play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
Umroh & Haji

Terkuak, Ini Alasan Masjid Al Aqsa Jadi Kiblat Umat Islam

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Masjid Al Aqsa terletak dalam kompleks Al-Haram Asy-Syarif di Yerusalem merupakan tempat penting dan bersejarah bagi umat muslim. Masjid ini juga menjadi tujuan umat muslim dari berbagai negara untuk beribadah sekaligus napak tilas jejak sejarah Isra Miraj Nabi Muhammad SAW.

Lokasi masjid yang berada di kota Yerusalem membuat Al Aqsa menjadi tidak aman lantaran kota tersebut menjadi incaran zionis Israel.  Umat muslim di Palestina pun terus berusaha menjaga dan mempertahankan masjid Al Aqsa dari keserakahan Israel.

Baca juga: 7 Tips Beribadah di Masjidil Haram

Sejarah Masjid Al Aqsa

Umroh.com merangkum, sesungguhnya masalah Al Aqsa adalah masalah kaum muslimin secara menyeluruh, karena masjidil Aqsa memiliki tempat khusus di benak kaum muslim. Karena pentingnya masjidil Aqsa bagi kaum muslimin yang keberadaannya terletak di salah satu kota paling suci dan paling kuno dalam sejarah. Kota Al Quds (Yerusalem) yang merupakan tempat lahirnya agama-agama, kota para Nabi dan kiblat pertama umat islam, sehingga kaum muslimin memiliki kepentingan terhadap Masjid Aqsa.

Bahkan Rasulullah SAW memerintahkan umat Islam untuk berziarah ke masjid Al-Aqsa. Nabi berkata tentang anjuran untuk berziarah ke Masjid Al-Aqsha dalam hadits. 

لاَ تُشَدُّ الرِّحَالُ إِلاَّ إِلَى ثَلَاثَةِ مَسَاجِدَ مَسْجِدِ الْحَرَامِ وَمَسْجِدِي هَذَا وَالْمَسْجِدِ الْأَقْصَ 

“Tidak dikerahkan melakukan suatu perjalanan kecuali menuju tiga Masjid, yaitu Masjidilharam (di Makkah), dan Masjidku (Masjid Nabawi di Madinah), dan Masjid Al-Aqsa (di Palestina)”. (H.R. Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu).

Mau dapat tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Cukup dengan download aplikasinya di sini, InshaAllah tanah suci di depan mata!

Hal Penting dari Masjid Al  Aqsa

1. Masjid Al Aqsa berada di kota Al Quds Allah mensifatinya di dalam Al Quran sebagai tempat yang diberkahi

Allah ta’ala berfirman

“Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar kami perlihatkan kepadanya sebagian dari  tanda-tanda (kebesaran) kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui”. (QS. Al Isra’:1).

Terkuak, Ini Alasan Masjid Al Aqsa Jadi Kiblat Umat Islam

2. Masjid Al Aqsa adalah salah satu masjid tertua di muka bumi

Sebagaimana diterangkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bahwa pembangunan Masjid Al aqsa setelah 40 tahun pembangunan masjdil haram, dan penempatannya telah ditetapkan oleh Allah ta’ala sebelum Allah ta’ala menurunkan Adam ‘alaihissalam ke bumi.

Dalam Shahih Muslim diriwayatkan sebuah hadits dari Abu Dzar al-Ghifari radhiallahu ‘anhu, ia mengatakan,

“Wahai Rasulullah, masjid manakah yang pertama kali dibangun di muka bumi?” Beliau menjawab, “Masjid al-Haram.” Aku kembali bertanya, “Kemudian?” Beliau menjawab, “Masjid al-Aqsha.” Kutanya lagi, “Berapa tahunkah jarak pembangunan keduanya?” Beliau kembali menjawab, “40 tahun. Dimanapun engkau menjumpai waktu shalat, maka shalatlah, karena tempat (yang engkau jumpai itu) adalah masjid.”

3. Pahala sholat di masjidil aqsha berlipat-lipat dari pada di masjid lain

Sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits, Dari Abi Dzar radhiallahu ‘anhu, ia mengatakan, “Kami (para sahabat) sedang duduk-duduk bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, lalu kami membicarakan mana yang lebih utama Masjid Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam (Masjid Nabawi) ataukah Masjid Baitul Maqdis.” Maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

 “Satu shalat di masjidku lebih utama dari empat shalat di Masjid Al Aqsa, dan Masjid Al Aqsa adalah tempat shalat yang baik. Dan hampir tiba suatu masa, dimana seseorang memiliki tanah seukuran tali kekang kudanya, dari tempat itu terlihat Baitul-Maqdis, hal itu lebih baik baginya dari dunia seluruhnya atau beliau mengatakan lebih baik dari dunia dan segala yang ada di dalamnya.” (HR. Hakim dan dishahihkan oleh adz-Dzahabi).

