play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
Muslim Lifestyle Tips

6 Manfaat Penting dalam Bersilaturahmi

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Sebagai seorang muslim yang baik, kita diajarkan untuk selalu menjalin tali silaturahmi antar sesama umat manusia baik itu kepada keluarga, teman ataupun saudara karena silaturahmi menjadi salah satu bentuk ibadah yang dicintai oleh Allah SWT. Banyak sebagian dari kita yang selalu mengabaikan dan tidak peduli akan bersilahturahmi terhadap sesama umat manusia. Padahal jika rutin dilakukan tentunya akan membawa dampak positif di kehidupan kita baik itu untuk diri sendiri maupun orang lain. Lantas mengapa dan dengan alasan apa silaturahmi itu penting dan harus selalu tetap terjalin? Jawabannya tentu karena silaturahmi bisa  mendatangkan banyak hikmah bagi yang melakukannya.

Baca juga: Terapkan 6 Manfaat Silaturahmi dengan 12 Adab Bertetangga Ini

Apa saja hikmah yang bisa kita dapatkan dengan bersilaturahmi? Berikut umroh.com jelaskan untuk Anda.

1. Membukakan pintu rezeki

Silaturahmi dapat membukakan pintu rezeki bagi yang melakukannya, seperti yang telah dijanjikan oleh Allah SWT, dimana setiap umat manusia yang selalu menjalin silaturahmi antar sesama umat manusia, maka insyaallah ia akan dipermudah dalam segala urusan termasuk dalam memperoleh rezeki.  Sesuai dengan sabda Nabi SAW : 

C:\Users\User\AppData\Local\Microsoft\Windows\INetCache\Content.Word\IMG_20190801_215439.jpg

“Barang siapa yang ingin dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung tali silaturahmi”.

Baca juga: Jangan Lupa, Setelah Bersilaturahmi Ajak untuk Baca Al Quran Bersama, Begini Caranya

2. Menambah ilmu

Dengan menjalin silaturahmi antar sesama umat manusia, maka akan memperluas pengetahuan dan menambah ilmu yang kita miliki, karena saat kita bersilaturahmi dengan saudara, teman atau keluarga pasti selalu berbagi cerita mengenai pengalaman hidup yang berbeda satu sama lain, yang pastinya akan menambah ilmu yang kita miliki dan memperluas wawasan yang kita miliki, untuk itu silatuhrami harus selalu dilakukan.

manfaat silaturahmi
source: freepik.com

3. Mempererat tali persaudaraan

Silaturahmi dapat menyambung dan memperat tali persaudaraan karena dengan bersilaturahmi kita telah menjalankan kewajiban sebagai  umat manusia yang taat pada Allah SWT dan insyaallah kehidupan kita dapat berjalan penuh berkah jika kita saling menjalin silaturahmi dengan baik.

Baca juga: Jaga Hubungan dengan 7 Adab Berteman Ini

4. Kunci Masuk surga dan dijauhkan dari api neraka

Sebagai umat beragama kita wajib senantiasa menjaga tali silaturahmi antar keluarga, sahabat dan tetangga, karena allah berjanji balasan bagi orang yang menyambung tali silaturahmi yaitu di dekatkan dengan surga dan dijauhkan dari api neraka, sebagai mana sabdanya : “Engkau menyembah Allah SWT dan tidak menyekutukan sesuatu dengan-Nya, mendirikan shalat, menunaikan zakat dan menyambung tali silaturahmi”. (HR. Bukhari dan Muslim).

5. Menambah kepedulian terhadap sesama

Silaturahmi dapat menambahkan rasa kepedulian kita terhadap sesama umat beragama, misalnya saja ketika ada tetangga atau kerabat mengalami musibah, tentu kepedulian kita sebagai umat beragama dapat saling membantu untuk meringankan masalah yang sedang dihadapi, sehingga silatuhrami pun selalu terjaga dengan baik.

manfaat silaturahmi
source: freepik.com

6. Bersedekah terhadap keluarga sendiri tidak seperti sedekah terhadap orang lain

Mengunjungi sanak saudara dan bersedekah merupakan suatu perbuatan yang mulia dan memiliki manfaat yang besar. Besedekah kepada keluarga lebih diutamakan dari pada bersedekah kepada orang lain dan bisa menghindarkan kita dari perbuatan riya, seperti yang dijelaskan dalam hadist dari salman bin ‘Amir ra, dari Nabi SAW beliau bersabda : “ Sedekah terhadap orang miskin adalah sedekah dan terhadap keluarga sendiri mendapat dua pahala yaitu sedekah dan silaturahmi”. (HR. Tirmidzi).

manfaat silaturahmi
source: freepik.com

itu dia penjelasan poin-poin penting mengenai manfaat silaturahmi antar sesama umat manusia, karena islam senantiasa mengajarkan kita untuk selalu memiliki akhlak terpuji dan beramal shaleh. Semoga apa yang penulis sampaikan dapat bermanfaat bagi kita semua dan senantiasa diamalkan dalam kehidupan masing-masing.

Facebook Comments