play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
Muslim Lifestyle

3 Masjid Modern Di Indonesia Dengan Arsitektur Megah

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Umroh.com – menemukan atau mencari masjid takan terasa sulit saat berada di Indonesia. Sebagaimana yang kita ketahui, Indonesia adalah negara dengan jumlah penduduk yang mayoritas warganya adalah seorang muslim. Dengan karena hal itulah yang menjadikan banyak nya tempat peribadatan yaitu masjid modern di Indonesia maupun mushola disetiap sudut daerah Indonesia.

Sebagai tempat ibadah, masjid tentunya akan dibuat senyaman dan seindah mungkin. Tak jarang bila masjid di seluruh dunia memang selalu memiliki desain dan konsep menarik. Tak terkecuali di Indonesia yang juga memiliki banyak desain masjid yang beragam, mulai dari yang bergaya etnik dengan sentuhan budaya lokal, sampai masjid yang dibangun dengan desain interior yang modern dan kontemporer. Nah, penasaran seperti apa bentuk dan dimana lokasi masjid tersebut ? berikut team umroh.com akan memaparkannya untuk anda.

Baca juga :10 Masjid Terbersih di Jakarta yang Bisa Dikunjungi

3 Masjid Modern dan Megah di Indonesia

1. Masjid Al Irsyad Satya

Masjid Al Irsyad berdiri di atas lahan seluas 1 hektar. Masjid ini menyatu dengan Al-Irsyad Satya Islamic School di Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat, dan dibangun pada 7 September 2009. Masjid ini sempat menjadi fenomenal dikarenakan bentuknya yang hanya berupa kubus atau persegi empat tanpa adanya kubah yang menghiasi seperti masjid pada umumnya.

Masjid Al-Irsyad yang sederhana namun elegan dan terkesan khusyuk dan tenang bukan hanya menambah khazanah arsitektur bercorak keislaman, tetapi juga mempopulerkan nama arsiteknya, yaitu Muhammad Ridwan Kamil atau biasa kita sapa kang Emil.

Berbagai penghargaan kelas dunia yang telah disematkan padanya membuktikan bahwa masjid ini tidak dibangun untuk sekadar tampil beda. Bukan hanya menempati 5 besar Building Of The Year 2010 versi National Frame Building Association kategori religious architecture (arsitektur keagamaan), melainkan Masjid Al-Irsyad pun meraih Green Leadership Award dari BCI Asia.

Mau dapat Tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya sekarang juga!

Arah kiblat Masjid Al Irsyad diciptakan dengan konsep terbuka langsung menghadap ke pemandangan alam. Panorama pegunungan tersebut memperlihatkan superioritas kebesaran alam. Siapa pun yang tengah bermunajat ke hadapan-Nya dan melihat pemandangan tersebut akan merasa sangat kecil sehingga diharapkan manusia agar selalu rendah hati. Bagi orang yang memperhatikan pola lubang di dindingnya, akan tampak terbaca lafaz Arab bertuliskan Laailaha Ilallah Muhammad Rasulullah, yang berarti tiada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusan Allah.

Sungguh masjid yang menawan, jika anda penasaran datanglah berkunjung untuk sempatkan sholat di masjid tersebut sekaligus berwisata religi bersama orang terdekat anda

2. Masjid Al Safar

Umroh.com merangkum, Masjid Al Safar merupakan masjid di rest area km 88 jalan tol terbesar se-Indonesia yang dapat menampung lebih dari 1.200 jamaah. Terdapat fasilitas lengkap di dalamnya seperti toilet, tempat wudhu hingga taman dan kolam yang menambah sejuk. Masjid ini di resmikan pada tanggal 19 Mei 2017 yang diresmikan langsung oleh Ridwan Kamil yang saat itu masih menjabat Wali Kota Bandung dan Direktur Utama Jasa Marga, Desi Arryani.

masjid tertua di indonesia

Masjid yang juga merupakan rancangan Muhammad Ridwan Kami ini lagi lagi menuai kontroversi dikarenakan bentuk bangunannya yang dikaitkan dengan iluminati karena memakai beberapa ornamen berbentuk segitiga. Wujud utama Masjid Al Safar mengadaptasi bentuk topi adat yakni iket Sunda. Ridwan Kamil dan timnya memakai konsep sculpture atau pahatan. Maka, Masjid Al Safar pun terlihat seperti batu besar yang dipahat.
meskipun banyak menuai kontroversi kala itu namun semua tak mengalihkan kekaguman beberapa umat muslim yang beribadah di masjid tersebut untuk memuji karya anak bangsa ini.

Tak hanya menjadi tamu istimewa Allah, umroh juga melancarkan rezeki Anda. Yuk temukan paketnya di Umroh.com!

3. Masjid Tiban Turen Malang

masjid terbesar di dunia

Dan masjid modern di Indonesia yang terakhir adalah Masjid dengan warna dominan biru ini berlokasi di Jl. KH. Wachid Hasyim Jl. Anggur No.17, Sananrejo, Kec. Turen, Malang, Jawa Timur. Masjid tiban  ini memiliki keunikan karena memiliki bangunan yang berrbeda dengan masjid lainnya. Menara tinggi yang ada di tengah-tengah pemukiman dengan perpaduan ornamen khas Turki, India, Russia hingga Mesir membuat konsep bangunannya campur aduk namun bernilai seni tinggi.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Karena bangunan ini adalah pondok pesantren Salafiyah Bihaaru Bahri ‘Asali Fadlaailir Rahmah yang murni dibangun oleh para santri dan jemaah. Masjid sekaligus ponpes ini memiliki 10 tingkat dengan fasilitas lengkap di dalamnya. Dimana masing-masing tingkatnya memiliki tema yang berbeda-beda dengan berbagai ukiran kaligrafi dan ornamen yang memanjakan mata anda.

Facebook Comments