play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
Kuliner

Berlimpah Manfaat, Inilah Kandungan Air Zam Zam

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Umroh.com – Ketika berada di Tanah Suci, pasti kita pernah mencicipi air zam zam. Dengan kandungan air zam zam, bisa dipastikan kita akan selalu bugar selama beribadah di sana. Tak jarang kita membawa pulang air zam zam ke Tanah Air, sehingga keluarga di rumah juga dapat merasakan nikmatnya kandungan air zam zam.

Air Zam Zam Bukan Sekadar Air

Umroh.com merangkum, air zam zam memang bukan air biasa. Ada kisah sangat bersejarah bagi umat Islam di balik keistimewaannya. Sumber air zam zam keluar ketika Siti Hajar, istri Nabi Ibrahim as., mencari air untuk anaknya, Ismail.

Saat diliputi rasa cemas dan bingung mencari air di tengah padang pasir, Allah memberi pertolongan dengan mengeluarkan sumber air di dekat bayi Ismail berbaring. Hingga kini, air zam zam menjadi berkah bagi kota Mekah dan sekitarnya, serta bagi seluruh umat muslim di dunia. Sumur air zam zam terletak 20 meter di sebelah timur Ka’bah, dan berada di dalam Masjidil Haram.

Baca juga: Sejarah dan Khasiat Istimewa saat Meminum Air Zam Zam

Tidak Pernah Surut

Menurut penelitian, air zam zam tak pernah surut walaupun pernah terkubur di masa sebelum kehadiran Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam. Dalam sebuah jurnal ilmiah internasional disebutkan bahwa air zam zam mengalir sejak tahun 2000 Sebelum Masehi.

Para ilmuwan menyebut sumur air zam zam yang berada sedalam lima kaki itu mengisi ulang dirinya sendiri secara konstan. Padahal keberadaan sumur zam zam jauh dari sumber air utama lain.

Sepanjang waktu, sumber air zam zam bisa memproduksi air sendiri. Hingga memenuhi bergalon-galon air. Air inilah yang kemudian diberikan kepada para jamaah haji dan umroh, atau dibawa ke Masjid Nabawi di kota Madinah.

Mau dapat tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!

Istimewanya Kandungan Air Zam Zam

Selain itu, air zam zam memiliki keistimewaan pada kandungannya. Para ilmuwan telah meneliti bahwa kandungan air zam-zam berbeda dengan air biasa. Sebagaimana sabda Rasulullah, “Sebaik-baiknya air di permukaan bumi ialah air zam zam, padanya terdapat makanan yang menyegarkan dan padanya terdapat penawar bagi penyakit”. (HR.Ath Thabrani)

Berdasarkan pemaparan tim Umroh.com, air zam zam memiliki kandungan kalsium dan garam magnesium yang tinggi, serta mengandung florin alami pencegah pertumbuhan bakteri. Inilah yang membuat air zam zam tetap bersih dan aman dikonsumsi langsung, walaupun letak sumber airnya di wilayah dengan suhu hangat. Biasanya, suhu hangat di sekitar sumber air bisa mendorong tumbuhnya ganggang atau lumut. Namun hal itu tidak terjadi pada air zam zam.

Seorang ilmuwan bernama Dr. Ahmad Abdul-Qaadir al-Muhandiss memaparkan hasil analisis kimia yang dilakukannya. Dijelaskan bahwa air zam zam merupakan air murni, tanpa warna, bau, atau rasa. Kandungan air zam zam adalah hidrogen 7,5 serta alkali.

Manfaat Air Zam Zam

1. Meningkatkan Energi di Dalam Sel Tubuh

Seorang peneliti dari Jerman bernama Dr. Knut Pfeiffer telah melakukan penelitian tentang manfaat air zam zam bagi kesehatan. Penelitiannya menyebutkan bahwa air zam zam bisa meningkatkan level energi dan memperkuat sistem sel di tubuh manusia.

Studi lain yang dilakukan oleh ilmuwan di Amerika menunjukkan keistimewaan kandungan air zam zam. Air zam zam disebut mengandung 30 elemen yang bisa membangkitkan energi. Selain itu, WHO juga menilai bahwa air zam zam baik dikonsumsi dan bermanfaat bagi kesehatan. Sebab air zam zam memiliki kandungan sodium yang tinggi. Cuaca kering di sekitar sumber air membuat air zam zam lebih bergaram, karena adanya proses penguapan.

Tidak heran, kita tetap merasa bugar saat beribadah di Tanah Suci. Walaupun hanya minum air zam zam. Khasiat ini tentunya tak lepas dari kandungan air zam zam.

Tak hanya menjadi tamu Allah, Umroh juga melancarkan rezeki Anda. Yuk temukan paketnya di Umroh.com!

2. Tidak Mengandung Kuman atau Bakteri

Kandungan air ini tidak seperti air mentah biasa. Air mentah biasa masih perlu dimasak agar lebih aman dikonsumsi. Sementara air zam zam bisa diminum langsung. Ini terkait dengan kandungan air zam zam yang ternyata tidak memiliki kandungan kuman atau bakteri.

Ilmuwan bernama Dr.Yahya Koshak melakukan serangkaian tes pada air zam zam dengan menggunakan ultraviolet. Hasilnya, air zam zam diketahui bebas dari kuman atau bakteri. Bahkan kandungan air zam zam ternyata kaya akan fluoride.

3. Mempercepat Pemulihan Tubuh

Air yang dikenal sebagai air paling murni di muka bumi ini sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Jika dikonsumsi, air zam zam bisa memulihkan tubuh yang kelelahan. Selain itu, kandungan air ini yang tinggi fluoride juga bisa meningkatkan proses penyembuhan dan pemulihan.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

4. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Air zam zam juga diyakini bisa menyehatkan tulang. Sebagaimana disebutkan sebelumnya, bahwa kandungan air ini kaya akan kalsium. Kandungan ini membawa pengaruh positif bagi kesehatan, khususnya tulang. Tulang manusia akan menyerap kalsium dan mineral lain dalam air zam zam, sehingga bisa mendukung perkembangan atau kesehatannya.

Facebook Comments