1
Travel

Gak Bisa Kedip! Ini 15 Masjid Terbesar di Dunia

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Setiap orang muslim, tentu sudah tidak akan asing lagi mendengar kata masjid, masjid merupakan tempat suci bagi setiap umat muslim karena masjid merupakan tempat untuk beribadah dan langsung berhadapan dengan Allah SWT. Di dunia ini tentu sudah sering kali kita melihat keberadaan masjid yang tersebar diberbagai tempat bahkan dunia, berikut 15 masjid terbesar di dunia.

Pengertian Masjid 

Masjid secara Bahasa memiliki arti sebagai tempat sujud, dan juga untuk tempat diadakannya shalat lima waktu secara berjamaah oleh umat muslim. Masjid juga merupakan tempat yang paling suci di dunia ini, tidak ada yang paling suci tempat di dunia ini melainkan Masjid. Selain tempat Sholat lima waktu, masjid juga tempat berkumpulnya komunitas muslim, perkumpulan ketika Hari Raya Besar, dan tempat belajar mengaji Al Quran.

15 masjid terbesar di dunia

1. Masjidil Haram di Mekkah (Arab Saudi)

Masjidil Haram terletak di kota Mekkah, masjid ini juga merupakan masjid yang terbesar pertama di dunia, masjidil haram dapat menampung kapasitas sekitar 900.000 jamaah (pada saat musim haji meningkat menjadi 4.000.000 jamaah). Masjid tersebut juta mengelilingi Ka’bah, tempat dimana orang muslim menghadap di waktu shalat sehari-hari dan dianggap sebagai tempat tersuci di bumi ini oleh umat muslim. Masjidil Haram juga dikenal sebagai Masjid Agung. Pada saat ini struktur Masjid mencakup area seluas 400.800 meter persegi (99,0 hektar) termasuk luar dan dalam ruang berdoa dan dapat menampung sampai 4 juta jamaah selama musim haji berlangsung.

Baca juga: 5 Masjid Tertinggi di Dunia yang Megah dan Menjulang

2. Masjid Nabawi di Madinah (Arab Saudi)

Umroh.com merangkum, masjid Nabawi ini teletak di kota Madinah, bukan hanya itu Masjid ini merupakan Masjid terbesar nomer 2 setelah Masjidil Haram. Kapasitas Masjid Nabawi ini berkisar 600,000 jamaah (pada musim haji meningkat menjadi 1,000,000 jamaah). Terdapat sejarah mengenai Masjid Nabawi ini, sejarah dimana Rasulullah SAW membangun Masjid Nabawi ini dan sebagai tempat peristirahatan terakhir Rasulullah. 

Salah satu yang menari dari Masjid Nabawi ini adalah terdapat kubah hijau di tengah-tengah Masjid, dimana tempat makam Rasulullah SAW berada. Hal ini juga tidak diketahui kapan dibangun kubah hijau tersebut, tetapi naskah menanggalkan pada awal abad ke-12 dimana dibangunnya kubah hijau tersebut, dan pada akhirnya para penguasa Islam berikutnya memperluas dan menghiasainya.

3. Masjid Muhammad Ali Pasha 

Masjid ini merupakan masjid Muhammad Ali Pasha yang terletak di Cairo Mesir dan memiliki kapasitas sekitar 6,444,943.95 juta jamaah yang datang ke Masjid tersebut. Masjid ini diperintahkan dan dibangun oleh Muhammad Ali Pasha pada tahun 1830 dan 1848. Masjid yang terletak dipuncak benteng ini, merupakan Masjid yang paling terlihat di Kairo, masjid dibangun dengan tujuan untuk mengenang Tusun Pasha, putra tertua Muhammad Ali, yang meninggal pada tahun 1816. 

Mau dapat tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!

4. Masjid Istiqlal

Masjid istiqlal atau Masjid yang terletak di Indonesia ini, memiliki kapasitas berkisar 1,022,571,49 juta. Masjid ini merupakan Masjid terbesar di Asia Tenggara. Masjid Istiqlal ini dibangun dengan tujuan untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia, sebagai rasa bentuk syukur atas rahmat Allah SWT yang telah diberikan kepada rakyat Indonesia.

webinar umroh.com
masjid terbesar di dunia

5. Masjid Hasan II 

Masjid Hassan II ini terletak di Casablanca merupakan Masjid terbesar di Maroko dan Majsid terbesar ketiga di dunia setelah Masjidil Haram. Menara Masjid Hassan ini merupakan Masjid tertinggi di dunia mencapai ketinggian sekitar 210 meter.

