play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
Muslim Lifestyle

Luar Biasa, Ini Keistimewaan Zaitun dalam Al Quran

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Umroh.com – Buah zaitun adalah buah yang disebutkan dalam Al Quran. Buah ini memiliki khasiat yang sangat bagus untuk kesehatan. Buah zaitun hidup di daerah Laut Tengah tepatnya di Mediterania. Mediterania adalah tempat di sekitar bukit Thursina, tempat perpaduan iklim yang sangat bagus. Pohon zaitun ini memilki umur yang panjang hingga bertahan hidup ratusan tahun lamanya. Lalu apa keistimewaan dari tanaman Zaitun ini?

Umroh.com merangkum, pohon zaitun (Olea europea) berasal dari suku Oleaceae dan memiliki perawakan yang variatif. Di dalam suku ini terdapat varietas dengan perawakan yang relatif kecil dengan tinggi hanya 8 meter. 

Ada varietas yang berupa semak, hingga varietas yang menjalar. Jumlah jenis dalam suku Oleaceae ini cukup banyak, antara 500 hingga 600, ditemukan di seluruh belahan dunia kecuali pada daerah dingin. 

Baca juga: Inilah Keistimewaan Buah Delima dalam Al Quran

Kandungan Buah Zaitun

Zaitun memiliki kandungan yang bergizi. Apalagi sebagai bahan campuran makanan, buah zaitun mengandung beberapa unsur yang diperlukan manusia, seperti protein yang cukup tinggi, zat garam, besi, fosfor serta vitamin A dan B. 

Bahkan buah Zaitun yang matang mengandung 80% air, 15% minyak, 1% protein, 1% karbohidrat, dan  1% serat Untuk menghasilkan buah dan agar bisa berproduksi dengan penuh, pohon zaitun harus berumur 15-20 tahun. Jika diolah menjadi minyak, kandungan asam lemak yang dimiliki zaitun yaitu omega 9 sebanyak 79%, asam palmitrat /asam lemak jenuh 11%, asam linoleat atau omega 6 sebanyak 7%, dan asam stearat 2%.

Mau dapat tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!

Manfaat Buah Zaitun

Buah zaitun memiliki berbagai manfaat bila dikonsumsi. Sudah terbukti dari kandungannya yang bergizi agar tubuh menjadi sehat. Bahkan buah zaitun bisa menyembuhkan berbagai penyaakit, diantaranya menurunkan resiko penyakit jantung, mampu melawan kanker, mengatasi nyeri pada sendi/pengeroposaan tulang, dan mencegah diabetes. Manfaat lainnya dari segi kecantikan pun ada khasiat dalam buah ini, diantaramya pelembaban pada kulit dan penyuburan rambut agar lebih lebat.

Keistimewaan Buah Zaitun

Selain buah kurma, buah tin, buah anggur, buah delima, buah anggur, dan buah pisang, buah zaitun juga disebutkan dalam Al Quran yang sangat bermanfaat di muka bumi.  Berikut ini ada beberapa ayat yang mengetahui keistimewaan buah zaitun dalam Al Quran. 

Dalam firman Allah Surat An-Nur ayat 35, yang bunyinya memiliki arti sebagai berikut:

“Allah (Pemberi) cahaya (kepada) langit dan bumi. Perumpamaan cahaya Allah, adalah seperti sebuah lubang yang tak tembus, yang di dalamnya ada pelita besar. Pelita itu di dalam kaca (dan) kaca itu seakan-akan bintang (yang bercahaya) seperti mutiara, yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang berkahnya, (yaitu) pohon zaitun yang tumbuh tidak di sebelah timur (sesuatu) dan tidak pula di sebelah barat(nya), yang minyaknya (saja) hampir-hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api. Cahaya di atas cahaya (berlapis-lapis), Allah membimbing kepada cahaya-Nya siapa yang dia kehendaki, dan Allah memperbuat perumpamaan-perumpamaan bagi manusia, dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.” (QS. An Nuar ayat 35)

Jadilah tamu Allah dengan temukan paketnya di Umroh.com!

Dari surat ini memberi penjelasan bahwa buah zaitun bisa memberikan cahaya yang luar biasa tanpa menggunakan panas. Sedangkan kita tahu, kita semua mempelajari saat di sekolah dasar, proses fotosintesis dibantu oleh cahaya matahari yang berasal dari energi panas, sedangkan buah zaitun dapat menghasilkan cahaya tanpa panas.

Dalam Surat Al An’am ayat 99 Allah berfirman,

“Dan dialah yang menurunkan air hujan di langit, lalu kami tumbuhkn dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan itu tanmaan yang menghijau. Kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak; dan dari mayang korma mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur. Dan (kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan tak serupa. Perhatikanlah buahnya dii waktu pohonnya berbuah dan (perhatikan pulalah) kemtanagannya. Sesugguhnya pada demikian itu tanda-tanda (kekuasan Allah) bagi orang-orang beriman. (QS. Al An’am: 99)

Di dalam ayat ini Allah nyatakan, bahwa tumbuhan itu membutuhkan sesuatu untuk dapat hidup dengan baik, yaitu air, tanpa air tumbuhan manapun tidak bisa hidup, dari sana pula timbul hal-hal lain, tunas tumbuh membutuhkan bantuan cahaya, kemudian dari tunas berkembang menjadi batang, lalu tumbuh daun, daun menghijau, terus berkembang sampai bisa dimanfaatkan oleh manusia. Demikianlah prosesnya yang berawal dari air, tanpa air tidak ada kehidupan manusia. Ini baru air, masih banyak lagi ciptaan-ciptaan Allah yang luar biasa bila kita pikirkan.

Dalam surat An Nahl ayat 11 juga Allah berfirman,

“Dia menumbuhkan kamu dengan air hujab itu tanaman-tanaman; zaitun, korma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan.” (QS. An Nahl: 11)

Dalam surat ini Allah meminta kita utk berpikir. Kenapa air bisa berputar di atas awan dalam bentuk es beku, dari yang tadinya berbentuk gas, kemudian cair, lalu sampai ke tetumbuhan yang dibutuhkan oleh makhluk hidup

Dalam Surat Al Mu’minum ayat 20 Allah berfirman,

“Dan pohon kayu keluar dari Thursina (poon zaitu), yang menghasilkan minyak, dan pemakan makanan bagi orang-orang yang makan.” (QS Al Mu’minum: 20)

Pohon zaitun tidak disebutkan secara langsung didalam ayat ini, tapi disebutkan bahwa ada sebuah pohon kayu dari Thursina yang menghasilkan minyak. Dimana pada saat itu pohon yang ada di Thursina hanyalah pohon zaitun. Zaitun menghasilkan minyak, namun pada lahiriahnya buah zaitun tidak berminyak.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

Masya Allah, sudah tertera dalam Al Quran bahwa buah zaitun ini memiliki manfaat dan khasiat yang terkandung di dalamnya. Mulai dari kesehatan dan kecantikan terpenuhi dalam buah zaitun ini. Luar biasa yang Allah ciptakan selalu memberikan manfaat bagi kehidupan umat manusia.

Facebook Comments