1
Motivasi Muslim Lifestyle Tips

Kebaikan Lelaki yang Istrinya Bersikap Penyayang

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Apa saja kebaikan bagi seorang lelaki saat menikahi wanita penyayang?

1. Istri yang penyayang akan bertutur kata lembut saat memanggil maupun menjawab panggilan suaminya (lihat Fayd al-Qadhir juz 3 hal.

242). Seorang istri dengan sifat wadud jauh dari nada yang tinggi dan kata-kata yang kasar saat bertutur kata dengan suaminya, baik ketika memanggil suaminya atau dipanggil olehnya.
.
Tidak sedikit wanita yang memasang sikap tinggi hati di depan suami, menunjukkan status sosialnya, ketus bahkan berani membentak pasangannya termasuk di hadapan orang lain. Perempuan-perempuan seperti ini jauh dari sifat wadud atau sayang pada suami

2. Wanita yang penyayang akan banyak membantu suaminya

istri dengan tabiat wadud adalah wanita yang tak suka berpangku tangan melihat suaminya keletihan dengan pekerjaannya. Ia akan siap membantu suaminya, baik itu bagian amalnya di rumah sebagai istri maupun dalam amal yang bukan menjadi kewajibannya semisal membantu menyiapkan berkas pekerjaan suaminya. Ingatlah kisah Asma binti Abu Bakar ra. yang membantu suaminya Zubayr bin Awwam dalam mengurus kuda dan membawa kurma dari kebun keluarganya, padahal ia harus menempuh jarak 2/3 farsakh atau sekitar 3,4 km untuk membawa kurma-kurma itu ke rumahnya.

3. Kaum perempuan dengan tabiat penyayang akan selalu berusaha menggembirakan suami dan keluarganya.

Wanita berkarakter wadud selalu menampakkan keceriaan dan memberikan kegembiraan pada pasangannya, sekalipun mungkin ia dan keluarganya berada dalam kesusahan. Ia paham bahwa kesusahan adalah ujian dari Allah SWT., bukan datang dari suaminya. Maka bukan saja ia bersabar tapi ia pun akan ikut membesarkan hati suaminya untuk bersama-sama menghadapi kesulitan hidup. Ia tetap tampakkan ketaatan dan kecintaan pada suaminya dalam suka maupun duka. Saksikanlah bagaimana sikap Ummul Mukminin Khadijah ra. yang cinta dan sayangnya pada Rasulullah SAW. tak berubah saat umat Muslim ditimpa ujian di medan dakwah. Bahkan Khadijah semakin menunjukkan dukungannya pada Baginda Rasulullah SAW. Pantaslah bila Allah mengutus Jibril as. untuk menyampaikan salam dariNya dan juga dari Jibril, lalu mengabarkan bahwa Allah telah menyiapkan jannah untuk Khadijah.

4. Hanya perempuan penyayang yang mudah meminta maaf pada suami, baik ia tengah dibenci atau dimarahi suaminya, atau ia yang marah pada pasangannya.

Dalam hadits shahih yang diriwayatkan ad-Daruquthniy, Nabi SAW. menyebutkan ciri perempuan terbaik dari kalangan penduduk surga di antaranya adalah yang memiliki sifat al-wadud

«ألا أخبركم بنسائكم من أهل الجنة ؟ » قالوا : بلى يا رسول الله قال : « كل ولود ودود ، إذا غضبت أو أسيء إليها أو غضب – أي : زوجها – قالت : هذه يدي في يدك لا أكتحل بغمض حتى ترضى

Nabi SAW. bertanya, “Maukah kalian aku tunjukkan pada istri di antara kalian yang menjadi bagian ahli jannah?” Para sahabat menjawab, “Tentu ya Rasulullah.” Nabi menjawab,“Setiap wanita yang penyayang, memberikan keturunan, jika ia marah atau suaminya marah, ia berkata, ‘Inilah tanganku pada tanganmu mataku tak bisa terpejam sampai engkau ridla.’”(HR. Bayhaqiy)
.
Perhatikanlah, dalam hadits di atas Nabi SAW. sampai mengatakan bahwa wanita yang memiliki sifat penyayang dan selalu mencari ridlo suaminya dengan meminta maaf, baik ketika ia posisinya benar ataupun salah, itulah wanita yang dirindukan jannah.
.
Tak ada kerugian sedikitpun bagi wanita yang menghiasi dirinya dengan sifat wadud, sayang pada keluarga, khususnya pada suami. Perempuan yang mau merendahkan hatinya, membantu pasangannya, berusaha tetap ceria dan membahagiakan suami, serta selalu berusaha mencari ridlo pria pendamping hidupnya. Wanita yang bisa melengkapi pribadinya dengan karakter penyayang adalah pendamping hidup terbaik, yang dapat menyelamatkan pernikahan. Wanita-wanita seperti itu juga sudah Allah siapkan balasan yang terbaik; jannah.
.
Nah, maukah, para istri menjadi wanita yang didamba suami dan dirindukan jannah?