1
Serba-serbi Ramadhan

5 Menu Buka Puasa untuk Diet, Simpel tapi Bikin Kenyang

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Puasa selain menjadi alasan utama untuk beribadah, tetapi puasa juga dapat membantu kamu yang ingin berdiet loh. Ada 5 menu buka puasa untuk diet yang bisa kamu pakai agar diet semakin lancer.

Meski waktu makan dibatasi saat puasa, namun asupan makan tetap perlu dikontrol ya jika ingin menurunkan berat badan. Sebaiknya kurangi asupan kalori sebanyak 500 kalori per hari untuk mendapatkan penurunan berat badan sebanyak 0,5-1 kg per minggu. Contohnya, total asupan kalori kamu biasanya sebanyak 2000 kalori, maka kamu hanya perlu mengonsumsi sebanyak 1500 kalori saat puasa untuk mencapai penurunan berat badan.

Baca juga: Makna dan Hukum Puasa Ramadhan untuk Umat Muslim

Namun tetap jangan berlebihan dalam membatasi asupan kalori. Karena tubuhmu tetap membutuhkan kalori untuk melakukan fungsi normalnya. Setidaknya, kamu harus mencukupi kebutuhan kalori minimal 1200 kalori/hari untuk menjaga fungsi normal tubuh.

5 Menu Buka Puasa untuk Diet

Umroh.com merangkum, untuk itu mungkin kamu perlu 5 menu buka puasa untuk diet seperti di bawah ini!

1. Kentang rebus

Kentang rebus dapat dikatakan cocok menjadi menu buka puasa untuk diet. Hal ini lantaran kentang rebus memiliki beberapa sifat yang menjadikannya makanan sempurna baik untuk menurunkan berat badan atau kesehatan yang optimal.

Kentang diketahui mengandung beragam nutrisi yang kamu butuhkan. Kentang sangat tinggi kalium, nutrisi yang memainkan peran penting dalam kontrol tekanan darah.

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download aplikasinya sekarang juga!

Dilansir dari Healthline, pada skala yang disebut Satiety Index, yang mengukur bagaimana tingkat penghasil rasa kenyang, kentang rebus mendapat nilai tertinggi dari semua makanan yang diuji. Artinya, dengan mengonsumsi kentang rebus, kamu secara alami akan merasa kenyang dan makan lebih sedikit.

webinar umroh.com

Jika membiarkan kentang mendingin sebentar setelah mendidih, mereka akan membentuk pati resisten dalam jumlah tinggi, zat seperti serat yang telah terbukti memiliki berbagai manfaat kesehatan, termasuk penurunan berat badan.

menu buka puasa diet

2. Sup

Selanjutnya ada sup yang merupakan makanan dengan kepadatan energi rendah cenderung membuat orang makan lebih sedikit kalori. Sebagian besar makanan dengan kepadatan energi rendah adalah makanan yang mengandung banyak air, seperti sayuran dan buah-buahan. Karena itulah sup termasuk ke dalamnya.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa makan makanan padat yang diubah menjadi sup, membuat orang merasa lebih kenyang dan makan lebih sedikit kalori secara signifikan. Untuk berbuka, kamu dapat membuat sup jagung, sup tomat, sup kentang, atau sup ayam.

Pastikan tidak menambah terlalu banyak lemak ke sup ya! Seperti krim atau santan karena secara signifikan meningkatkan kandungan kalorinya.

3. Alpukat

Buah hijau yang satu ini bisa dikatakan sebagai buah yang unik. Karena sebagian besar buah-buahan mengandung karbohidrat tinggi, alpukat sarat dengan lemak sehat. Alpukat sangat tinggi dalam asam oleat tak jenuh tunggal, jenis lemak yang sama ditemukan dalam minyak zaitun.

menu buka puasa diet

Meski sebagian besar terdiri dari lemak, alpukat juga mengandung banyak air dan serat, membuatnya kurang padat energi. Apalagi alpukat merupakan tambahan yang sempurna untuk salad sayuran, karena penelitian menunjukkan bahwa kandungan lemaknya dapat meningkatkan penyerapan antioksidan karotenoid dari sayuran 2,6 hingga 15 kali lipat. Alpukat juga mengandung banyak nutrisi penting, termasuk serat dan kalium.

Karena itulah kamu bisa berbuka dengan alpukat segar atau dicampur dengan salad buah atau bersama roti gandum.

Jadilah tamu istimewa Allah di Tanah Suci, dengan temukan paketnya cuma di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"] 

4. Telur

Meski telur yang bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat LDL pada beberapa orang, telur bisa menjadi salah satu makanan terbaik untuk dikonsumsi jika kamu perlu menurunkan berat badan. Hal ini lantaran telur tinggi protein dan lemak, dan sangat mengenyangkan. Agar lebih sehat, kamu bisa menyatap telur yang direbus.

menu buka puasa diet

Satu studi pada 30 wanita yang kelebihan berat badan menunjukkan bahwa makan telur untuk sarapan,meningkatkan perasaan kenyang dan membuat partisipan makan lebih sedikit selama 36 jam berikutnya.

Telur juga padat nutrisi dan dapat membantu mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan dalam diet terbatas kalori. Menariknya, hampir semua nutrisi ditemukan dalam kuning telur.

5. Salmon dan Tuna

Terakhir, kamu bisa mengonsumsi ikan berlemak seperti salmon. Hal ini lantaran Salmon sangat sehat dan sangat memuaskan hingga dapat membuat kenyang selama berjam-jam dengan kalori yang relatif sedikit. Salmon sarat dengan protein berkualitas tinggi, lemak sehat dan berbagai nutrisi penting.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

Salmon juga sarat dengan asam lemak omega-3, yang telah terbukti membantu mengurangi peradangan, yang diketahui memainkan peran utama dalam obesitas dan penyakit metabolisme.

Selain salmon, ada tuna yang menjadi makanan rendah kalori dan lemak tetapi tinggi protein. Tuna pun cukup populer dikalangan binaragawan dan model yang sedang diet karena dengan mengonsumsi tuna bagus untuk meningkatkan asupan protein sambil menjaga total kalori dan lemak tetap rendah.

Itulah 5 menu buka puasa untuk diet. Pastikan dietmu lancar dengan diet secara konsisten ya!