1
Muslim Lifestyle

4 Tips Sholat Idul Adha

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Saat akan memasuki 10 Dzulhidjah masyarakat muslim pasti akan disibukan dengan berbagai persiapan untuk menyambut Hari Raya Idul Adha, mulai dari menyiapkan hewan qurban sampai dengan menyiapkan persiapan untuk ibadah sholat nantinya.

Bagi sebagian masyarakat  muslim, memilih tempat terbaik untuk melaksanakan ibadah solat Idul Adha sangatlah diutamakan tak terkecuali pula masyarakat Jakarta.

Sebelum melaksanakan sholat Idul Adha, ada baiknya Anda mengetahui tips-tips ini agar ibadah sholat lebih nyaman dan khusyuk. Berikut tipsnya:

1. Datang lebih pagi

Hal pertama yang harus dilakukan ialah datang lebih pagi. Sholat Idul Adha pada umumnya sudah dimulai pada pukul 07.00 WIB. Bagi Anda yang berniat ingin melaksanakan sholat Idul Adha dianjurkan untuk datang lebih pagi. Selain bisa mendapatkan tempat parkir dengan mudah, Anda juga bisa mendapatkan baris shaf sholat.  

Baca Lagi: Syarat, Hukum, Rukun, Tata Cara Sholat Idul Adha

2. Bersihkan sampah

Meskipun banyak sajadah yang disediakan oleh petugas masjid, namun pasti masih banyak para jamaah solat Idul Adha yang membawa koran untuk dijadikan sebagai alas sholat karena tidak kebagian sajadah atau takut sajadah yang mereka bawa kotor.

webinar umroh.com

Nah apabila Anda sudah selesai sholat, ada baiknya Anda sebagai warga Negara yang baik tentunya wajib membersihkan kembali sampah koran maupun sampah apapun itu yang posisi nya berada dekat Anda.

Tujuannya ialah agar tetap menjaga lingkungan masjid supaya tetap rapih dan bersih sehingga pengunjung atau jamaah masjid benar – benar merasa nyaman dan khusyuk saat sedang beribadah di sana.

3. Jangan membawa banyak barang berharga

Apabila Anda melaksakan sholat Idul Adha, disarankan bagi Anda untuk tidak memakai atau pun membawa barang yang mencolok ke dalam lingkungan masjid.

Larangan atau himbauan ini dibuat agar senantiasa memberikan kenyamanan dan ketenangan bagi Anda saat sedang beribadah.

Selain itu para pengunjung pun harus selalu mengukur diri agar tidak mengundang para pencuri untuk mengambil uang maupun barang berharga lainnya milik Anda.

Karena sejatinya ibadah itu bukan ajang untuk pamer harta maupun yang lainnya, melainkan hanya untuk mendapatkan ridho dari Allah swt.

Baca Lagi: Ibadah Sunnah yang Bisa Dilakukan Saat Perayaan Idul Adha

4. Membawa kantong plastik atau tas kecil untuk menyimpan sAndal Anda

Saat Anda akan melaksanakan ibadah sholat Idul Adha, pasti Anda sudah terbayangkan ramainya jamaah yang akan mengikuti solat bersama. Dipastikan akan ada ribuan pasang sandal dan sepatu yang menghiasi lantai batas suci masjid.

Nah, membawa kantong plastik atau tas kecil akan menjadi ide alternatif yang sangat efektif untuk menyimpan sandal atau sepatu Anda selama beribadah.

Demi keamanan, kenyamanan dan khusyuknya Anda selama melakukan sholat ibadah Idul Adha di masjid Istiqlal. Karena akan sangat mengganggu sekali ketika Anda sedang melaksanakan sholat terpikirkan oleh letak sandal atau sepatu Anda yang entah tertumpuk sedal sepatu milik orang lain, hilang karena di ambil ataupun tertukar dengan milik orang lain.

Dengan Anda membawa kantong plastik atau tas kecil Anda tak perlu lagi khawatir memikirkan dimana sandal atau sepatu Anda karena Anda bisa menjinjingnya ke dalam masjid dan diletakan di samping tempat shaf Anda melaksanakan sholat Idul Adha.