1
Travel

Cantik! Ini Penampakan 15 Masjid Terindah di Indonesia

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Bagi setiap muslim, Masjid merupakan sebuah bangun yang diidentikkan dengan umat muslim, masjid juga tempat yang penting untuk beribadah dan bersujud dihadapan Allah SWT bukan hanya itu Masjid juga memiliki banyak fungsi untuk untuk umat muslim. Di Indonesia itu sendiri terdapat sebuah Masjid yang memiliki keindahan dalam bangunannya masing-masing, berikut merupakan masjid terindah di Indonesia.

Fungsi utama Masjid

1. Tempat sholat

Umroh.com merangkum, masjid berfungsi sebagai tempat ibadah. Disinilah tempat utama Islam melaksanakan sholat, baik sholat wajib maupun sholat fardhu serta sholat sunnah yang lainnya.

2. Tempat pendidikan 

Masjid bukan hanya untuk melaksanakan ibadah, tetapi juga sebagai tempat penyebaran pendidikan atau ilmu. Di Masjid, banyak yang dapat dilakukan oleh umat muslim, seperti belajar mengenai ilmu dakwah atau mengadakan sebuah pengajian.

Baca juga: 5 Masjid Tertinggi di Dunia yang Megah dan Menjulang

3. Tempat musyawarah

Masjid juga berfungsi untuk melakukan sebuah musyawarah bagi para warga sekitar, karena di Masjid lebih tenang.

4. Tempat pengadilan

Masjid juga jauh dari setan, karena oleh itu Masjid dapat melakukan suatu pangadilan dalam berbagai perkara, masyarakat dapat mengambil keputusan dengan lebih tenang.

5. Tempat akad nikah

Masjid juga berfungsi untuk dijadikan sebagai tempat akad nikah, karena banyak sekali yang berharap bahwa jika melaksanakan akad nikah di Masjid maka akan mendapatkan kelancaran dan kemudahan.

Mau dapat tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!

15 Masjid terindah di Indonesia

1. Masjid Andalusia (Bogor)

Masjid bergaya arsitektur Spanyol ini memiliki luas bangunan sekitar 1,250 meter persegi dan bisa menampung hingga 2,500 jemaah. Dinamakan Andalusia, karena wilayah otonom di Spanyol tersebut dulunya merupakan bagian dari Kerajaan Islam dan dipimpin oleh Thariq bin Ziyad. Harapannya, STEI Tazkia turut berkontribusi untuk membangun kembali kejayaan Islam di seantero dunia.

webinar umroh.com

2. Masjid Arif Nurul Huda (Surabaya)

Masjid Arif Nurul Huda merupakan kebanggaan bagi Kepolisian Daerah (Polda) Jatim karena menjadi masjid Polda terbesar se-Indonesia. Baru diresmikan pada tahun 2018, sebelumnya anggota Polda Jatim hanya memiliki masjid kecil yang kondisinya lumayan buruk. Dengan demikian, adanya Masjid Arif Nurul Huda ini diharapkan mampu meningkatkan spiritualitas para polisi. Perlu diketahaui bahwa Masjid ini terbuka untuk umum.

3. Masjid Agung AG KH Abdul Rahman Ambo Dalle (Pare-pare)

Masjid ini tergolong masjid baru, yang mulai beroperasi pada tahun 2010. Namun begitu, kapasitasnya mencapai 3000 jemaah. Untuk memenuhi kebutuhan pengunjung pada hari-hari sibuk, terdapat 80 toilet dan tempat wudu yang tak kalah luas. Tak perlu khawatir jika ingin melakukan salat Idulfitri di sini, teras dan pelataran masjid juga cukup nyaman untuk salat

4. Masjid Jami’ atau Agung (Tuban)

Masjid Agung Tuban mengingatkan kita akan kanopi Masjid Nabawi. Payung yang bisa dibuka-tutup tersebut menjadi aksen yang menyambut kedatanganmu di masjid yang dulunya bernama Masjid Jami’. Pertama kali direnovasi pada tahun 1894, masjid ini sudah beberapa kali mengalami perluasan dan perubahan gaya arsitektur. Pada tahun 2014, Pemerintah Daerah Tuban melakukan renovasi kembali dan dapat menampung sekitar 3,565 meter persegi.

