1
Doa Muslim Lifestyle Sejarah Islam

Ini yang Harus Anda Ketahui tentang Malam Lailatul Qadar

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Bulan ramadhan ialah bulan suci nan istimewa bagi setiap umat muslim di seluruh dunia. Mengapa istimewa? karena pada bulan inilah banyaknya diturunkan rahmat oleh Allah swt dan segala amalan – amalan ibadah yang kita lakukan akan dilipat gandakan pahalanya. 

Baca juga: Jangan Lupa Baca Doa-doa Ini saat Lailatul Qadar

Disetiap malam bulan ramadhan tentunya memiliki makna dan keistimewaan tersendiri, termasuk pada 10 malam terakhir. Di malam inilah akan ada datangnya malam lailatul qadar yang merupakan satu malam penting yang terjadi pada bulan Ramadan dan juga diperingati sebagai malam diturunkannya Al Quran.

Umroh.com merangkum, pahala berbuat baik di malam itu dikatakan lebih baik dari 1.000 bulan atau sama dengan berbuat baik selama 83 tahun. Nabi SAW sangat menganjurkan umatnya supaya bisa mendapatkan malam tersebut. Biasanya malam itu ada di antara malam tanggal 21 sampai tanggal terakhir di bulan Ramadhan. Peristiwa datangnya malam lailatul qadar juga dijelaskan dalam Al Quran surat Al Qadar ayat 1 – 5 yang artinya :

“Sesungguhnya kami telah menurunkannya ( Al Quran ) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu ?. malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat – malaikat dan malaikat jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu ( penuh ) kesejahteraan sampai terbit fajar.”

Baca juga: Baca Al Quran serta Terjemahannya saat Lailatul Qadar, di Sini Cara Mudahnya

Waktu Pelaksanaan

Rasulullah mengisyaratkan malam Lailatul Qadar turun pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan. Lebih khusus lagi, carilah malam Lailatul Qadar pada malam-malam ganjil dari sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan. Lebih khusus lagi adalah malam 27 sebagaimana sabda Nabi tentang Lailatul Qadar: “(Dia adalah) malam ke-27.” (HR. Abu Dawud, dari Mu’awiyah bin Abi Sufyan radhiyallahu ‘anhuma, dalam Shahih Sunan Abi Dawud ).

malam lailatul qadar
source: freepik.com

Cara Mendapatkan Malam Lailatul Qadar

Ada banyak amalan – amalan yang dapat Anda lakukan untuk bisa mendapatkannya, diantaranya ialah:

webinar umroh.com

1. Melakukan Iktikaf

Iktikaf adalah berhenti atau berdiam di dalam masjid dengan syarat-syarat tertentu, dengan niat semata-mata beribadah hanya untuk Allah SWT. Iktikaf merupakan momen untuk lebih mendekatkan diri pada Allah SWT dengan melakukan serangkaian ibadah.

2. Membaca Alquran

Membaca Alquran bisa mendatangkan pahala yang berlipat ganda di malam-malam sepertiga terakhir bulan Ramadan. Apalagi bila disertai dengan meresapi arti dan makna di setiap ayat yang dibaca, maka bisa lebih khusyuk lagi dalam menunaikan amalan ini.

3. Memperbanyak Doa

Memperbanyak doa di malam-malam sepertiga terakhir bulan Ramadan untuk meningkatkan peluang meraih kemuliaan malam lailatul qadar. Rasulullah SAW memerintah Ummul Mukminin Aisyah untuk berdoa di malam-malam itu.

Aisyah berkata, “Wahai Rasulullah, apa pendapatmu jika aku ketepatan mendapatkan malam lailatul qadar, apa yang harus aku ucapkan?”, beliau menjawab: “Ucapkanlah, Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu anna” (Ya Allah, sesungguhnya Engkau maha pemaaf mencintai kemaafan, maka maafkanlah aku).” (HR. Ibnu Majah, yang dishahihkan oleh Al Albani).

