play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
Travel

8 Masjid di Iran yang Akan Membuat Anda Jatuh Hati

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Perhatikan detil bangunan di Iran. Kita akan menemukan banyak motif dan corak indah di istana, madrasah, rumah, hingga masjid. Corak dan motif khas Iran itu seakan menghipnotis wisatawan dengan keindahannya.  

Corak yang banyak dijumpai berwarna hijau dan biru, berpadu dalam mozaik di dinding-dinding bangunan atau jendela. Banyak traveler dunia yang mengakui bahwa corak bangunan di Iran adalah salah satu tradisi dunia yang indah dan inspiratif. 

Baca juga: Terkuak! Ini 10 Fakta Menarik tentang Iran

Umroh.com merangkum, salah satu bangunan yang bisa dinikmati keindahannya adalah masjid. Karena masjid merupakan tempat ibadah, maka bangunannya terbuka untuk umum, dan kita bisa menikmatinya dengan leluasa. 

Mengunjungi masjid-masjid di Iran, kita akan terpesona dengan ubin-ubin bercorak tradisional yang menghiasi dindingnya. Ubin tersebut memiliki motif dan pola yang indah, yang seringkali terinspirasi oleh budaya Islam dan Persia.

Masjid Terindah di Iran

1. Masjid Nasir Al Mulk 

Terletak di Shiraz, masjid ini juga dikenal sebagai Masjid Pink. Gambar interior masjid ini banyak kita temui di dunia maya, terutama dalam topik keindahan masjid di Iran. Tak heran, karena Masjid Nasir Al-Molk memang memiliki desain interior yang mengagumkan. Dindingnya dihiasi dengan jendela dengan mosaik kaca berwarna-warni.  

Dari jendela kaca bermosaik, sinar matahari masuk dan menghasilkan pantulan cahaya berwarna-warni. Jika dilihat dari luar, masjid Nasir Al-Molk memang tidak tampak berbeda dengan masjid di Iran pada umumnya. Kita bisa menemukan keindahannya ketika masuk ke dalam masjid di siang atau sore hari.

Mau dapat tabungan umroh? Yuk download aplikasinya di sini dan dapatkan tabungan hingga jutaan rupiah!

2. Masjid Sheikh Lotfollah 

Di Isfahan, kita akan menemukan masjid megah yang telah berdiri sejak tahun 1619. Masjid Sheikh Lotfollah ini memiliki desain sederhana, namun ornamen ubin di dindingnya membuat masjid ini istimewa. 

Hal menarik dari masjid ini adalah kubahnya yang sangat menarik perhatian. Kubah bulat dan mengerucut itu dihiasi oleh ubin berwarna-warni di bagian dalam dan luarnya. Tetapi kita akan dibuat terpana dengan warna-warna ubin yang dominan biru dan kuning di bagian dalam kubah. 

Masjid Sheikh Lotfollah ini memiliki kubah sangat megah, dan tidak memiliki minaret. Ubin penghias dindingnya adalah ubin berwarna kuning-krem yang akan memiliki rona pink saat terkena sinar matahari. 

3. Masjid Shah Cheragh 

Dwi fungsi masjid di Shiraz ini adalah sebagai tempat ibadah sekaligus makam. Di sini dimakamkan saudara-saudara Ahmad dan Muhammad, putra-putra dari Musa Al Kadhim dan saudara-saudara dari Ali Ar-Ridha.  

Sekitar tahun 900 Masehi, ada seorang pengembara menemukan benda bersinar. Setelah dihampiri, ternyata itu adalah kuburan yang bercahaya. Setelah digali, ternyata ada jasad yang memakai cincin bertuliskan ‘Al-Izzatu Lillah, Ahmad bin Musa’. Akhirnya orang-orang menyimpulkan bahwa makam itu milik anak-anak Musa Al Kadhim. 

masjid di iran

Dari kejauhan, masjid Shah Cheragh tampak seperti masjid kebanyakan dengan kubah dan dua minaret. Tetapi pemandangan menakjubkan akan Anda temui di bagian dalam masjid. Dinding-dinding masjid dilapisi oleh jutaan cermin dan kaca kecil. Mozaik cermin dan kaca itu akan menimbulkan efek pantulan cahaya yang indah. Keindahannya semakin mengagumkan dengan adanya lampu gantung kristal di bagian tengah kubah masjid. 

