1
Serba-serbi Ramadhan

Asyik! Ini Rekomendasi 7 Menu Buka Puasa Berkuah

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Seharian menahan haus dan lapar seringnya di saat siang, kita tiba-tiba ngidam dan terbayang-bayang untuk makan-makanan berkuah. Karena itulah di sini disajikan menu buka puasa berkuah yang bisa kamu jadikan referensi berbuka nanti!

Menu Buka Puasa Berkuah

Menu buka puasa berkuah pun bisa menambah meriah makanan berbuka puasa di bulan Ramadan. Sehingga, menu makanan yang disajikan tidak hanya digoreng, direbus atau dipanggang saja.

Bahannya pun mudah dicari dan harganya murah, biasanya orang Indonesia memilih membeli gorengan di pinggir jalan untuk membatalkan puasa. Padahal, menu tersebut kurang menyehatkan buat tubuh, apalagi kalau bulan puasa.

Baca juga: Nyaman Abis, Ini 7 Tempat Buka Puasa di Jakarta

Karena itulah tubuh kita perlu asupan cairan yang bisa menggantikan ion tubuh yang hilang selama seharian beraktivitas. Entah itu dari minum atau makanan yang kita konsumsi ketika Maghrib.

Untuk minuman, udah pasti yang paling gampang adalah air putih. Tapi kalau bosan bisa pilih minuman isotonik. Sedangkan kalau dari makanan bisa didapat dari buah, sayuran serta jenis makanan yang mengandung kuah.

7 Menu Buka Puasa Berkuah

Umroh.com merangkum, buat kamu yang ingin mencobanya, coba deh siapkan 7 menu buka puasa berkuah berikut ini:

1.   Soto lamongan

Menu buka puasa berkuah pertama yang bisa kamu cicipi adalah soto lamongan. Sesuai namanya, makanan satu ini berasal dari daerah Lamongan, Jawa Timur. Soto ini jelas sangat populer di seluruh Indonesia.

webinar umroh.com

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah. Yuk download aplikasinya sekarang juga!

Lihat saja banyaknya penjual di pinggir jalan bahkan sampai ke restoran-restoran. Untuk mencarinya pun tergolong mudah di bandingkan jenis soto lain.

Ciri khas rasa dari soto satu ini adalah kuahnya yang bening dan segar, karena menggunakan perasan jeruk nipis. Bahan-bahan lainnya seperti ayam, kol, dan tauge juga menambah cita rasa soto lamongan.

2. Sop buntut

Buat yang suka dengan daging sapi bisa mencoba sop buntut sebagai menu buka puasa berkuah. Udah lumayan banyak tempat makan yang menyajikan menu satu ini. Meski harganya sedikit lebih mahal dari soto lamongan, bolehlah sesekali memakan sop buntut ketika berbuka. Asal jangan sering-sering, nanti kantong bisa bolong.

menu buka puasa berkuah

Di dalam makanan ini tentu ada potongan daging buntut sapi, potongan kentang serta wortel untuk menyeimbangkan nutrisinya.

3.  Bakso

Siapa sih yang tidak suka bakso? Rasanya minoritas sekali pasti ya! Makanan sejuta umat orang Indonesia ini bisa kamu manfaatkan menjadi menu buka puasa berkuah lainnya. Harganya pun relatif murah, rasanya lezat dan mudah didapatkan di mana-mana.

menu buka puasa berkuah

Buat yang bosan dengan jenis bakso pada umumnya, bisa mencoba varian lain seperti bakso beranak, baksi mercon serta bakso isi keju mozarella yang belakangan hits di media sosial.

Mau jadi tamu istimewa Allah di Tanah Suci? Yuk temukan paketnya cuma di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

4.  Soto betawi

Soto betawi bisa menjadi incaran makanan berkuahmu selanjutnya. Agak berbeda dari soto lamongan, makanan khas orang Jakarta ini cenderung lebih banyak kalorinya. Pasalnya, soto betawi mengandung beragam jeroan sapi seperti paru, usus, kikil dan babat. Serta kuahnya yang cenderung lebih pekat karena menggunakan santan kelapa. Tapi maknyus sekali!

menu buka puasa berkuah

Namun, sebaiknya jangan terlalu sering mengonsumsi menu ini karena mengandung kolesterol dan lemak yang lumayan banyak. Terutama bagi yang punya penyakit organ dalam seperti jantung.

5.  Rawon

Selanjutnya, makanan asal Jawa Timur, Rawon yang bisa kamu jadikan menu buka puasa berkuah. Warnanya yang hitam karena menggunakan kluwek menjadi ciri khas masakan satu ini.

menu buka puasa berkuah

Disajikan bersama potongan daging sapi yang lembut dan tauge membuat makanan ini lezat untuk disantap usai adzan Maghrib berkumandang. Meski warnanya hitam tapi rasanya jelas nikmat. Dan harganya bisa dibilang relatif lebih terjangkau di bandingkan soto betawi.

6.   Sop iga

Sop iga bisa menjadi alternatif buat kamu yang gak suka buntut sapi. Bagian iga sapi terkenal karena teksturnya yang kenyal, dan empuk ketika dimakan. Kandungan kuahnya mirip dengan sop buntut yang bening. Begitu juga sayu-sayuran yang ada di dalamnya.

7.   Tom Yum

Makanan ini sejatinya berasal dari Thailand dengan sensasi asam pedas segar yang memanjakan lidah. Tom Yum pun memiliki penggemar cukup banyak di Indonesia.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

Didominasi rasa asam, pedas dan gurih di kuahnya menjadi ciri khas utama Tom Yum.  Selain itu, ada juga berbagai hasil laut lain seperti udang, cumi serta kerang bikin nafsu makan semakin bertambah.

menu buka puasa berkuah

Itulah tujuh menu buka puasa berkuah yang patut kamu coba di bulan Ramadan ini. Jangan lupa cicipi pas berbuka ya!