1
Muslim Lifestyle

Ternyata Ini Macam-macam Hidayah yang Jarang Diketahui

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Banyak orang yang mengejar hidayah. Namun, hanya mereka yang dikehendaki oleh Allah SWT saja lah yang bisa mendapatkannya. Karena itu, hidayah adalah hal yang sangat berharga bagi mereka yang beriman. Apa saja macam-macam hidayah yang perlu diketahui? Berikut penjelasannya.

Macam-macam Hidayah

Dalam ‘Tafsir Munir’ karya Dr. Wahbah Az Zuhaily, hidayah disebut memiliki lima macam. Semakin ke bawah urutannya, maka semakin tinggi nilainya. Berikut macam-macam hidayah tersebut:

1. Hidayah Ilhami

Hidayah ini merupakan fitrah yang Allah SWT berikan kepada makhluk yang Allah ciptakan. Sebagaimana Allah SWT memberikan ilham kepada lebah untuk mengambil saripati bunga dan membangun sarang.

Lalu, seorang bayi yang lapar atau haus diberi hidayah ilhami untuk menangis agar diberri ASI oleh ibunya, dan masih banyak lagi. Itulah kekuasaan Allah SWT yang memberikan hidayah kepada semua makhluk-Nya. Maka dari itu, hidayah islami biasa juga disebut insting yang merupakan tingkat inteligensi yang paling rendah.

Baca juga: Harus Senantiasa Dikuatkan, Ini 6 Fungsi Aqidah

2. Hidayah Hawasi

Hidayah Hawasi bisa juga disebut sebagai kemampuan indrawi. Hal ini terlihat ketika kita mampu merespon dengan sesuai suatu peristiwa. Seperti ketika sedih, kita menangis dan ketika bahagia, kita akan senang.

Namun kondisi ini juga dipengaruhi oleh lingkungan. Ada kalanya ketika kita melihat teman mangalami musibah, kita pun turut sedih. Beda halnya dengan seseorang yang berasal dari lingkungan tidak normal, ia bisa merasa senang ketika melihat saudara sesama muslimnya tertimpa musibah.

Mau dapet tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!

3. Hidayah Aqli

Hidayah ini merupakan hidayah yang dimiliki oleh seluruh umat manusia. Kita sebagai manusia diberikan akal untuk berpikir, menemukan ilmu dan merespon peristiwa dalam kehidupan dengan respon yang bermanfaat baginya.

webinar umroh.com

Dengan adanya hidayah aqli atau akal ini, membuat kita bisa mengambil pelajaran hidup. Allah SWT berfirman,

 “Dia-lah yang mengeluarkan orang-orang kafir di antara ahli Kitab dari kampung-kampung mereka pada saat pengusiran yang pertama. kamu tidak menyangka, bahwa mereka akan keluar dan merekapun yakin, bahwa benteng-benteng mereka dapat mempertahankan mereka dari (siksa) Allah; Maka Allah mendatangkan bagi mereka (hukuman) dari arah yang tidak mereka sangka-sangka. Allah melemparkan ketakutan dalam hati mereka; mereka memusnahkan rumah-rumah mereka dengan tangan mereka sendiri dan tangan orang-orang mukmin. Maka ambillah (kejadian itu) sebagai pelajaran, wahai orang-orang yang mempunyai wawasan” (QS. Al-Hasyr 59:2)

4. Hidayah Dien (agama)

Hidayah Dien atau agama adalah panduan ilahi yang membuat manusia mampu membedakan antara yang hal dan bathil. Hidayah agama ini hanya dapat diberikan oleh pemilik alam semesta yakni Allah SWT. Dalam surat Al Baqarah:216 Allah SWT berfirman,

 “Boleh jadi kamu membenci sesuatu, prrlahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia tdak baik bagimu ABah mengetahui, sedang kamu lidak Mengetahur.” (QS. Al-Baqarah:216)

Karena itulah apa yang ditentukan oleh agama maka pasti itu yang terbaik dari Allah SWT untuk kehidupan kita.

Jadilah tamu Allah dengan temukan paketnya cuma di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

5. Hidayah Taufiq

Hidayah ini merupakan hidayah yang hanya dapat dirasakan oleh mereka yang fokus tujuannya kepada hari akhir. Mereka yang mendapatkan hidayah ini hanya akan menjadikan agama sebagai panduan hidup.

Hidayah Taufiq membuat manusia bersih dari segala penyakit hati. Mereka akan kokoh dengan keimanan yang mereka miliki. Karena itulah hanya kesungguhan dalam mencintai Allah SWT untuk mendapatkan hidayah ini.

Dalam surah Al Ankabut ayat 69 Allah SWT berfirman,

“Dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridhaan) kami, benar- benar akan kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan kami. Sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik.” (QS. Al-Ankabuut : 69)

Tak ada jalan lain untuk mendapatkan hidayah ini selain dengan bersungguh-sungguh berada di jalan Allah. Karena itulah kita diperintahkan untuk selalu mengejar hidayah agar selalu dicintai Allah SWT.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

Hidayah dari Allah SWT hanya dapat kita terima ketika kita bersiap dengan hati yang bersih tanpa hama penyakit hati sedikitpun. Mereka yang menutup diri akan sulit mendapatkan hidayah. Maka beruntunglah mereka yang hidup dengan hidayah dari Allah SWT.

Semoga kita semua senantiasa mengejar akhirat agar Allah SWT tidak ragu dalam memberikan kita hidayah. Aamiin yaa Rabbal ‘alamin!