play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
Muslim Lifestyle News Tips

Suka Memelihara Kucing? Dapatkan 6 Manfaat Berikut

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang lucu dan juga jinak, serta memiliki berbagai macam spesies. Banyak orang yang memilih kucing sebagai binatang peliharaannya dirumah karena tingkahnya yang terkadang lucu dan menggemaskan selain itu kucing juga merupakan salah satu hewan yang dimuliakan dalam agama islam karena kucing merupakan binatang kesayangan Rasulullah SAW. Namun tak sedikit pula yang tidak menyukai kucing karena takut berdampak buruk pada kesehatan selain itu karena tingkah lakunya yang suka membuang kotoran sembarangan yang bagi sebagian orang merasa tidak suka.

Baca juga: 8 Adab Manusia Terhadap Binatang

Tapi tahukah Anda bahwa sebenarnya selain sisi negatif tersebut memelihara kucing dapat mendatangkan manfaat dan pahala untuk kita, berikut umroh.com uraikan:

1. Menghindari stres

Setiap orang pasti pernah mengalami sters dalam kehidupannya, tapi ternyata dengan memelihara kucing dapat menghindari kita dari stres baik itu masalah pekerjaan, keluarga ataupun lainnya, karena hanya dengan melihat tingkah laku kucing yang lucu ditambah pula  sambil membelai bulunya yang lembut dapat membuat kita merasa lebih tenang dan nyman.

manfaat memelihara kucing
source: freepik.com

2. Menjadi timbangan kebaikan saat kiamat

Seseorang yang memelihara kucing ataupun binatang lainnya sesuai dengan jalan Allah SWT dengan penuh ikhlas dan ridho maka kebaikan tersebut seperti misalnya memberi makan hewan, membersihkan kotorannya,merawat dan menyayanginya dengan tulus, kelak kebaikan tersebut akan Allah SWT timbang sebagai kebaikan di hari kiamat nanti.

Baca juga: Sudahkah Anda Sholat Hari Ini? Jika Belum, Cek Jadwal Lengkapnya di Sini

3. Menjadi Sedekah

Umat muslim dianjurkan untuk selalu memberi makan atau minum pada setiap hewan salah satunya kucing, khususnya saat hewan tersebut merasa lapar dan haus. karena akan berdosa jika kita membuat hewan tersebut menderita dan kelaparan. Selain itu dengan memberikan makan dan minum sudah menjadikan sedekah untuk kita, karena sedekah bukan hanya dari materi saja tapi dengan tindakan tersebut sudah menjadi ladang pahala bagi kita yang melakukannya.

manfaat memelihara kucing
source: freepik.com

4. Dapat menjadi sumber pahala

Pahala dapat kita peroleh dari berbagai tindakan, salah satunya dengan cara memperlakukan hewan baik itu kucing ataupun hewan lainnya dengan penuh kasih sayang dan ikhlas, maka insyallah Allah SWT akan merahmati orang tersebut pada hari kiamat nanti. Karena sesungguhnya berbuat kebaikan pada setiap yang bernyawa pasti ada pahalanya, termasuk binatang.

5. Diampuni dosanya

Sebagai umat muslim kita diwajibkan untuk menolong hewan yang sedang menderita tidak hanya kucing, tetapi hewan najis pun seperti anjing wajib kita tolong apalagi jika hewan tersebut dalam keadaan menderita karena tidak ada pengecualian bagi orang muslim untuk tidak menolongnya. Dan Allah SWT menjanjikan pada umatnya akan mengampuni dosa bagi siapapun umat muslim yang menolong hewan saat sedang menderita.

Baca juga: Kisah Nabi Sulaiman dan Para Binatang

6. Tidak memiliki banyak kuman

Seperti yang sudah kita ketahui dan sudah menjadi hal yang awam bahwa kucing merupakan salah satu hewan yang tidak menyukai air. Menurut fakta air merupakan salah satu sumber tumbuhnya kuman. Inilah mengapa kucing tidak memiliki jenis kuman di tubuhnya selain karena kucing takut dengan air. Inilah mengapa dalam islam kucing diperbolehkan untuk dipelihara karena tidak adanya kuman di tubuhnya.

manfaat memelihara kucing
souce: freepik.com

Demikian manfaat dan pahala yang dapat kita peroleh dengan memelihara kucing dirumah, bagi Anda yang mungkin belum memelihara kucing, mungkin ini dapat menjadi referensi Anda untuk mulai mencoba memelihara kucing di rumah. Semoga informasi yang penulis sampaikan bermanfaat untuk kita semua.

Facebook Comments