1
Motivasi Muslim Lifestyle

Lakukan 3 Cara Ini Agar Lebih Dekat dengan Al Qur’an

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Bulan Ramadhan, yang sebentar lagi tiba, dikenal dengan bulannya Al Qur’an. Malam tanggal 17 Ramadhan juga dikenal dengan malam Nuzulul Quran, atau malam untuk memperingati turunnya Al Qur’an. Bulan Ramadhan kali ini juga seharusnya menjadi momen bagi kita untuk mendekatkan diri dengan Al Qur’an.

Di bawah ini, adalah tiga cara sederhana agar kita selalu dekat dengan Al Qur’an.

Sediakan Waktu untuk Membaca Al Qur’an

Agar lebih dekat dengan Al Qur’an, kita perlu menyediakan waktu khusus untuk membaca dan mendalami Al Quran. Sediakan waktu luang, di mana kita benar-benar bisa fokus dan konsentrasi saat membaca Al Quran dan maknanya.

Jadikan juga waktu tersebut sebagai kebiasaan dalam keseharian. Waktu untuk Alquran tersebut juga bisa menjadi saat bagi kita melakukan refleksi dan introspeksi. Ini akan membuat pikiran kita menjadi lebih jernih dan tenang.

Waktu yang disarankan untuk membaca Al Qur’an adalah di pagi hari atau malam hari, terutama di sepertiga malam terakhir. Saat itu adalah saat-saat yang paling tenang, sehingga kita bisa lebih meresapi makna Al Qur’an dengan sepenuh hati.

Ciptakan Pengalaman yang Menyenangkan dengan Al Qur’an

Tidak disarankan membaca Al Qur’an ala kadarnya, tanpa penghayatan. Agar kita lebih dekat dengan Al Qur’an, nikmatilah momen momen ketika kita sedang membacanya. Amatilah hurufnya satu persatu, sibukkan lidah dengan irama saat membaca Al Qur’an, serta perbanyak mendengarkan murottal yang kita sukai.

webinar umroh.com

Ketika kita menggunakan seluruh indera saat membaca Al Qur’an, mulai dari mata, mulut, kulit di jari, hingga telinga, maka kegiatan membaca Al Quran jadi lebih meresap dan bermakna.

Mendorong orang lain untuk membaca Al Qur’an juga menjadi cara agar kita lebih dekat dengan Al Qur’an. Misalnya ketika berbincang dengan pasangan Anda atau teman, sisipkan topik-topik mengenai isi Al Qur’an.

Hubungkan dengan Kegiatan Sehari-hari

Pastikan kita selalu terhubung dengan Quran setiap hari. Misalnya dengan menyediakan MP3 atau aplikasi Al Quran di smartphone kita.

Jika ada waktu luang, cobalah membaca walaupun hanya satu ayat beserta maknanya. Hubungkan ayat tersebut dengan kejadian-kejadian yang kita alami dalam kehidupan sehari hari. Al Qur’an adalah petunjuk dari Allah. Ayat-ayat yang tertulis dalam Al Qur’an ajaibnya selalu memiliki hubungan dengan apa yang kita alami atau rasakan.

Cobalah tulis temuan yang kamu dapat saat membaca Al Quran. Misalnya ketika kamu sedang sedih, cobalah untuk membuka dan membaca Al Qur’an, lalu hubungkan ayat yang dibaca dengan kesedihan yang kamu rasakan. Tulis Temuan yang kamu dapat dalam sebuah jurnal, atau bagikan dengan orang-orang yang kamu sayang. Langkah ini akan menjadi Jalan bagi kita untuk lebih dekat dengan Al Qur’an.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.