4. Masjid Imam 

Terletak di Isfahan, Masjid Imam terdaftar menjadi salah satu situs warisan dunia UNESCO. Masjid Imam terletak di alun-alun Nagshe Najan.  

Masjid yang dibangun sekitar tahun 1600-an ini dilapisi dengan mozaik ubin yang memiliki tujuh warna. Diperlukan sekitar 18 juta bata dan ratusan ribu ubin untuk membangun Masjid Imam. Pintu masuk masjid juga penuh dihiasi mozaik ubin berwarna-warni. Tidak heran jika masjid ini disebut sebagai salah satu masjid yang menakjubkan di Iran. Masjid Imam juga memiliki empat minaret. 

Mau berangkat umroh bersama keluarga? Yuk pilih paket umroh Anda hanya di umroh.com sekarang juga!

Selain Masjid Imam dengan keindahan arsitektur Islamnya, bangunan lain di alun-alun Naghshe Jahan juga terdaftar sebagai warisan dunia. Karena itu, jangan lewatkan berkunjung ke alun-alun paling indah di Iran itu. 

5. Masjid Jameh 

Masjid yang juga dikenal sebagai Masjid Jumat ini memiliki arsitektur Iran dengan gaya Azeri yang indah. Terletak di Yazd, Masjid Jameh dibangun pada abad 12 dan masih digunakan hingga saat ini. Masjid ini dibangun oleh Ala’oddoleh Garshasb dari Dnasti Al-e Bouyeh. Masjid ini kemudian diperbesar di antara tahun 1324 dan 1365.  

Hal menarik yang ada di masjid ini adalah pola geometris yang rumit, serta kaligrafi yang indah.  

Harga pas di kantong, yuk pilih paket umroh Anda sekarang juga!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

6. Masjid Biru 

Masjid ini disebut juga Turquoise of Islam karena dihiasi dengan ubin biru di permukaan dindingnya. Berdiri sejak tahun 1465, masjid ini dibangun oleh Jahan Shah yang memerintah Dinasti Qaraqouyunlu. Masjid ini juga sempat luluh lantak karena gempa bumi hebat di tahun 1779. 

Masjid Biru ini sebenarnya berada dalam sebuah kompleks arsitektur yang bernama Mozafariya. Di dalamnya, terdapat masjid, biara, pelataran, perpustakaan, dan sebagainya. Akan tetapi, semua bangunan hancur dan hanya tersisa Masjid Biru ini. 

7. Masjid Gohar Shad 

Terletak di Mashhad, Masjid Gohar Shad adalah masjid terbesar dan paling indah di dalam monumen sakral Imam Reza. Masjid ini dibangun di tahun 1418 atas perintah Permaisuri Gohar Shad, istri dari Shakhrokh, raja dari Dinasti Timurid. 

masjid di iran

8. Masjid Agha Bozorg 

Di Kashan yang terkenal dengan Kebun Fin dan rumah-rumah bersejarah, terdapat Masjid Agzha Mozorg yang merupakan kompleks muslim terindah di Kashan. Masjid dan sekolah di dalam kompleks tersebut dibangun pada abad 18 oleh Ustad Haj Sa’ban Ali. 

Baca juga: Gak Nyangka! Ternyata Ini Nama Lain Negara Iran

Masjid ini tampak megah dengan atap-atap yang berdampingan, minaret yang dihiasi ubin, serta kubah sederhana yang sangat identik dengan arsitektur Islam. Masjid ini tampak indah dengan ornamen kayu, mozaik kaca, serta ubin-ubin bermotif geometris di dindingnya. Semua yang ada di masjid ini tampak dibangun dengan presisi sehingga tampak simetris dan indah.

Facebook Comments