1
Fashion

10 Manfaat Selalu Menjaga Wudhu

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Berwudhu merupakan kegiatan mensucikan diri dari segala hadas atau kotoran oleh setiap muslim. Wudhu dapat dilakukan dengan menggunakan air bersih, namun ada juga cara bersuci dengan menggunakan debu (tayamum). Wudhu tidak hanya berfungsi sebagai sarana untuk membersihkan diri dari hadats kecil. Wudhu juga memiliki fungsi atau manfaat lainnya. Bukan hanya untuk mensucikan diri, tetapi manfaat menjaga wudhu untuk kesehatan dan kecantikan. Biasanya kita melakukan wudhu ketika ingin sholat atau membaca Al Quran. Selain itu, wudhu bisa dilakukan pada sela-sela aktivitas sehari-hari. 

Dalam Al-Quran dan hadist dijelaskan,

Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan sholat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuhlah) kakimu sampai dengan kedua mata kaki.” (QS. Al Maidah: 6).

Baca juga: Abis Wudhu, Jangan Lupa Lakukan Ibadah Sholat Ini

Diriwayatkan dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Tidak diterima sholat salah seorang dari kalian apabila ia berhadas, hingga ia berwudhu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Diriwayatkan dari Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya aku diperintahkan untuk berwudhu apabila hendak mengerjakan sholat.” (HR. At Tirmidzi, Abu Dawud, An Nasa’i).

Baca juga: Al Quran dan Terjemahan Lengkap Bisa Anda Lihat di Sini

Sudah jelas dalam Al Quran dan Hadist tersebut Allah memerintahkan pada umatnya untuk berwudhu. Sebenarnya, apa saja hikmah dari sunnah yang terkesan boros karena buang-buang air dan merepotkan ini? Apakah manfaat yang akan kita dapatkan saat menjaga wudhu?

webinar umroh.com

Umroh.com merangkum, berikut ini manfaat selalu menjaga wudhu:

1. Dicintai oleh Allah SWT

Siapa sih yang tidak ingin dicintai oleh Allah Ta’ala, Sang Rabb Semesta Alam? Apabila Allah Ta’ala mencintai seorang hamba, maka Dia akan memerintahkan malaikat dan semua penduduk langit untuk mencintainya. Sungguh indah, bukan?

Nah, salah satu cara untuk mendapatkan cinta Allah adalah dengan memperbanyak wudhu. Sebagaimana dijelaskan dalam hadist shahih: “Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri.” (QS. Al-Baqarah: 222).

2. Menghapus Dosa dan Mengangkat Derajat

Allah memerintahkan kita untuk selalu suci dari hadas. Bahkan menjanjikan bahwa setiap kita berwudhu akan menghapus, menggugurkan dosa, dan mengangkat derajat kita.

 Dalam hadist dijelaskan,“Apabila seorang muslim atau mukmin berwudhu’ kemudian mencuci wajahnya, maka akan keluar dari wajahnya tersebut setiap dosa pandangan yang dilakukan kedua matanya bersama air wudhu’ atau bersama akhir tetesan air wudhu’. Apabila ia mencuci kedua tangannya, maka akan keluar setiap dosa yang dilakukan kedua tangannya tersebut bersama air wudhu’ atau bersama akhir tetesan air wudhu’. Apabila ia mencuci kedua kaki, maka akan keluar setiap dosa yang disebabkan langkah kedua kakinya bersama air wudhu’ atau bersama tetesan akhir air wudhu’, hingga ia selesai dari wudhu’nya dalam keadaan suci dan bersih dari dosa-dosa.” (HR Muslim).

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Maukah kalian aku tunjukkan suatu amalan yang dengannya Allah akan menghapus dosa-dosa dan mengangkat derajatnya! Para shahabat berkata: “Tentu, wahai Rasulullah. Kemudian Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Menyempurnakan wudhu’ walaupun dalam kondisi sulit, memperbanyak jalan ke masjid, dan menunggu shalat setelah shalat, maka itulah yang disebut dengan ar ribath.” (HR. Muslim).

Baca juga: Banyak Promo Umroh Menarik Plus Wisata Turki, Cuma di Sini

3. Bercahaya Ketika Hari Kiamat

Orang-orang yang senantiasa menjaga wudhunya dan melakukan cara berwudhu yang benar, maka dihari kiamat kelak mereka akan datang dengan wajah yang berseri-seri. Sebagaimana dijelaskan dalam hadist,

“Sesungguhnya umatku akan dipanggil pada hari kiamat nanti dalam keadaan dahi, kedua tangan dan kaki mereka bercahaya, karena bekas wudhu’.” (HR. Al Bukhari dan Muslim)

