1
Muslim Lifestyle

Penuh Hikmah, Ini Keutamaan Maulid Nabi

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Bulan Rabiul Awal menjadi salah satu bulan yang semarak bagi umat muslim di Indonesia. Di bulan ini, diperingati Maulid Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam yang jatuh pada tanggal 12 Robiul Awal. Pada tanggal itulah banyak masjid atau pusat kegiatan masyarakat lainnya mengadakan acara Maulid Nabi. Mereka memperingati lahirnya Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam. Lalu apa saja keutamaan Maulid Nabi itu sendiri?

Di perayaan Maulid Nabi, kita kembali diingatkan tentang betapa mulianya Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam. Ayat-ayat suci Al Quran dikumandangkan, dan sholawat serta syair-syair cinta kepada Rasulullah dilantunkan. Para pendakwah juga berceramah tentang kemuliaan akhlak beliau. 

Baca juga: Gak Banyak yang Tahu, Ini 12 Peristiwa Penting saat Maulid Nabi

Umroh.com merangkum, Maulid Nabi, atau hari kelahiran Nabi Muhammad, merupakan perayaan yang istimewa. Jika para ulama lainnya dikenang dengan memperingati haul atau hari wafatnya, Rasulullah diperingati hari kelahirannya. Menurut para ulama, Rasulullah memang tidak sama dengan ulama, yang dikenang setelah dilihat perjuangan mereka. Rasulullah menjadi berkah bagi seluruh alam bahkan sebelum beliau dilahirkan. Namanya telah tercantum dalam berbagai kitab yang dibawa oleh Rasul sebelum beliau. Karena itu, hari kelahiran beliau menjadi peristiwa yang menggembirakan bagi seluruh umat manusia dan semesta alam. 

Kehadiran Rasulullah di muka bumi patut kita syukuri. Setelah beliau lahir, Allah memberikan rahmat bagi semesta alam. Sebagaimana firman Allah, “Dan tiadalah Kami mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam.” (QS Al Anbiya: 107). Tanpa kehadiran Rasulullah, tentunya kita saat ini masih terjebak dalam kesesatan di dunia hingga mungkin di akhirat kelak. 

Mau dapat tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!

Hikmah Maulid Nabi 

Bukan sekedar perayaan, Maulid Nabi adalah sebuah ekspresi kaum muslim yang ditujukan kepada Rasulullah Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam. Berikut adalah hikmah Maulid Nabi yang akan kita rasakan.

1. Sebagai Ungkapan Cinta kepada Rasulullah 

Sebagaimana seseorang yang mengenang orang yang dicintainya, Maulid Nabi juga diperingati sebagai bentuk kerinduan dan kecintaan kepada Rasulullah. Kecintaan kepada Rasulullah adalah hal yang harus dimiliki di setiap hati orang beriman. Bahkan Rasulullah bersabda, “Tidak sempurna iman salah satu di antara kamu, sehingga aku lebih dicintai olehnya daripada anaknya, orang tuanya dan seluruh manusia” (HR. Bukhori Muslim).  

Peringatan Maulid Nabi juga sekaligus menjadi saat untuk menguatkan rasa cinta kepada Rasulullah. Sebagai orang yang beriman, tentunya kita berharap agar bisa berkumpul bersama beliau kelak di akhirat. Sebagaimana sabda Rasulullah, “Engkau bersama dengan orang-orang yang kita cintai” (HR. Bukhari dan Muslim). 

webinar umroh.com

2. Mengenang Jasa Besar Rasulullah 

Selain menumbuhkan kecintaan kepada Rasulullah, Maulid Nabi juga menjadi sarana untuk menghormati jasa beliau yang telah menyampaikan ajaran tentang tauhid dan kebesaran Allah kepada seluruh umat manusia. 

Tugas beliau sebagai utusan Allah bukanlah hal yang ringan. Beliau harus menemui beragam rintangan dalam menegakkan tauhid. Beliau telah melalui perjuangan yang berat untuk menyampaikan hidayah dari Allah, dan mengajak kita agar beriman hanya kepada Allah, Tuhan Yang Maha Esa. Hingga pada akhirnya kita sampai kepada petunjuk Allah. 

3. Sebagai Sarana untuk Lebih Banyak Bershalawat kepada Rasulullah 

Peringatan Maulid Nabi bisa menjadi ajang yang tepat untuk memperbanyak Shalawat kepada Rasulullah. Dalam setiap perayaan Maulid, kita diajak untuk banyak-banyak bersholawat dan mengirimkan doa dan dukungan kepada Rasulullah. 

Dengan tugas beliau yang sangat berat tersebut, tidaklah heran jika Rasulullah mendapatkan kedudukan yang tinggi dan mulia. Bahkan Allah dan para malaikatNya bershalawat kepada beliau. Allah juga memerintahkan kita untuk senantiasa bershalawat kepada Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam sebagai bentuk penghormatan kepada beliau. Allah berfirman dalam surat Al Ahzab ayat 56, “Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya”  

Harga pas di kantong, yuk pilih paket umroh Anda cuma di umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

4. Mengejar Ridho dan Rahmat dari Allah 

Berdasarkan pemaparan tim umroh.com, hal utama yang diharapkan oleh setiap orang yang beriman adalah ridho dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Salah satu cara untuk menggapai ridho Allah adalah dengan mencintai Rasulullah, dan banyak bershalawat kepada beliau. Kita juga berharap kelak akan dikumpulkan bersama dengan beliau di akhirat. Rasulullah bersabda, “Barangsiapa mencintaiku, maka ia akan bersamaku di surga”. 

Mau dapat kesempatan untuk berangkat umroh gratis? Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!

Selain itu, perayaan Maulid Nabi juga diwarnai dengan aktivitas yang baik, seperti shodaqoh makanan dan silaturahim. Imam Syafi’i juga mengatakan bahwa mereka yang berkumpul untuk memperingati Maulid Nabi dan kemudian menyediakan makanan, berbuat baik, serta menjadi sebab dibacakannya Maulid Nabi, akan dibangkitkan bersama orang-orang yang jujur, orang-orang yang mati syahid, orang-orang soleh, serta akan dianugerahi Surga Naim. 

5. Meneladani Akhlak Mulia Rasulullah 

Rasulullah Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam adalah utusan Allah yang dikenal memiliki akhlak yang sangat baik. Beliau dikenal sangat lembut dan penuh kasih sayang terhadap siapa saja. Karena itulah banyak orang yang nyaman berada di dekat beliau. Bahkan pihak-pihak yang menjadi lawan beliau saat menegakkan tauhid mengakui bahwa Rasulullah adalah seseorang dengan pribadi yang mulia.  

Kebaikan akhlak beliau bukan hanya saat telah menjadi utusan Allah. Bahkan ketika ia masih muda dan belum diangkat menjadi rasul, Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam telah dikenal sebagai seorang yang jujur dan dapat dipercaya. 

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Saat perayaan Maulid Nabi Muhammad, para ulama, ustadz, atau da’i akan banyak berceramah dan bercerita tentang Rasulullah. Hikmah Maulid Nabi selanjutnya adalah menjadikan kita memahami betapa mulianya akhlak beliau, hingga kemudian menirunya.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.