1
Motivasi

Kendalikan Stres Dengan Cara Ini

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Apa yang anda lakukan ketika sedang stres? Menonton TV? Atau mencari hiburan di luar rumah? Namun, segala hiburan tersebut tidak akan berpengaruh banyak jika kita tidak menyingkirkan penyebab stres yang sesungguhnya. Mengendalikan stres perlu strategi yang bisa kita lakukan dengan cara di bawah ini.

Menjauhi Telepon Genggam

Handphone atau smartphone bisa menjadi sumber stres yang membuat kita merasa penat. Setiap saat, teknologi yang mulanya diciptakan untuk membantu aktivitas kita itu nyatanya menjadi penyebab terbesar distraksi, yang membuat kita mudah stres.

Segala fasilitas yang berupa aplikasi di smartphone membuat kita kecanduan, sehingga kita merasa tidak bisa hidup tanpa smartphone. Padahal notifikasi-notifikasi dari berbagai aplikasi, baik itu media sosial maupun yang lainnya, menjadi penyumbang terbesar meningkatnya level stres kita.

Notifikasi dari aplikasi seringkali mengganggu kita dan mengalihkan fokus dari hal-hal yang seharusnya menjadi tanggung jawab kita. Akibatnya, pikiran kita menjadi bertumpuk dan akhirnya kita rentan terhadap stres. Salah satu cara untuk menghilangkan stres adalah dengan menjauhi telepon genggam untuk beberapa waktu.

Hindari Multitasking

Banyaknya tugas yang harus diselesaikan membuat kita terdorong melakukan beberapa hal dalam satu waktu. Padahal kebiasaan multitasking ini bisa membuat level stres kita cenderung meningkat.

Otak sebenarnya akan bekerja lebih optimal jika kita fokus pada satu tugas dalam satu waktu. Memaksa otak untuk multitasking setiap waktu akan membuatnya bekerja lebih keras, dan akhirnya menjadi penyebab stres.

Jika kita termasuk orang yang rentan terhadap stres, lebih baik cek keseharian kita. Apakah kita masih melakukan tugas dengan cara multitasking atau tidak? Jika ‘ya’, lebih baik kurangi atau hindari kebiasaan multitasking itu. Fokuslah pada satu kegiatan hingga selesai, baru kemudian beralih ke kegiatan selanjutnya. Akan lebih baik jika kita membuat daftar kegiatan yang akan kita lakukan dengan satu hari, sehingga kita bisa lebih fokus dalam mengerjakannya.

Banyak Bergerak

Bergerak ternyata menjadi salah satu solusi untuk mengurangi stres. Ini bertentangan dengan pemahaman banyak orang, yang lebih sering mengurung diri ketika merasa stres. Jika kita sedang merasa stres, atau memang rentan terhadap stres, lebih baik biasakan untuk bergerak aktif setiap hari.

webinar umroh.com

Akan lebih baik jika kita melakukannya sambil berolahraga di alam. Misalnya dengan berjalan kaki di alam, atau melakukan senam selama minimal 10 menit dalam sehari. Gerakan-gerakan yang teratur tersebut bisa membuat tubuh kita menjadi lebih segar.

Pergi ke Tempat yang Berbeda

Banyak orang tertarik berlibur ke luar kota karena mereka bisa menyaksikan hal berbeda di tempat-tempat yang berbeda. Menikmati suasana di lingkungan atau tempat yang berbeda bisa membuat level stres menurun. Kita juga bisa mendapat inspirasi-inspirasi baru yang membuat pikiran jadi lebih terbuka.

Ketika sedang stres, cobalah mencari tempat atau lingkungan baru dan habiskan beberapa waktu di sana. Jika tidak memungkinkan untuk berlibur ke luar kota, kita bisa berjalan-jalan ke tempat-tempat menarik yang ada di dalam kota.

Membaca Al Quran

Membaca Al Quran atau mendengarkan murottal bisa membantu kita menghilangkan stres. Penelitian yang dilakukan oleh Ilmuwan asal Indonesia menunjukkan bahwa mendengarkan murottal bisa membuat otak kita menjadi lebih tahan terhadap stres, dan bisa menimbulkan efek relaksasi pada otak.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.