play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
Serba-serbi Ramadhan

Bisa Dicoba, Catat 10 Menu Sahur Sehat di Sini!

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Umroh.com – Saat puasa pertama dimulai, sebaiknya kita jangan sampai melewatkan menu sahur yang berkualitas. Karena menurut para ahli, makan sahur justru lebih penting dari buka puasa di mana sebagian besar orang justru makan serba berlebihan.

Saat menjalankan ibadah puasa, banyak orang mengabaikan sahur. Hal ini lantaran sebagian besar orang merasa kesulitan bangun dan memilih untuk istirahat dibanding makan sahur. Padahal sahur berperan sangat penting untuk orang yang berpuasa.

Baca juga: Begini Tata Cara Mandi Puasa Ramadhan!

10 Menu Sahur Sehat

Puasa itu seharusnya membuat tubuh jadi lebih sehat dan kuat karena ada proses detoksifikasi. Nah, supaya puasamu optimal, kamu bisa mencoba resep-resep di bawah ini sebagai menu sahur.

1. Sayur orak arik

Telur yang dipadukan dengan sayur bisa membuatmu lebih sehat loh. Karena itulah sayur orak-arik ini menjadi bahan masakan yang mudah dibuat saat sahur. Cukup siapkan, kol, buncis, kacang panjang, taoge, wortel, atau sayuran favoritmu.

Cara membuatnya tumis bawang putih hingga harum, masukkan telur untuk diorak-arik hingga rata. Masak sayuran ke dalam wajan dengan api sedang. Mudah, kan?

2. Cah kangkung

Umroh.com merangkum, kalau pengin belajar menumis sayuran, cah kangkung bisa jadi menu yang tepat. Tinggal tumis bawang putih hingga harum, masukkan bawang merah, daun salam, dan lengkuas. Tambahkan tomat, cabai merah, hingga wanginya menggugah selera.

menu sahur sehat

Bisa juga tambahkan tauco, sedikit air, garam, dan gula, sebelum memasukkan kangkung. Saat kangkung sudah masuk, besarkan nyala api supaya matangnya rata.

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download aplikasinya sekarang juga!

3. Roti bakar

Selain sayur-sayuran, kalau kamu mau lebih simple roti tawar bisa menjadi solusi cepat dan praktis untuk sahur. Cara mengolahnya pun mudah, cukup oleskan selai atau dibuat roti bakar.

Kalau tidak bisa memanggangnya, kamu bisa menggunakan setrika dengan melapisi roti dengan aluminium foil. Anak kost pasti paham lah ya.

4. Sop ayam

Siapa bilang membuat sop ayam itu ribet? Kamu bisa masak sop atau opor ayam dengan mudah menggunakan rice cooker. Masukkan air dan tunggu hingga mendidih. Kemudian, rebus ayam dan masukkan bumbu sop atau opor. Gampang, kan?

menu sahur sehat

5. Tumis Buncis

Menu menyehatkan yang satu ini cocok untuk anda sajikan saat sahur nanti karena hidangan yang satu ini akan membuat anda terpana karena warna-warninya. Tumis buncis ini bisa juga loh ditambah sosis, baso atau udang. Sehingga selain terdiri dari berbagai macam sayuran yang menyehatkan, ada protein juga sebagai tambahan.

6. Tongseng Kacang Panjang

Jangan kawatir dengan bahan dan bumbu-bumbu dari masakan yang satu ini, karena bisa menemukannya di mana-mana atau bahkan sudah ada di dapur anda. Tinggal potong kacang panjang, tumis bawang putih, bawang merah dan cabai, kasih air dan voila jadilah tongseng kacang panjang.

7. Tumis Brokoli

Tumis brokoli juga cocok dan menyehatkan untuk menu sahur karena cara mengolahnya sangat mudah sekali, bahan-bahannya pun bisa anda jumpai di pasar atau swalayan dekat rumah.

Yuk jadi tamu istimewa Allah di Mekkah, dengan temukan paket umroh terbaiknya cuma di umroh.com!

8. Ayam Goreng Mentega

Kalau mau lebih menikmati protein hewan seperti ayam bisa nih jadikan ayam goreng mentegasebagai menu favorit keluarga. Agar tubuh lebih kuat dan fit dalam menjalani puasa seharian, karena asupan protein sangat dibutuhkan dalam menu sahur sehat.

Selain itu, asupan protein akan memberikan efek kenyang lebih lama, sehingga tubuh tidak cepat merasa lapar. Daging ayam bisa menjadi pilihan yang tepat untuk sumber protein terbaik.

9. Tofu Goreng Baby Kailan

Sajian satu ini pasti sudah tak asing dijumpai di berbagai restoran. Yuk coba buat sendiri di rumah untuk sajian sahur!

Bahan-bahannya sangat sederhana dan cara membuatnya pun mudah, namun menu sahur sehat ini sangat bergizi sebagai penyumbang serat dan nutrisi penting lain. Kailan telah dianggap sebagai salah satu jenis sayuran yang memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi, seperti beta karoten, vitamin K, vitamin C, lutein, zeaxanthin, kalsium. Maka dari itu tak heran jika kailan berguna sebagai antioksidan serta anti-inflamasi alami bagi tubuh kita.

menu sahur sehat

10. Kurma dan air hangat

Untuk kamu yang ingin tetap diet saat puasa tetapi diet sehat, bisa banget gunakan kurma dan air hangat. Rasa kurma yang manis berasal dari tiga jenis gula yang baik untuk tubuh, yaitu glukosa, fruktosa, dan sukrosa.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

Setiap jenis gula memiliki peran masing-masing dalam tubuh kita. Seperti glukosa yang bagus untuk menaikkan kadar gula dalam darah. Sedangkan fruktosa dan sukrosa bagus untuk menstabilkan kadar gula yang berlebihan.

Kurma cocok disantap sebagai makanan pembuka atau makanan utama saat sahur. Untuk menetralisir rasa manisnya, bisa meminum air hangat setelahnya.

Itulah 10 menu sahur sehat yang bisa kamu jadikan bahan makanan untuk sahur. Jadi, tetap semangat sahur dan puasanya ya!

Facebook Comments