1
Motivasi

Lelah dan Benci Pekerjaan? Ini 6 Cara Mencintai Pekerjaan

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Mencintai apa yang kita kerjakan adalah salah satu kunci untuk mencapai kesuksesan. Ketika berhasil mencintai apa yang kita lakukan, akan banyak inovasi yang kita lakukan, sehingga kita bisa mencapai posisi terbaik.

Namun mencintai pekerjaan yang sedang dijalani ternyata bukan perkara yang mudah. Ada banyak orang yang merasa ‘terjebak’ dan menganggap pekerjaannya adalah hal yang merenggut kebahagiaannya. Ada berbagai faktor yang membuat aktivitas yang kita kerjakan menjadi sesuatu yang tidak menyenangkan. Jika itu yang terjadi, apa yang harus dilakukan?

Selalu ada cara untuk mencintai pekerjaan yang sedang dijalani. Cobalah cara di bawah ini agar kita lebih menikmati aktivitas yang sedang dikerjakan.

Lihatlah Manfaat Jangka Panjangnya

Agar kita bisa menikmati apa yang kita lakukan, cobalah melihat manfaat jangka panjang dari hal yang sedang kita kerjakan. Manfaat yang kita amati bisa jadi berupa pengembangan diri, finansial, jaringan, dan sebagainya. Ketika kita berhasil menemukan manfaat jangka panjang, maka aktivitas yang tadinya tidak kita sukai akan tampak lebih menyenangkan.

Sebutkan Manfaat atau Pelajaran yang Bisa Diambil Saat Ini

Dalam segala hal yang kita alami atau jalani, selalu ada hikmah dan pelajaran yang bisa  diambil. Termasuk dalam pekerjaan yang sedang kita lakukan. Cobalah beralih dari pemikiran negatif tentang pekerjaan kita, ke hal-hal yang lebih positif. Misalnya, pekerjaan yang dilakukan hari demi hari pasti telah mengubah kita menjadi seseorang yang baru. Baik dalam hal pengalaman baru, atau keahlian yang kita dapatkan.

Katakan Hal-Hal yang Positif

Kata-kata yang kita ucapkan atau pikirkan sangat mempengaruhi kondisi mental dan suasana hati. Karena itu, usahakan selalu mencari kata-kata positif. Baik untuk dipikirkan, maupun dikatakan. Hindari pikiran negatif, dan hindari mengatakan hal-hal negatif, seperti kalimat yang bernada keluhan atau pesimisme.

Berkumpul dengan Orang-Orang yang Penuh Semangat

Jika merasa suntuk dan benci dengan pekerjaan, memang hawa di sekeliling kita menjadi suram. Karena itu, hindari menambah kesuraman suasana hati dengan berkumpul dengan orang-orang yang negatif. Temukan orang-orang positif yang ada di kantor atau di sekelilingmu.

Orang-orang yang positif selalu memiliki sorot mata dan raut wajah yang ceria, sehingga mereka mengalirkan energi positif. Mereka juga selalu mengatakan hal yang positif. Bertemu dan berkumpul dengan orang-orang yang positif dan penuh semangat juga akan membuatmu tertular energi positif dari mereka.

webinar umroh.com

Ingatkan Dirimu tentang Rasa Syukur

Jika kamu demikian membenci apa yang sedang kamu lakukan, cobalah untuk bersyukur. Lihatlah hal-hal baik yang telah kamu dapatkan di sekelilingmu, lalu bandingkan dengan orang-orang yang tidak memilikinya.

Rasa suntuk wajar dirasakan. Rekan kerja yang menyebalkan memang membuatmu kesal. Pekerjaan yang sulit memang membuatmu sering merasa putus asa. Semua ketidaknyamanan yang kamu rasakan sangat bisa dimaklumi. Namun nyatanya kamu selalu menemukan jalan keluar sehingga bisa bertahan hingga hari ini. Bertahanlah sekali lagi, setiap hari.

Ada banyak hal yang bisa kita syukuri. Bersyukur bukan berarti mengesampingkan emosi negatif yang sedang kamu rasakan. Bersyukur berarti menghargai pemberian Allah dengan melihat hal-hal positif yang telah kita terima.

Perhatikan Orang-Orang yang Telah Kamu Bantu

Bekerja sejatinya adalah kegiatan untuk melayani orang lain. Dalam proses pelayanan tersebut, selalu ada orang-orang yang merasa terbantu dengan apa yang kita kerjakan. Ketika kamu mulai kesulitan mencintai pekerjaan, cobalah untuk melihat pihak-pihak yang merasa terbantu dengan hal yang sedang kamu kerjakan saat ini. Misalnya pelanggan perusahaanmu, manajermu sendiri, atau perusahaan tempatmu bekerja yang menaungi banyak karyawan dan membutuhkan kontribusimu. Melihat orang lain merasa puas dengan hasil kerja kita akan membuat kita juga lebih puas, serta lebih bahagia di tempat kerja.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.