play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
Umroh & Haji

Ini Tempat Miqat yang Perlu Diketahui Sebelum Umroh

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Umroh.com — Jika diartikan dalam bahasa Indonesia, Miqat berarti waktu. Dalam ibadah haji atau umroh, yang dimaksud miqat adalah batas dimulainya ibadah haji atau umroh. Ketika kita sudah melintasi tempat yang telah ditetapkan sebagai tempat miqat, kita wajib memakai pakaian ihram dan mengucapkan niat ibadah.

Untuk mengetahui beberapa tempat miqat, yuk langsung pesan paket umroh di aplikasi Umroh.com, download di sini!

Ada dua jenis miqat yakni Miqat Zamani dan Miqat Makani.

1. Miqat Zamani

Miqat Zamani adalah batas waktu dimulainya ibadah haji. Dimulainya Miqat Zamani untuk haji adalah pada bulan Syawal, sampai terbit fajar tanggal 10 Dzulhijjah. Untuk ibadah umrah, Miqat Zamani berlaku sepanjang tahun.

2. Miqat Makani

Miqat Makani adalah batas melaksanakan ibadah haji atau umroh berdasarkan tempat. Mulai dari tempat yang telah ditetapkan sebagai Miqat Makani, seseorang harus mulai berniat Ihram sebelum melintasi batas Tanah Haram. Saat itu juga, calon jamaah haji harus berniat melaksanakan haji atau umroh.

Ada berbagai paket umroh, haji, hingga halal trip hanya di Umroh.com. Jangan lupa download aplikasinya di sini!

6 Lokasi Miqat yang Dirangkum Umroh.com.

1. Mekkah

Untuk jamaah yang tinggal di Mekkah, maka tempat untuk mulai Ihram haji adalah di Mekah. Namun jika berniat melakukan umroh, jamaah yang tinggal di Mekah harus menuju tempat di luar Tanah Haram. Tempat yang disarankan untuk Miqat adalah mulai dari Ji’ranah, Tan’eim, atau Hudaibiyah.

2. Bir Ali

Bagi jamaah yang datang dari Madinah, lokasi Miqat terletak di Bir Ali. Tempat ini juga disebut Zulhulayfah. Letak Bir Ali adalah sekitar 12 Km dari Madinah. Jika ditempuh dari Mekkah, jaraknya berkisar 450 Km. Jamaah haji kloter pertama juga biasanya mengambil Miqat di Bir Ali.

3. Al Juhfah / Rabigh

Lokasi Miqat yang terletak di antara Mekkah dan Madinah adalah Al Juhfah. Jaraknya sekitar 187 Km dari Mekah. Al Juhfah menjadi Miqat bagi jamaah yang berasal dari Suriah, Mesir, Maroko, dan daerah di sekitarnya. Sayangnya ciri-ciri Al Juhfah menghilang sehingga diganti di lokasi lainnya, yaitu Rabigh. Letak Miqat Rabigh adalah sekitar 204 Km dari Mekkah.

Lupa waktu sholat, ingatkan dengan fitur suara adzan hanya di aplikasi Umroh.com, bisa kamu download di sini!

4. Yalamlam

Miqat Yalamlam adalah sebuah bukit di selatan Mekkah. Jaraknya sekitar 54 Km. Tempat ini adalah Miqat bagi jamaah yang datang dari Yaman dan Asia. Jamaah dari Indonesia, Malaysia, Singapura, dan negara-negara Asia lain biasa mengambil Miqat di Yalamlam.

5. Qarnul Manazil

Sebuah bukit di timur Mekkah ini juga merupakan Miqat bagi jamaah haji. Jaraknya 94 Km dari Mekkah. Lokasi yang sejajar dengan Qarnul Manazil atau di Bandara King Abdul Aziz Jeddah juga biasa dijadikan tempat Miqat bagi jamaah haji dengan kloter kedua.

6. Zatu Irqin

Lokasi Miqat ini terletak di utara Mekkah. Jaraknya 94 Km dari Mekkah. Miqat Zatu Irqin digunakan oleh jamaah dari Iraq dan sekitarnya.

Jika jamaah haji melewati Miqat tanpa Ihram, maka ia harus kembali ke Miqat semula. Jamaah yang lupa juga bisa mengambil Miqat di Tan’eim atau Ji’ranah. Jika keduanya tidak dilakukan, maka ia harus membayar dam atau denda dengan menyembelih seekor kambing.

Facebook Comments