“Tahukah kalian bila seseorang memilki kuda yang berwarna putih pada dahi dan kakinya diantara kuda-kuda yang yang berwarna hitam yang tidak ada warna selainnya, bukankah dia akan mengenali kudanya? Para shahabat menjawab: “Tentu wahai Rasulullah.” Rasulullah berkata: “Mereka (umatku) nanti akan datang dalam keadaan bercahaya pada dahi dan kedua tangan dan kaki, karena bekas wudhu’ mereka.” (HR. Muslim)

4. Didoakan Malaikat

Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Ibnu Hibban menyebutkan bahwa seseorang yang berwudhu, ketika bangun ia akan didoakan malaikat. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Barang siapa tidur di malam hari dalam keadaan suci (berwudhu) maka malaikat akan tetap mengikuti, lalu ketika ia bangun niscaya malaikat itu akan berucap ‘Ya Allah ampunilah hamba mu si fulan, karena ia tidur di malam hari dalam keadaan suci’.” (HR Ibnu Hibban dari Ibnu Umar r.a)

5. Membantu Menghilangkan Kuman di Anggota Tubuh

Aktivitas yang Anda lakukan setiap hari, mulai bangun tidur sampai malam hari tentu membuat tubuh jadi kotor. Memegang benda ini-itu, terpapar debu dan polusi. Belum lagi keringat yang bersemayam di tubuh. Semua itu tentu bisa menumpukkan bakteri.

Baca juga: Serba-serbi Sholat Istikharah

Kalau sekedar mengandalkan mandi saja pastinya tak cukup untuk menjamin kebersihan tubuh. Nah, dengan wudhu secara rutin ini (5 kali sehari sesuai dengan jadwal sholat) bisa menjadi cara hidup sehat menurut Islam, menjaga tubuh tetap bersih dan terhindar dari kuman. Sebaiknya Anda juga melakukan wudhu di sela-sela aktivitas juga, jadi tidak harus menunggu saat hendak sholat. Semakin sering Anda berwudhu maka risiko terserang kuman juga semakin bisa diminimalisir.

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

6. Membuat Wajah Lebih Cerah

Walaupun tidak ada penelitian ilmiah yang menyatakan bahwa berwudhu dapat mencerahkan wajah. Namun faktanya, Anda bisa melihat orang-orang yang baik agamanya dan senantiasa menjaga wudhu maka wajahnya akan tampak cerah dan bercahaya. Berbeda dari orang ahli maksiat biasanya wajahnya justru terlihat kusam, gelap dan tidak enak dipandang. Maka itu, kalau Anda ingin punya wajah cerah enggak perlu repot-repot mengoleskan berbagai krim pemutih, cukup memperbanyak wudhu saja.

7. Mencegah Jerawat

Munculnya jerawat pada wajah dipicu oleh adanya kotoran dan minyak yang menumpuk di pori-pori kulit. Nah, apabila Anda malas membersihkan muka maka otomatis kulit jadi rentan berjerawat. Dengan berwudhu ini, kotoran dan minyak berlebihan pada wajah bisa disingkirkan. Kulit akan menjadi lebih bersih, sehingga jerawat atau komedo bisa dihindari.

Berwudhu ini lebih baik daripada mencuci wajah dengan sabun. Sebab pemakaian sabun berlebihan jutru membuat kulit jadi kering. Disarankan membasuh wajah dengan facial foam cukup 2 kali dalam sehari. Selebihnya Anda bisa melakukan wudhu saja.

8. Terhindar dari Penyakit kulit

Proses saat berwudhu terdiri dari mencuci sebagian besar anggota tubuh seperti wajah, tangan dan kaki, serta sela-sela kuping. Berbagai penyaki kulit seperti panu, kadas, atau pun kurap, akan dapat dicegah dengan senantiasa menjaga kebersihan kulit.

9. Membuat Awet Muda

Mencuci wajah dalam berwudhu akan menjaga kulit wajah kita tetap lembap dan sehat, juga dapat membuang kotoran dan debu yang menempel, artinya wajah kita akan selalu bersih bercahaya dan ini membuat kulit wajah anda sehat sehingga anda akan terlihat awet muda dengan berwudhu. Mudah bukan? untuk apa kita mengeluarkan biaya yang mahal dengan pergi ke salon untuk mendapatkan wajah yang awet muda, sedangkan ada cara yang tidak mengeluarkan biaya dan juga sangat mudah yaitu, berwudhu.

Baca juga: 7 Tips Beribadah di Masjidil Haram

10. Tumbuh dan berkembangnya akhlak yang mulia

Akhlak merupakan kecenderungan diri. Akhlak harus selalu dijaga agar tumbuh dan berkembang dengan sehat. Dengan berwudhu energi positif yang membuat seorang hamba bertambah baik akhlaknya. Sehingga terhindari dari segala hawa nafsu atau godaan setan

Masya Allah, itulah manfaat yang dapat kita amalkan untuk selalu mejaga wudhu. Semoga kita selalu terjaga kesuciannya hingga akhir hayat.