play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
Haji Travel Umroh Umroh & Haji

Kepanasan Saat di Mekkah? Ini Tips untuk Menghadapinya

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Saat Anda akan melaksanakan ibadah haji selain mempersiapkan mental dan perbekalan Anda selama berhaji, persiapan menghadapi cuaca panas pun menjadi poin penting yang tidak boleh dilupakan. Mengingat cuaca yang tak menentu, dan terkenal nya cuaca di Arab Saudi yang cukup panas bisa mencapai 40 derajat celcius bahkan lebih, para jamaah haji sangat diwajibkan untuk menjaga kondisi kesehatan masing-masing selama menjalankan ibadah haji, karena dengan cuaca yang panas sangat rentan untuk para jamaah terkena dehidrasi dan kelelahan.

Baca juga: 7 Tempat Menarik di Mekkah yang Wajib Diketahui

Tips Menghadapi Cuaca Panas di Mekkah

1. Persiapkan diri dengan pola hidup sehat

Menurut pantauan Umroh.com, ada baiknya sebelum Anda berangkat haji, persiapkan diri Anda dan selalu lakukan pola hidup bersih dan sehat. Bagaimana caranya? Tentunya degan makan makanan yang bergizi yaitu empat sehat lima sempurna, olahraga teratur agar daya tahan tubuh kita terjaga dengan baik. Selain itu Anda juga bisa mencoba berjalan kaki pada siang hari di Indonesia, ini dapat dijadikan sebagai penyesuaian dengan suasana di arab saudi nantinya.

Baca juga: Isi Ibadah Umroh atau Haji Anda dengan Membaca Al Quran Secara Mudah di Sini

2. Periksa kesehatan 

Kesehatan merupakan salah satu hal yang penting dan harus di periksakan saat kita hendak menjalankan ibadah haji, dan jika Anda mempunyai penyakit kronis yang mungkin sudah lama diderita, maka sejak sekarang periksakanlah diri Anda dan minumlah obat yang diperlukan sesuai anjuran dokter. Karena sehat itu penting dan harus dijaga, apalagi saat Anda berada di makkah menjalankan ibadah haji.

source: shutterstock

3. Perbanyak minum dan makan buah-buahan

Ketika ditanah suci nanti, kita harus perbanyak minum air putih haus ataupun tidak haus kita harus tetap minum, mengingat cuaca yang panas di makkah dapat membuat kita rentan terkena dehidrasi dan kelelahan. Selama di makkah Anda di wajibkan minimal minum satu gelas tiap satu jam atau dua liter dalam sehari dan juga perbanyak konsumsi buah-buahan terutama buah yang mengandung air seperti jeruk, semangka ataupun buah-buahan lain yang dijual di mekkah maupun madinah, karena hal tersebut dapat menjadi tambahan asupan cairan bagi tubuh.

source: shutterstock

4. Gunakan payung, kacamata hitam dan alas kaki

Saat beraktivitas di luar ruangan, payung dan kacamata hitam menjadi salah satu pilihan yang dapat melindungi diri kita dari panas yang berlebihan, kacamata hitam pun dapat melindungi mata kita agar tidak terlalu perih ketika terpapar sinar matahari yang panas. Selain dua barang tersebut satu lagi yang tidak bisa kita lupakan yaitu memakai alas kaki karena alas kaki sangat berguna untuk melindungi telapak kaki dari panasnya jalanan di sekitar lokasi ibadah, kaki yang langsung menginjak jalan dapat menyebabkan kaki pecah-pecah bahkan sampai melepuh sehingga ibadah haji yang kita jalankan tidak dapat maksimal.

Baca juga: 10 Fakta Menarik tentang Mekkah

5. Bawa handuk kecil dan semprotan air

Saat menjalankan ibadah haji handuk kecil dan semprotan air merupakan barang yang tidak bisa dilupakan, karena handuk dapat digunakan untuk mengelap keringat kita saat berjalan dibawah panasnya terik matahari dan semprotan air juga dapat membantu kita untuk menyegarkan wajah dan menjaga kelembapan kulit kita agar tidak kering karena cuaca panas.

tips menghadapi cuaca panas di mekkah
source: shutterstock

6. Istirahat cukup

Jika Anda sudah merasa lelah sebaiknya jangan terlalu memaksakan diri, ada baiknya kita beristirahat yang cukup dan persiapkan diri secara maksimal untuk menghadapi puncak ibadah haji nanti yaitu wukuf di arafah dan mabit di mina.

Ibadah akan terasa lebih khusyu dan nyaman apabila kita semua sudah mempersiapkan segalanya secara matang mulai dari jauh – jauh hari. Itulah beberapa tips di atas yang dapat Anda lakukan saat menghadapi cuaca panas di mekkah, jangan lupa untuk selalu berdoa dalam segala kegiatan yang Anda lakukan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.

Facebook Comments