1
Wisata Halal

Keren! Yuk, ke Masjid yang Terinspirasi Masjidil Haram Ini

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Sebuah masjid yang mirip dengan Masjidil Haram dibangun oleh Yayasan Al Khilafah di Malaysia. Masjid yang diberi nama Masjid Tengku Razaleigh itu terletak di Kelantan, Malaysia.

Masih dalam Tahap Pembangunan

Walaupun masih dalam tahap pembangunan, Masjid Tengku Razaleigh sudah menarik perhatian banyak orang. Pengelola Yayasan Al Khilafah sempat membagikan gambar-gambar yang menunjukkan proses pembangunan masjid tersebut.

Terinspirasi Masjidil Haram

Gambar-gambar Masjid Tengku Razaleigh dibagikan dalam akun Facebook resmi Yayasan Al Khilafah. Dalam postingannya, admin Facebook pengelola Yayasan Al Khilafah bertanya kepada netizen mengenai kemiripan Masjid Tengku Razaleigh dengan Masjidil Haram di Mekkah. Admin juga menjelaskan bahwa Masjid Tengku Razaleigh memang terinspirasi dari Masjidil Haram.

Di unggahan tersebut, Admin akun Facebook Yayasan Al Khilafah menuliskan, “Miripkah seperti Masjidil Haram? Bukan di Mekah tapi di daerah Gua Musang, Kelantan, Malaysia. Hampir siap tidak lama lagi, desain Tengku Razaleigh ini mengambil inspirasi desain dari ‘Masjidil Haram, Mekah’..”

Beberapa Sudut Mirip Masjidil Haram

Dari foto-foto yang dibagikan, kita bisa melihat bahwa memang luas area masjid tidak seluas Masjidil Haram di Mekah. Namun, dari beberapa sudut kita bisa melihat kemiripannya, terutama di bagian tengah masjid.

Kemiripan lainnya tampak dari jumlah menara yang ada di tiap sudutnya. Masjid Tengku Razaleigh memiliki 9 menara yang berada di masing-masing sudut. 9 menara ini juga merupakan bagian bangunan yang terinspirasi menara yang mengelilingi Masjidil Haram.

Terletak di Gua Musang

Masjid Tengku Razaleigh berada di Distrik Gua Musang, bersebelahan dengan Bukit Batu di sebelah timur. Bukit Batu ini yang juga menjadi ikon dari kawasan Gua Musang. Bukit yang berada di dekat Masjid Tengku Razaleigh memiliki ketinggian 105 meter.

Daerah itu dinamakan oleh Gua Musang karena memang tidak jauh dari bukit tersebut, terdapat gua musang yang lokasinya ada di sebelah selatan Negeri Kelantan.

webinar umroh.com

Diambil dari Nama Tokoh Malaysia

Nama Masjid Tengku Razaleigh berasal dari salah satu tokoh Malaysia yang berasal dari Kelantan, yaitu Tengku Razaleigh Hamzah. Saat ini, ia masih menjabat sebagai anggota parlemen Gua Musang.

Selain Masjid Tengku Razaleigh, daerah Gua Musang ini memang dikenal sebagai destinasi wisata. Ada beragam destinasi wisata di sana, seperti Nenggiri River, Gua Cha, juga Kuil Budha di Pulai.

Menjadi Ikon di Perbatasan Kelantan

Dilansir oleh Islampos, Kelantan memang dikenal sebagai Serambi Mekah-nya Malaysia. Kota ini akan segera memiliki masjid yang sangat mirip dengan Masjidil Haram. Masjid ini terletak di Bandar Lama, Gua Musang. Rencananya, Masjid Tengku Razaleigh memang akan menjadi penanda di pintu masuk Negeri Kelantan.

Masjid Tengku Razaleigh juga diharapkan bisa menjadi destinasi wisata baru di Kelantan. Diharapkan wisatawan, terutama wisatawan muslim, akan tertarik dengan keindahan masjid tersebut, dan banyak berkunjung ke Malaysia.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.