Mau langsung merasakan sholat di Masjid Al Aqsa? Umroh.com beri solusi mudah untuk mewujudkannya!

Sholat di masjid Nabawi sebanding dengan 1000 kali sholat, maka sholat di Masjid aqsa sebanding dengan 250 kali sholat di masjid lain (selain masjidil haram dan masjid nabawi)

4. Masjidil aqsha adalah kiblat pertama kaum muslimin

Dalam sebuah hadits disebutkan, 

Dari Al-Bara bin ‘Azib berkata, “Saya shalat bersama Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam menghadap ke arah Baitul Maqdis selama enam belas bulan, sampai turun ayat di dalam Surah Al-Baqarah ayat 144” (H.R. Bukhari).

Ayat di dalam Surah Al-Baqarah yang dimaksud adalah ayat 144 yaitu : 

Sungguh Kami (sering) melihat mukamu menengadah ke langit, maka sungguh Kami akan memalingkan kamu ke kiblat yang kamu sukai. Palingkanlah mukamu ke arah Masjidil Haram. Dan di mana saja kamu berada, palingkanlah mukamu ke arahnya. Dan sesungguhnya orang-orang (Yahudi dan Nasrani) yang diberi Al Kitab (Taurat dan Injil) memang mengetahui, bahwa berpaling ke Masjidil Haram itu adalah benar dari Tuhannya; dan Allah sekali-kali tidak lengah dari apa yang mereka kerjakan”. (QS. Al-Baqarah [2] : 144).

5. Masjid Al Aqsa Negeri Para Nabi Utusan Allah

Para nabi utusan Allah Subhanahu Wa Ta’ala, banyak diturunkan di kawasan Masjid Al Aqsa Palestina dan sekitarnya. Sehingga jejak-jejak langkah kaki para Nabi utusan dalam berdakwah mengesakan Allah Subhanahu Wa Ta’ala, mengajak manusia menyembah dan memperibadati Allah Subhanahu Wa Ta’ala, terukir abadi di negeri para nabi, Al-Aqsha Palestina. Hal itu juga dibuktikan dengan peninggalan sejarah Islam dengan adanya makam-makam para Nabi utusan Allah Subhananhu Wata’ala, seperti : makam Nabi Ibrahim ‘Alaihis Salam, makam Nabi Syu’aib ‘Alaihis Salam, makam Nabi Musa ‘Alaihis Salam, makam Nabi Dawud ‘Alaihis Salam, makam Nabi Yunus ‘Alaihis Salam, dan makam Nabi Sulaiman ‘Alaihis Salam.

Terkuak, Ini Alasan Masjid Al Aqsa Jadi Kiblat Umat Islam

Bahkan pada waktu Isra Mi’raj, Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam mengimami shalat jama’ah bersama para nabi di Masjid Al-Aqsha. Seperti tertuang dalam hadits Riwayat Muslim berikut, yang artinya :

“….. Dan sungguh telah diperlihatkan kepadaku jama’ah para nabi. Adapun Musa, dia sedang berdiri shalat. Dia lelaki tinggi kekar seakan-akan dia termasuk suku Sanu’ah. Dan ada pula ‘Isa bin Maryam ‘Alaihi Salam sedang berdiri shalat. Manusia yang paling mirip dengannya adalah ‘Urwah bin Mas’ud ats-Tsaqafi. Ada pula Ibrahim ‘Alaihi Salam sedang berdiri shalat. Orang yang paling mirip dengannya adalah sahabat kalian ini, yakni beliau sendiri. Kemudian diserukanlah shalat. Lantas aku mengimami mereka. Seusai shalat, ada yang berkata (Jibril): “Wahai Muhammad, ini adalah Malik, penjaga neraka. Berilah salam kepadanya!” Aku pun menoleh kepadanya, namun dia mendahuluiku memberi salam” (HR. Muslim dari Abu Hurairah).

Baca juga: Kepanasan saat di Mekkah? Ini Tips Menghadapinya

Untuk itu karena penting dan istimewa Masjid Al Aqsa bagi umat Islam, maka sudah menjadi tuntutan agar senantiasa memperjuangkannya hingga Allah menganugerahkan kemenangan kepada umat Islam.

Tulis Komentar Anda