5. Masjid Raya Mujahidin (Pontianak)

Masjid yang berukuran super besar, kali ini di Kota Pontianak. Halaman parkir masjid saja bisa menampung hingga 1,600 mobil. Sementara kapasitas bangunan masjid bisa diisi oleh 9,000 jemaah. Bangunan asli Masjid Mujahidin Pontianak sudah ada sejak tahun 1978. Untuk memperbaiki dan memperindah masjid, diadakan renovasi pada tahun 2011-2015.

masjid terindah di Indonesia

6. Masjid Raya Natuna (Natuna)

Masjid raya Natuna merupakan masjid indah yang cukup besar. Konon, satu saf dapat menampung sekitar 180 jemaah. Selain daya tampung yang sangat banyak, keunikan dari Masjid Agung Natuna adalah kubah yang berjumlah 20 buah dan disusun dalam tiga tingkatan. Desain kubah bertingkat ini mirip dengan desain Masjid Raya Sulaimaniah di Turki.

7. Islamic Center (Samarinda)

Samarinda yang memiliki masjid terbesar kedua di Asia Tenggara sesudah Masjid Istiqlal. Tak tanggung-tanggung, luas bangunan masjid mencapai 43,500 meter persegi. Islamic Center Samarinda memiliki tujuh menara pencakar langit dengan ketinggian 99 meter yang merepresentasikan Asmaul Husna. Sedangkan anak tangga dari lantai dasar ke lantai utama masjid berjumlah 33 buah yang melambangkan jumlah biji tasbih

Tak hanya menjadi tamu Allah, Umroh juga melancarkan rezeki Anda. Yuk temukan paketnya di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"] 

8. Masjid Azizi (Langkat)

Masjid Azizi ini merupakan masjid tertua di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Masjid yang dibangun pada tahun 1989 ini mengusung gaya arsitektur campuran Turki dan Arab. Warna Masjid tersebut memiliki warna yang khas yaitu kuning-hijau.

9. Masjid Ramli Mustofa (Jakarta Utara)

Warga Jakarta maupun pelancong dari kota lain gemar mampir untuk salat di masjid mewah yang mirip dengan bangunan Taj Mahal ini. Berhubung masjid ini dibangun di perumahan dimana Muslim merupakan minoritas, maka ada kesepakatan dengan masyarakat sekitar bahwa azan tidak dikumandangkan ke luar masjid dengan suara keras.

10. Masjid AR Fachrudin (Malang)

Masjid AR. Fachrudin terdiri dari lima lantai, Kalau kamu memasukinya dari pinggir jalan raya, kamu akan langsung menemukan tempat salat yaitu lantai tiga sampai lantai lima. Sementara kalau kamu masuk lewat belakang (dalam kampus), kamu akan menemukan kantin, koperasi, ATM, dan poliklinik di lantai satu. Lantai dua digunakan untuk kantor takmir masjid, tempat wudu, aula, dan perpustakaan.

11. Masjid Khadijah (Sleman)

Masjid Kristal Khadija mungkin tergolong ‘mini’, tetapi sudut-sudutnya mengundang untuk diabadikan. Dinding dan atap masjid ini tertutup kaca beraneka warna, yang dikabarkan terinspirasi dari masjid di Dubai. Pola keramik pada lantainya membentuk motif floral yang cantik, ditambah dengan air mancur di halaman masjid.

12. Masjid Muhammad (Bali)

Masjid Muhammad yang berlokasi di Jalan Imam Bonjol. Untuk memasuki masjid, kamu bisa memilih dari empat pintu besar yang merupakan replika pintu Masjid Nabawi. Setiap pintu dinamakan dengan nama-nama Khulafaur Rasyidin, yaitu Abu Bakar, Umar bin Khattab, Ali bin Abi Thalib, dan Utsman bin Affan.

13. Masjid Asmaul Husna (Makassar)

Masjid menakjubkan yang lebih dikenal dengan nama Masjid 99 Kubah ini akan mulai beroperasi pada bulan Ramadan. Selain menjadi salah satu masjid terindah di Indonesia, bangunan yang diprakarsai dan didesain oleh Ridwan Kamil ini disebut-sebut sebagai proyek termegah di Indonesia Timur tahun 2019.

masjid terindah di Indonesia

14. Masjid Raya An-Nur (Bintan)

Masjid ini terkenal akan warna catnya yang berwarna merah muda.  Masjid yang berlokasi di Kelurahan Kawal, Kecamatan Gunung Kijang, Kabupaten Bintan ini tampak kecil dari kejauhan. Namun, jika kamu memperhatikan dengan seksama, ada aksen keemasan di kubahnya yang menambah cantik pemandangan masjid.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

15. Masjid Agung Al Falah (Jambi)

Meskipun dijuluki masjid seribu tiang, sebenarnya masjid ini ‘hanya’ memiliki 288 tiang. Namun karena jumlah tiangnya yang begitu banyak, masyarakat lebih mudah mengingat masjid ini dengan nama tersebut.