Baca juga: 6 Doa yang Dipanjatkan saat Hujan

4. Menunaikan Sholat Malam

Setelah melaksanakan shalat tarawih dan tadarusan, Anda bisa tidur terlebih dahulu. Lalu saat tengah malam atau menjelang sahur, Anda bangun untuk menunaikan sholat malam. Dengan menunaikan ibadah sholat malam ini, maka peluang untuk mendapat malam lailatul qadar juga akan meningkat. Fokuskan ibadah untuk mendekatkan diri pada Yang Maha Kuasa.

5. Perbanyak Taubat

Manusia tak pernah luput dari yang namanya salah dan dosa. Isilah malam-malam terakhir ramadhan dengan perbanyak taubat dan permohonan ampun. Kalau bertepatan dengan malam lailatul qadar, berkahnya akan sangat luar biasa.

Keutamaan

1. Lebih Baik Daripada Seribu Bulan

Malam Lailatul Qadar lebih dari malam seribu bulan, sebagaimana dalam firman Allah SWT:

“Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan”. (QS Al-Qadr: 3).

Dalam tafsur Al Thabari sebutkan pendapat Mujahid terkait penjelasan lebih baik dari seribu bulan adalah amal, puasa, dan shalat malam yang dilakukan malam ini lebih baik dari amalan yang dilakukan selama seribu bulan.

2. Diampuni Dosanya

Seorang Muslim yang menghidupkan malam lailatul qadar maka akan diampuni dosa-dosanya yang terdahulu. Hal tersebut sebagaimana dijelaskan dalam hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah ra, bahwa Rasulullah SAW:

“Barangsiapa melaksanakan sholat pada malam lailatul qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni”. (Hr Bukhari).

malam lailatul qadar
source: freepik.com

3. Malam Penuh Berkah

Malam lailatul qadar merupakan malam yang penuh berkah sebagaimana dalam surat Al Dukhan ayat 3: “Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi”. (QS Al Dukhan: 3). Para ulama menafsirkan yang dimaksud dengan malam yang diberkahi pada ayat tersebut adalah malam lailatul qadar yaitu malam dimana diturunkannya Alquran.

4. Turunkannya para Malaikat dan Malaikat Jibril AS

Mengenai ini, Penjelasan tersebut sudah dijelaskan dalam surat Al Qadr ayat 4:

“Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan”. (QS Al Qadr: 4).

Para malaikat akan mengitari orang-orang yang berdizikir dan membaca Alquran. Selain itu para malaikat akan meletakkan sayap-sayap mereka dan akan mengagungkan bagi mereka yang berdzikir dan membaca Alquran pada malam itu.

Dalam tafsir Ibnu Katsir menjelaskan bahwa banyaknya malaikat yang turun pada malam tersebut, menandakan banyaknya berkah yang turun. Turunnya malaikat bersamaan dengan turunnya berkah berkah.

5. Malam Dicatatnya Takdir Tahunan

Allah SWT berfirman dalam surat Al Dukhan ayat 4:

“Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah”. (QS Al Dukhan: 4)

Yang dimaksud urusan pada ayat tersebut adalah segala perkara yang berhubungan dengan kehidupan makhluk, seperti hidup, mati, rezeki, untung baik, untung buruk, dan sebagainya. Dalam tafsir Ibnu Katsir menjelaskan bahwa pada lailatul qadar akan dituliskan lauhul mahfuz. Lauhul mahfuz merupakan penulisan takdir dalam setahun, mulai dari mencatat ajal, rezeki, serta segala sesuatu hingga akhir dalam satu tahun bagi umat manusia.

Baca juga: Keajaiban Doa saat Berkendara

Begitu istimewanya lailatul qadar, tentu sangat disayangkan jika terlewat begitu saja. Manfaatkanlah 10 malam terakhir ini dengan memperbanyak ibadah. Mengenai terjadinya lailatul qadar itu semua merupakan rahasia Allah SWT. Semoga kita semua bisa menemukan malam yang sangat mulia dan penuh keberkahan itu. aamiin