1
Kuliner

Fakta Tentang Kopi yang Jarang Diketahui Umat Muslim

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Kopi telah menjadi pusat kehidupan sosial kita dalam satu bentuk atau lainnya sejak pertengahan abad ke-14. Meskipun tidak ada yang tahu pasti tentang asal mulanya, ada banyak legenda tentang penemuannya, dan semuanya menekankan betapa cepatnya minuman ini menjadi bagian integral dari budaya yang disebarkan. Adapun kopi merupakan fenomena global dan bagian penting dari kehidupan sehari-hari manusia. Berikut adalah sepuluh fakta tentang kopi yang mungkin tidak Anda ketahui tentang minuman pagi Anda.

10 Fakta Tentang Kopi

1. Kata ‘kopi’ berasal dari bahasa Arab

Kata ‘kopi’ berasal dari kata Arab qahwah, yang awalnya mengacu pada jenis anggur.

Ada sejumlah teori di antara para ahli bahasa tentang asosiasi kata saat ini dengan kopi. Banyak yang percaya bahwa seperti anggur, kafein memiliki efek memabukkan, tetapi qahwah juga dapat ditelusuri ke quwwa kata Arab, yang berarti kekuatan / energi, atau qaha yang diterjemahkan menjadi ‘pengurang lapar’ dan dapat merujuk kopi sebagai penekan nafsu makan. Teori lain adalah bahwa itu berasal dari Kaffa, sebuah kerajaan di Etiopia abad pertengahan dari mana tanaman kopi pertama kali diekspor ke Saudi.

Baca Juga: Anda Ingin Pelesiran ke Arab Saudi, Bisa Memilih Paket Umroh dengan Harga Terbaik 

Fakta Tentang Kopi
Fakta Tentang Kopi

2. Tidak ada seorang pun yakin siapa yang pertama kali menemukan kopi

Ada sejumlah akun berbeda tentang siapa yang pertama kali menemukan kopi. Beberapa catatan melacak asal-usulnya ke penggembala kambing bernama Kaldi di Kaffa, Ethiopia pada abad ke-9. Kaldi memperhatikan bagaimana kawanannya menjadi aktif setelah mengunyah kacang merah dari tanaman kopi, dan kemudian mencoba beberapa sendiri dan merasa lebih aktif.

Kisah serupa lainnya menyatakan bahwa seorang mistik Sufi Maroko, Ghothul Akbar Nooruddin Abu al-Hasan al-Shadhili, pernah melakukan perjalanan melalui Etiopia dan mengamati burung-burung yang luar biasa aktif. Ketika dia menyadari bahwa mereka semua makan kacang tertentu, dia mencoba beberapa sendiri dan dan dengan cepat mendapatkan kembali vitalitas.

3. Orang-orang tidak membuat minuman dari biji kopi selama bertahun-tahun

Konsensus umum adalah bahwa pabrik ini pertama kali ditemukan di Ethiopia pada pertengahan 800 M, ketika orang hanya mengunyah buah. Tidak sampai abad ke-15 para pedagang dari seberang laut – tepatnya, Yaman – memutuskan untuk merebus kacang dan membuat minuman dari itu.

4. Catatan tertua dari jejak minum kopi kembali ke Yaman

Selama abad ke-15, penganut Sufi akan minum-minuman untuk meningkatkan konsentrasi, doa dan tetap waspada sepanjang malam dalam ibadah.

webinar umroh.com

Ini mungkin di mana kata qahwa – yang kemudian berarti anggur dalam bahasa Arab – mulai dikaitkan dengan kopi untuk menginduksi apa yang dianggap sebagai tingkat keracunan.

Baca Juga: Kota Kebudayaan Islam di Timur Tengah

Fakta Tentang Kopi
Fakta Tentang Kopi

5. Selama berabad-abad, kopi terutama dikonsumsi di dunia Islam

Selama lebih dari 100 tahun, petani Yaman menanam biji kopi yang berbeda dan beraroma dan, pada abad ke-16, kopi lokal memperoleh momentum regional dan menyebar ke seluruh Arab, Turki, dan Persia. Itu biasanya dikonsumsi dalam konteks agama.

6. Kopi selalu menjadi cara yang penting untuk bersosialisasi

Kedai kopi umum, biasanya diasosiasikan dengan Sufisme, pertama kali populer pada abad ke-16. Rumah kopi pertama dibuka di Kairo, Mesir, di sekitar universitas agama yang penting dan perlahan menyebar ke seluruh wilayah.

Orang-orang akan mengunjungi tempat-tempat ini untuk minum kopi, mendengarkan musik, bermain catur dan berbicara tentang urusan yang terjadi dan juga agama.

Segera, kedai kopi menjadi sangat penting sebagai sumber untuk berbagi dan menerima informasi yang mereka sebut sebagai ‘Schools of the Wise’.

Baca Juga: Fakta Tentang Kota Mekkah

7. Kopi pernah dilarang di Mekkah

Minuman itu menjadi begitu populer di dunia Arab pada hari-hari awal karena efeknya yang “memabukkan” sehingga dikenal sebagai “anggur Arab” dan, pada kenyataannya, sempat dilarang oleh para ulama di Mekkah pada 1511. Larangan itu kemudian dibatalkan oleh penguasa Ottoman pada pada tahun 1524.

8. Dilarang oleh Gereja Ortodoks Ethiopia

Kopi dilarang oleh gereja karena dianggap sebagai ‘minuman Muslim’. Sikap orang Ethiopia mulai melunak terhadap minum kopi di awal abad ke-19 dan, seiring waktu, minuman itu tidak lagi dikaitkan dengan Islam.

Baca Juga: Negara-negara yang Bisa Dikunjungi Para Pecinta Kopi

9. Kopi pertama kali sampai ke Eropa pada abad ke-16

Kopi mencapai Eropa melalui pulau Malta melalui budak Muslim Turki. Ini dengan cepat mendapatkan popularitas di kalangan anggota masyarakat tinggi Malta dan banyak kedai kopi dibuka.

10. Kopi mencapai daratan Eropa melalui Venesia

Pedagang Venesia di jalur perdagangan antara Republik Venesia dan dunia Arab memperkenalkan kopi ke daratan Eropa. Para pedagang memperkenalkan kopi kepada masyarakat kaya dan mereka sangat ketagihan untuk minum. Rumah kopi di  Eropa daratan pertama kali dibuka di Venesia pada tahun 1645.

Baca Juga: Pelesiran ke Negara-negara Para Penikmat Kopi, Jangan Lupa Waktu Ibadah dengan Melihat Jadwal Sholat di Sini!