Muslim Lifestyle

Tips Mengolah Daging Kambing Qurban

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Kamu telah mendapat daging qurban khususnya mendapat daging kambing? Umroh.com punya tips mengolah daging kambing qurban untuk Anda yang ingin memasak daging kambing.

Pada umumnya penerima daging kurban tidak dapat memilih bagian mana yang diinginkan. Sehingga Dalam hal mengolah daging qurban, nyatanya tak semua orang hAndal melakukannya utamanya mengolah daging kambing. Bau nya yang khas dan takutnya akan kolesterol yang meningkat membuat sebagian orang enggan untuk memasak atau pun memakan nya. Padahal ada banyak cara dan tips untuk mensiasati olahan kambing menjadi sajian yang sangat nikmat untuk disantap.

Ini 10 Tipsnya

1. Tips Mengolah Daging Kambing Qurban yang Pertama, Hilangkan Lemak.

Daging kambing memiliki kandungan lemak yang tinggi dan akan menimbulkan berbagai risiko penyakit. Sebaiknya potong semua lemak yang terlihat sebelum memasak daging kurban untuk terhindar dari risiko kolesterol. Selain itu Lapisan lemak berwarna putih yang menempel pada daging menjadi salah satu penyebab munculnya bau prengus pada daging kambing. 

Maka dari itu iris dan buang lah lemak kambing sebelum diolah. Jika Anda tidak memiliki masalah dalam kesehatan, Anda boleh menyisakan sedikit lemak nya.  Karena  lemak bisa menghasilkan rasa gurih pada olahan daging kambing, jadi daging kambing tidak perlu benar-benar bebas lemak. Setidaknya, begitu lemak dikurangi, bau prengus juga akan berkurang. 

Baca Juga: Setelah Selesai Idul Adha, Anda Bisa Langsung Siap-siap untuk Ibadah Umroh

2. Tips Mengolah Daging Kambing Qurban yang Kedua, Memanggang Dengan Bumbu Alami.

Bagi Anda yang takut kolesterol meningkat lebih baik Anda memasak daging kurban dengan cara memanggangnya daripada menggoreng. Gunakanlah bumbu sehat dari bahan-bahan alami. Rempah-rempah alami biasanya mengandung garam yang baik untuk daging kurban.

3. Goreng dengan Menggunakan Minyak yang Sehat

Tips mengolah daging kambing qurban ketiga. jika Anda tetap ingin menggoreng daging kambing, sebaiknya gunakanlah minyak yang seperti minyak zaitun, bunga matahari, minyak kanola, hingga minyak kedelai. Minyak sehat ini mengandung lemak tidak jenuh yang dapat menjaga kesehatan tubuh dari kolesterol. Jika Anda tidak memiliki beberapa daftar minyak sehat di atas, Anda bisa menggunakan minyak maupun mentega dengan catatan tidak boleh digunakan secara berlebihan.

Anda cukup tuangkan sedikit saja, hal ini karena daging kambing yang akan Anda makan sudah mengandung lemak. Jika kamu menambahkan minyak atau mentega yang juga mengandung lemak, maka hal tersebut hanya akan menghasilkan masakan daging yang lemaknya jadi berlipat gAnda. Dengan begitu, risiko kolesterol menyerangmu akan jadi lebih tinggi.

 4. Tips Mengolah Daging Kambing Qurban yang Keempat, Jangan Dicuci.

Normalnya daging harus dicuci bersih dahulu sebelum dimasak. Tetapi kalau Anda melakukan ini terhadap daging kambing, tekstur daging akan jadi lebih alot dan bau amisnya semakin tajam. Sebaiknya langsung direbus  dalam keadaan tidak dicuci. Buang air rebusan kambing, setelah itu olah daging seperti biasa.

5. Taburi Garam

Jika Anda sudah telanjur mencuci daging kambing yang Anda dapatkan, tak perlu khawatir. Anda bisa menambahkan taburan garam untuk menetralisir darah yang menyebabkan aroma tidak sedap. Taburi garam ke seluruh permukaan daging, kemudian diamkan selama 1 jam. Cuci kembali daging kambing sebelum diolah.

Baca Juga: Tips Agar Anda Bisa Menyimpan Daging Qurban Lebih Lama

6. Baluri dengan Parutan Nanas

Ini cara yang mungkin sudah diketahui sebagian banyak orang. Tahukah Anda bahwa getah nanas yang tajam juga bisa dimanfaatkan untuk melunakkan daging kambing yang alot. Selain itu juga bisa membantu mengatasi aroma amis pada daging. Cara nya cuku mudah. Anda hanya perlu lumuri daging kambing mentah dengan parutan nanas, kemudian diamkan selama setengah jam. Setelah itu baru Anda olah seperti biasa. 

7. Rebus dengan Rempah-Rempah

Jika Anda tipe pemasak yang lebih suka mencuci daging terlebih dahulu, ada baiknya pada saat merebus daging Anda tambahkan dengan campuran rempah-rempah berbau harum seperti daun jeruk, jahe, serai, dan kemangi. Gunanya untuk mengurangi bau khas pada daging kambing tersebut.

8. Baluri dengan Parutan Pir

Jika Anda tidak ingin menggunakan buah nanas untuk melunakan daging kambing. ada alternatif lain Selain buah nanas yaitu buah pir. Buah yang satu ini ternyata juga ampuh  untuk melunakkan daging. Caranya sama saja seperti nanas. Parut buah pir, kemudian gunakan untuk melumuri daging. Diamkan selama setengah jam lalu baru bisa di olah sesuai selera.

Baca Juga: Tips Mencairkan Daging yang Telah Dibekukan

9. Bungkus dengan Daun Pepaya

Tahukan Anda bahwa enzim dalam daun pepaya bisa menghasilkan daging kambing yang lebih empuk? Ternyata daun-daunan bisa dimanfaatkan juga untuk melembutkan dan mengatasi bau tak sedap pada daging kambing. Jika Anda ingin menerapkan dirumah, cara ini cukup mudah.

Anda hanya tinggal bungkus daging kambing mentah dengan daun pepaya. Diamkan selama kurang lebih setengah jam lalu baru bisa di olah sesuai selera. Jika tidak ada daun pepaya, Anda juga bisa memanfaatkan daun jambu atau daun jati untuk membungkus daging kambing.

10. Lumuri dengan Jeruk Nipis

Buah yang satu ini memang memiliki segudang manfaat termasuk untuk mengolah daging kambing. Selain dapat melunakkan dan mengurangi bau amis daging, air jeruk nipis juga dapat membunuh bakteri. Lumuri daging kambing mentah dengan air perasan jeruk nipis. Diamkan selama kurang lebih setengah jam, kemudian baru bisa di olah sesuai selera.

Tulis Komentar Anda
Download GRATIS Jadwal Sholat, Al Quran Digital & Voucher Umroh
Klik Disini