan dirasakan manfaatnya jika dilakukan sebelum melakukan shalat hajat. Hal itu dikarenakan shalat tasbih bisa menghapus dosa-dosa orang yang melakukan sholat tasbih. Dengan begitu jika dosa-dosa sudah dihapus diharapkan apa yang menjadi hajat orang yang melakukan sholat hajat bisa terkabul.
Tulis Komentar Anda
Download GRATIS Jadwal Sholat, Al Quran Digital & Voucher Umroh
Klik Disini