6. Masjid Faisal 

Masjid Faisal di Islamabad adalah Masjid terbesar yang berada di Pakistan dan Asia Selatan. Masjid ini dapat menampung sekita 300.000 orang jamaah. Masjid Faisal ini diambil dari nama almarhum Raja Faisal bin Abdul Aziz dari Arab Saudi, yang mendukung dan membiayai proyek ini.

7. Masjid Badshahi

Masjid Badshahi atau yang dikenal dengan “Masjid Kaisar” di Lahore merupakan Masjid terbesar kedua di Pakistan. Masjid ini merupakan landmark sangat terkenal di Lahore dan merupakan wisata utama karena memiliki keindahan, hasrat dan keagungan era Mugal. Masjid ini dapat menampung sekitar 10.000 jamaah di ruang shalat utama dan 100.000 di halaman dan serambi. 

Jadilah tamu Allah dengan temukan paketnya di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"] 

8. Masjid Syeikh Zayed 

Masjid Syeikh Zayed di Abu Dhabi ini merupakan Masjid terbesar di Uni Emiret Arab dan masjid terbesar nomer enam di dunia. Masjid ini dapat menampung sekitar 40,000 orang jamaah. Masjid ini dinamakan dengan Syeikh Zayed bin Sultan Al Nahyan, beliau merupakan pendiri dan Presiden pertama di Uni Emiret Arab.

9. Masjid Jami’ Delhi

Masjid Jami’ Delhi ini memiliki nama asli Masjid Jahan Numa, merupakan Masjid utama dari Kota Tua Delhi di India. Masjid tersebut dibangun dan ditugaskan oleh Kaisar Mugal Sah Jehan, yang merupakan tokoh pendirinya Taj Mahal. Masjid ini selesai pada tahun 1656. Ini merupakan Masjid terbesar dan terkenal di India. Terletak di jalan paling sibuk di pusat kota Tua Delhi, Channi Chowk. Masjid ini dapat menampung sekitar 35,000 jamaah. 

masjid terbesar di dunia

10. Masjid Baitul Mukharam di Dakha

Masjid ini merupakan Masjid Nasional di Bangladesh, berlokasi di Dhaka. Masjid ini didirikan pada tahun 1960 dan dapat menampung sekitar 30,000 jamaah. Masjid ini biasanya akan mengalami peningkatan pada jamaah tepat ketika bulan suci Ramadhan. Hingga akhirnya pemerintah Bangladesh menambah perluasan Masjid menjadi 40,000 jamaah.

11. Masjid Id Kah 

Masjid ini terletak di Kasgar Xinjiang bagian barat China. Masjid tersebut merupakan Masjid terbesar di China. Dapat menampung sekitar 10,000 hingga 20,000 orang jamaah sekaligus. Masjid ini dibangun oleh Saqsiz Mirza sekitar tahun 1442.

12. Masjid Negara Malaysia

Masjid Negara merupakan Masjid Nasional di Malaysia, tepatnya berlokasi di Kuala Lumpur. Masjid tersebut berkapasitas 15,000 orang dan terletak di antara 13 acre (52,000m) dari taman-taman yang indah. Masjid ini dibangun pada tahun 1965.

13. Masjid Sultan Ahmad 

Masjid ini merupakan Masjid Nasional Turki, dan merupakan Masjid bersejarah di Istanbul. Masjid ini dibangun antara tahun 1609 dan 1616 M. masjid ini juga memiliki kapasitas menampung sekitar 10,000 jamaah.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

14. Masjid Al-Fath

Masjid ini dikenal sebagai Islamic Center Al-Fath dan Masjid Raya Al-Fath, merupakan salah satu Masjid terbesar di dunia dan dapat menampung sekitar 7000 orang jamaah yang shalat didalam waktu bersamaan. Masjid tersebut dibangun oleh Syeikh Isa bin Salman Al Kkhalifa pada tahun 1987. Masjid tersebut berasal dari nama Ahmad Al Fatih, salah satu seorang penakluk Bahrain.

masjid terbesar di dunia

15. Masjid Al-Aqsha

Masjid ini terletak di Kota lama Yerusalem. Masjid ini dianggap paling suci nomer ketiga dalam Islam. Masjid ini dahulunya kecil dan dibangun oleh Khulafaur Rasyidin khalifah Umar bin Khattab, tapi diperluas oleh Khalifah Bani Umayyah Abdul-Malik bin Marwah. Masjid ini dapat menampung sekitar 5000 orang jamaah.