1
Travel

Intip Megahnya 5 Masjid Terbesar di China

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Di China, Agama Islam sudah tidak asing lagi bahkan sudah menjadi agama yang cukup penting. Agama Islam telah menyebar di China selama lebih dari 1300 tahun. Islam masuk ke China pada awal abad ke 7, yaitu sekitar tahun 678 Masehi, di masa pemerintahan Dinasi Tang. Oleh karena itu, berikut ini ada beberapa masjid terbesar di China sebagai bukti peradaban Islam di sana.

Umroh.com merangkum, pada zaman Khalifah Utsman bin Affan, pemerintahan China pernah menerima kunjungan diplomatik dari kerajaan Arab. Khalifah Utsman mengutus Sa’ad bin Abi Waqqas beserta 15 orang rekannya untuk membawa ajaran Islam ke China. Kaisar Yung Wei dari Dinasti Tang pun menerima Sa’ad bin Abi Waqqas beserta 15 rekannya untuk membawa ajaran Islam ke China. Bahkan Kaisar Yung Wei mengizinkan untuk pembangunan masjid, berikut masjid-masjid terbesar yang ada di China:

Baca juga: Ini Dia 10 Masjid Tertinggi di Indonesia

Masjid Terbesar di China

1. Masjid Huaisheng

Masjid Huaisheng menjadi salah satu masjid pertama yang ada di China, maka dari itu disebut sebagai masjid tertua karena berdiri sejak tahun 630 M. Masjid ini berada di Guangzhou, Provinsi Guangdong. Masjid Huaisheng ada saat masa kekaisaran Dinasti Tang di China dan masa kekhalifahan Usman bin Affan di Islam.

Masjid Huaisheng di bangun oleh Sa’ad bin Abi Waqqas. Ketika itu, Sa’ad bin Abi Waqqas datang ke China bersama rekan-rekannya untuk mengenalkan agama Islam kepada sang Kaisar. Masjid ini dinamakan Huaisheng karena memiliki arti mengingat sang bijak yang ditujukan sebagai penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW.

masjid terbesar di China

Masjid Huaisheng sangat terkenal dengan menaranya yang begitu khas yaitu menara yang terletak di tepi Sungai Mutiara. Menara tersebut memiliki tinggi 35 meter. Gaya rancangan Masjid Huaisheng ini merupakan perpaduan antara China dan Arab, sehingga bangunan masjid ini terlihat seperti menyerupai kelenteng. Masjid ini memiliki luas sekitar 3.000 meter persegi.

Mau dapat tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!

2. Masjid Agung Xian

Masjid Agung Xian termasuk masjid terbesar yang ada di China. Masjid ini dibangun tahun 1392 atau tahun ke 25, pada saat Dinasti Ming berkuasa. Masjid ini didirikan di Hua Jue Lane, tempat yang berada di luar tembok kota. Tetapi, secara territorial Masjid Agung Xian memiliki lokasi yang hanya berjarak sekitar satu blok dari Menara Gendang Xian.

Masjid Agung Xian memiliki bangunan sebesar 48 x 248 meter. Jika digabungkan dengan dinding-dinding yang mengelilingi area masjid, luasnya bisa mencapai sekitar 12.000 m2. Bangunan masjid ini memiliki ruangan seperti kuil-kuil tradisional China pada umumnya, lalu dikombinasikan dengan arsitektur Islam. Masjid Agung di dirikan untuk menghormati para penyebar Islam di China.

webinar umroh.com

3. Masjid Kowloon

Masjid Kowloon termasuk salah satu masjid tertua di Hong Kong, tidak hanya itu masjid ini pun menjadi salah satu masjid terbesar yang memiliki keindahan pada bagian atap dan kubah. Masjid Kowloon dibangun tahun 1896, pada saat itu bangunan masjid ini masih kecil. Setelah masjid ini makin ramai didatangi oleh umat muslim yang ada di Hong Kong, dilakukan renovasi tahun 1974 dan selesai tahun 1984.

Masjid Kowloon terletak di pusat kota strategis di daerah Kowloon, tepatnya di tikungan jalan Nathan dan jalan Haiphong, bersebrangan dengan Kowloon Park. Bangunan masjid ini mampu menampung 3.500 jamaah.

Masjid Kowloon memiliki arsitektur persegi besar dengan atap merah muda, serta kubah di bagian atasnya. Kubah masjid ini memiliki ukuran diameter 5 meter dan tinggi 9 meter. Masjid ini memiliki tiga ruang salat, ruang pertemuan, klinik medis dan perpustakaan.

Jadilah tamu istimewa Allah di Tanah Suci dengan temukan paketnya di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"] 

4. Masjid Agung Dongguan

Masjid Agung Dongguan terkenal sebagai masjid termegah di wilayah Barat Laut China yang memiliki luas 13.602 meter persegi. Masjid Agung Dongguan berada di Kota Xining, Provinsi Qinghai, Republik Rakyat China. Masjid Agung Dongguan di bangun tahun 1998 menjadi salah satu pusat pendidikan Islam terkemuka di Kota Xining dan Cina bagian Barat. Masjid Agung Dongguan memiliki gaya bangunan yang tradisional dan mengangkat budaya lokal. Banyak wisatawan muslim dari luar China tertarik dengan keunikan dan keindahan yang ada di Masjid Agung Dongguan.

Masjid Agung Dongguan memiliki menara dan kubah berwarna hijau dengan tinggi dan megah. Gerbang kompleks masjid ini didominasi dengan warna putih dan hijau, yang bisa dijadikan sebagai tempat salat tambahan.

Masjid Idgar

Masjid Idgar berdiri di Kasghar, Provinsi Xinjiang, China pada tahun 1422 oleh Saqsiz Mirza. Masjid ini memiliki arti yaitu sebuah kuil untuk berdoa. Masjid Idgar memiliki keunikan yang berisi simbol-simbol keagamaan yang menjadikan nuansa Islam sangat kuat.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

Saat ini Masjid Idgar masih dipercayai sebagai tempat suci untuk beribadah dan sering digunakan sebagai pusat lokasi saat hari raya atau kegiatan lainnya di China. Masjid ini memiliki halaman seluas 16.800 meter persegi. Terdiri dari ruang salat, halaman, menara gerbang, dan struktur-struktur lainnya. Menara gerbang yang ada di Masjid Idgar terletak di dua sisi, yaitu kiri dan kanan.