1
Muslim Lifestyle

Masya Allah! Ini 7 Manfaat Memiliki Sifat Qanaah

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Manusia tak akan pernah puas akan sesuatu, karena manusia tak bisa lepas dari hasrat-hasratnya dalam mengupayakan diri untuk memenuhi kebutuhannya selama hidup di dunia. Secara kodrati setiap manusia tentunya merindukan kebahagiaan, dan selalu ingin menjauhkan diri dari penderitaan dan berusaha semaksimal mungkin untuk meraih kebahagiaan. Anda juga akan mendapatkan manfaat memiliki sifat qanaah jika sudah menerapkannya di dalam hidup.

Banyak manusia menganggap bahwa kenikmatan materi sebagai tujuan utama untuk mencari kesenangan dan kebahagiaan dalam hidup. Padahal sejatinya agama mengajarkan untuk bersikap qanaah, yaitu menerima diri apa adanya, merasa cukup dengan apa yang ada dan apa yang diberikan serta menghindari diri dari rasa tidak puas dalam menerima pemberian Allah SWT. Sifat qanaah yang dimiliki dalam diri manusia tentunya akan mendatangkan manfaat luar biasa yang berarti untuk hidup. Dan diantara manfaat sifat qanaah itu ialah :

Baca juga : Berlimpah Manfaat, Inilah Kandungan Air Zam Zam

Manfaat Memiliki Sifat Qanaah Dalam Diri dan Orang Lain

1. Sebagai Penyeimbang Hidup

Sikap qanaah sebagai penyeimbang hidup dalam kehidupan, karena seorang muslim yang mempunyai sifat qanaah tidak akan terlalu gembira jika mendapatkan anugerah, kenikmatan, kesuksesan, popularitas atau jabatan. Ia akan menyadari bahwa segala yang diperolehnya berasal dari Allah SWT dan juga tidak akan putus asa atau frustrasi jika kehilangan sesuatu yang ia senangi dan banggakan.

2. Sebagai Penggerak Hidup

Seorang muslim yang qanaah akan memiliki sikap emosional yang memungkinkannya meraih cita – cita dan kemenangan baik dalam kehidupan dunia dan akhirat. sikap qanaah ini bukan berarti berdiam diri, berpangku tangan, dan malas bekerja. Melainkan sikap positif dalam menghadapi berbagai peluang da tantangan kehidupan.

Mau dapat Tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya sekarang juga!

3. Mudah bersyukur

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Pandanglah orang yang berada di bawahmu (dalam masalah harta dan dunia) dan janganlah engkau pandang orang yang berada di atasmu (dalam masalah ini). Dengan demikian, hal itu akan membuatmu tidak meremehkan nikmat Allah padamu.” (HR. Muslim, no. 2963).

Qanaah mempunyai ikatan erat dengan syukur. Keduanya, seperti dua sisi mata uang yang tidak mungkin berpisah. Syukur membuahkan qana’ah. Dan qana’ah memunculkan syukur. Seperti itu korelasinya. Tidak ada qana’ah tanpa syukur. Tidak ada syukur tanpa qana’ah. Syukur tanda kita menikmati keadaan yang mungkin kurang. Qanaah buah ke syukuran yang membuat kita tenang. Batin yang tenang karena menerima keadaan, kondisi hati yang stabil karena tidak di benturkan harapan yang tidak tercapai, keadaan jiwa yang menyenangkan karena tidak mengeluh dan menggugat keadaan yang tidak sesuai keinginan. Itulah keberkahan yang Allah berikan.

webinar umroh.com

4. Mengatasi Masalah Hidup

Karena kalau seseorang memiliki sifat qanaah, ia akan menjadikan kebutuhan hidupnya sesuai standar kemampuan, tak perlu lagi baginya menambah utang untuk memenuhi kebutuhan gaya hidupnya.

Ingatlah, orang yang memiliki sifat qanaah sungguh terpuji. Makanya Nabi saw minta dalam doa beliau sifat qanaah (selalu merasa cukup) seperti dalam doa berikut,

Ya Allah, aku meminta kepada-Mu petunjuk (dalam ilmu dan amal), ketakwaan, sifat ‘afaf (menjaga diri dari hal yang haram), dan sifat ghina’ (hati yang selalu merasa cukup atau qana’ah).” (HR. Muslim, no. 2721, dari ‘Abdullah).

Tak hanya menjadi tamu Allah, Umroh juga melancarkan rezeki Anda. Yuk temukan paketnya di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"] 

5. Harmonis Dalam Kehidupan Bermasyarakat

Umroh.com merangkum, sifat qanaah membawa banyak manfaat bagi kehidupan, baik bagi kehidupan pribadi maupun bermasyarakat. Memiliki sifat qanaah dalam hidup akan membuat hidup dalam lingkup masyarakat penuh dengan ketenteraman dan kedamaian. Tidak akan ada pertikaian ataupun perselisihan jika setiap hal yang kita jalani dalam hidup didasari dengan sifat qanaah.

6. Dijauhi Dari Sifat Iri Dan Dengki

Tidak bisa di pungkiri memang jika cukup banyak dari kita yang selalu diliputi rasa iri dan dengki terhadap sesama manusia, utamanya terkait nikmat yang didapatkan oleh orang lain. mempelajari sifat qanaah akan menjadi suatu manfaat dan pembelajaran yang besar agar kita senantiasa memiliki rasa syukur yang lebih saat mendapatkan nikmat apapun. Sebaliknya, kita juga tidak akan merasa iri saat melihat kesuksesan orang lain.

7. Memperoleh Kehidupan Yang Lebih Baik

Allah ta’ala berfirman yang artinya,

 “Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan” [QS. An-Nahl: 97].

Kehidupan yang baik tidak melulu soal kekayaan yang melimpah ruah yang dimaksud dengan kehidupan yang baik dalam ayat di atas adalah Allah memberikannya rezeki berupa rasa qanaah di dunia ini,

manfaat memiliki sifat qanaah

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Dapat kita lihat di dunia ini, tidak jarang, terkadang diri kita mengorbankan agama hanya untuk memperoleh bagian yang teramat sedikit dari dunia. Tidak jarang bahkan kita menerjang sesuatu yang diharamkan hanya untuk memperoleh dunia. Ini menunjukkan betapa lemahnya rasa qanaah yang ada pada diri kita dan betapa kuatnya rasa cinta kita kepada dunia.