Haji Umroh & Haji

Macam-macam Haji

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Dalam melaksanakan ibadah haji, sebagai jamaah tentunya Anda harus memahami betul bagaimana tata cara pelaksanaan berhaji. Namun sebelum lebih jauh dalam mempelajari tata cara pelaksanaan berhaji, ada hal utama yang perlu Anda ketahui terlebih dahulu mengenai macam-macam haji.

Dalam pelaksanaan ibadah haji terdapat tiga jenis haji yang patut kita ketahui diantaranya ialah haji Ifrad, Qiran, dan Tamattu. Ketiga haji ini bisa Anda pilih dalam pelaksanaan ibadah haji Anda selama di tanah suci. Namun sebelum Anda memilih, ada baiknya Anda pelajari terlebih dahulu lebih lanjut mengenai ketiga macam haji tersebut supaya ibadah haji Anda lancar dan sesuai dengan syariat islam yang berlaku.

3 Macam Haji

1. Haji Qiran

Macam-macam haji, yang pertama adalah haji qiran yaitu ibadah haji dan umrah yang di lakukan secara sekaligus atau bersama-sama dalam satu niat, dengan niat yang berbunyi : “labbaika hajjan wa ‘umratan”. Maksudnya yaitu setelah Anda selesai melaksanakan ibadah haji, Anda tidak perlu lagi mengerjakan ibadah umrah karena sudah di jalankan dalam satu niat sekaligus.

Namun jika Anda memilih untuk menajalankan ibadah haji qiran maka Anda akan dikenakan dam karena menggabungkan ibadah haji dan umrah dalam satu waktu. Dam tersebut dapat berupa menyembelih seekor kambing atau bila tidak mampu dapat berpuasa 10 hari. Bagi yang melaksanakan Haji Qiran disunnatkan melakukan tawaf Qudum saat baru tiba di Mekah.

Baca Juga: Tentang Rukun dan Wajib Haji

2. Haji Ifrad

Haji ifrad yaitu menjalankan ibadah haji terlebih dahulu sebelum menjalankan ibadah umrah hanya saja masih dalam satu musim haji. Sejak dari mikatnya Anda sudah berniat untuk ibadah haji dengan segala rangkaiannya sampai dengan selesai, dengan niat secara ikhlas yang berbunyi : “labbaika hajjan”.

Setelah melakukan ibadah haji barulah mengerjakan ihram untuk umrah. Haji Ifrad memang paling berat karena jamaah harus selalu mengenakan ihram sampai selesai melaksanakan kedua ibadah tersebut. Meskipun paling berat namun haji Ifrad paling tinggi kualitasnya karena itu yang melaksanakan Haji Ifrad tidak dikenakan Dam atau denda

3. Haji tamattu

Terakhir yaitu haji tamattu yaitu mengerjakan ibadah haji  di dahului oleh umrah. Pada umumnya jamaah asal Indonesia melaksanakan ibadah haji ini. Dalam pelaksanaan nya haji Tamattu tergolong lebih mudah. yaitu sesampainya di mikat mikani Anda berniat ihram untuk umrah dengan mengucapkan niat : “labbaika ‘umratan”, kemudian berangkat ke makkah sambil membaca talbiyah, sesampainya di makkah lalu melakukan tawaf serta sa’i untuk umrahnya, setelah itu bertahallul dengan mencukur atau menggunting rambut.

Setelah ini semua selesailah umrahnya dan Anda bebas dari status ihram dan bisa memakai pakaian Anda kembali. Kemudian barulah tanggal 8 zulhijjah Anda mulai berihram lagi mengerjakan haji dengan segala rangakaiannya sampai dengan selesai. Jika Anda menjalankan ibadah haji tamattu ini Anda akan di kenakan dam.

Baca Juga: Hukum dan Syarat Haji

Tulis Komentar Anda
Download GRATIS Jadwal Sholat, Al Quran Digital & Voucher Umroh
Klik Disini