1
Muslim Lifestyle

Perlu Tahu! Pengertian Dan Keutamaan Puasa Nazar

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh. com – Puasa nazar adalah puasa yang dijanjikan atau di ikrarkan, yang dikaitkan dengan sesuatu yang dilakukan oleh seseorang yang bernazar. Awalnya, tidak ada hukum apapun bagi puasa ini sebelum diucapkan maupun di ikrarkan, tetapi menjadi wajib setelah di ikrarkan. Dengan demikian, wajib bagi seseorang saat menetapkannya janji bagi dirinya sendiri untuk melakukan puasa nazar yang dikaitkan dengan berbagai hal dalam hidupnya, baik berupa pencapaian keberhasilan, sembuh dari sakit, atau lain sebagainya. Tentu keutamaan puasa nazar juga memiliki pengaruh yang baik dalam hidup.

Baca juga : Hukum Melakukan Takziah dan Ada di Dalam Islam

Puasa Nazar

Secara bahasa nazar berarti mengharuskan. Sedangkan menurut istilah nazar berartiperbuatan seorang mukalaf (orang yang telah terbebani syari’at) yang mengharuskan dirinya dengan satu bentuk ibadah, yang mana sesuatu itu pada asalnya tidak wajib atas orang tersebut.

Puasa nazar merupakan puasa yang wajib ditunaikan oleh orang yang telah melakukan janji untuk berpuasa. Misalnya seseorang yang bernazar untuk berpuasa jika ia telah lulus sekolah. Namun jika seseorang itu tidak mampu untuk melakukan nazarnya maka ia dikenai denda atau kafarat.

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download sekarang juga!

makanan buka puasa menyehatkan

Puasa nazar wajib ditunaikan apabila kita telah berhasil mendapatkan sesuatu apa yang kita inginkan . Jika apa yang kita nazarkan itu tidak berhasil maka kita tidak wajib untuk menunaikan nazar tersebut. Puasa wajib nafsi adalah suatu ibadah yang wajib dikerjakan akan sesuatu permintaan yang bersyarat (menepati janji) dan disebut juga dengan puasa nazar.

Contohnya seperti seseorang berkata “sekiranya ditakdirkan istriku melahirkan anak perempuan maka aku bernazar untuk berpuasa satu hari.”Jika betul ia mendapat anak perempuan maka ia wajib berpuasa.

Keutamaan Puasa Nazar

Puasa nazar memiliki keutamaan seperti puasa sunnah pada umumnya. Apalagi puasa nazar memiliki janji atau ikrar kepada Allah SWT yang harus dipertanggungjawabkan. Berikut ini keutamaan puasa nazar, diantaranya:

1.      Akan memunculkan sikap bersyukur kepada Allah

Setiap puasa nazar yang dilakukan seseorang selalu bersamaan dengan niat untuk melakukan Nazar Tersebut, karena telah berhasil dalam sebuah pencapaian tertentu atau mendapat nikmat lain. Oleh karena itu, melakukan puasa nazar merupakan ungkapan rasa syukur kita kepada Allah SWT, atas segala nikmat dan keberhasilan yang didapatkan. melaksanakan puasa nazar bukan hanya sebagai sebuah kewajiban, tetapi juga sebagai bentuk tanggung jawab dan syukur atas nikmat yang telah diterima.

webinar umroh.com

Dengan demikian, jika kita selalu bersyukur kepada Allah SWT atas nikmat dan keberhasilan, maka sesungguhnya Allah SWT akan menambah nikmat yang lebih berlimpah. Selain itu syukur merupakan sebuah bentuk dari rasa terima kasih kita kepada Allah SWT atas nikmat yang tidak terhingga darinya.

Seseorang yang melakukan puasa nazar hendaknya tidak hanya menggugurkan kewajiban, akan tetapi juga ada niat syukur dan yang ikhlas dari kita kepada Allah SWT. sehingga kita termasuk orang yang melakukan kebijakan yang mempunyai untung berlipat di hadapan Allah SWT.

2.      Menjadi orang yang tepat janji

Puasa nazar merupakan janji yang dibuat dan di ikrarkan seseorang pada dirinya sendiri dengan Allah SWT. dengan demikian, belajar menepati janji Atau ikrar tersebut merupakan sikap yang sangat baik untuk membuat seseorang menjadi tanggung jawab terhadap janjinya.

Wujudkan niat baik Anda melihat kabah langsung dalam jarak dekat dan berkesempatan berziarah ke makam Rasulullah bersama Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

Orang yang berjanji, akan tetapi tidak ditepati, jelas merupakan sebuah dusta dan nilainya di hadapan Allah SWT adalah dosa. agar kita tidak tergolong orang yang berdosa, hendaknya Nazar puasa yang kita lakukan menjadi sebuah pelajaran untuk menepati janji terlebih janji kepada Allah SWT. Tuhan Yang Maha menjaga dan selalu memberikan rahmat kepada manusia, maka tidak ada alasan untuk tidak menepati janji yang kita buat sendiri kepada Allah SWT.

Umroh.com merangkum, selalu akan ada kekhawatiran jika kita lalai pada janji yang kita buat kepada Allah SWT. jika kita lalai pada janji tersebut, sangat mungkin Allah SWT akan menukar nikmat yang telah kita terima tersebut menjadi bencana yang menyengsarakan kita sendiri.

Selain itu, dengan puasa nazar ini, kita juga dapat manfaat untuk belajar tepat janji pada setiap janji dalam hubungan sosial. jika tidak, maka kita tidak akan pernah mendapatkan kepercayaan dalam segala hal, sehingga yang rugi tetap orang tidak mampu menepati janji tersebut. demikian salah satu faedah puasa nazar yang mesti kita sadari.

3.      Dikaruniai nikmat yang lebih baik

Karena puasa ini merupakan ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT, maka sungguh Allah SWT sangat mengetahui cara memberikan imbalan bagi mereka yang selalu bersyukur atas setiap Nikmat apapun yang dianugerahkan kepada kita. sehingga ketika kita melakukan puasa nazar dengan penuh keikhlasan, jangan khawatir Allah SWT membiarkan kita. akan tetapi, Allah SWT akan melipat gandakan menjadi nikmat yang luar biasa besarnya.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Begitu juga sebaliknya, jika seorang hamba yang diberikan nikmat akan tetapi ia tidak bersyukur atau menggunakan nikmat itu pada jalan yang tidak diridhoinya maka sungguh Allah SWT sangat mengerti dan memperlakukan orang yang demikian.