1
Motivasi

Merasa Waktu Berlalu Begitu Saja? Ini Cara Agar Kita Tidak Membuang Waktu

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Apakah kamu pernah merasa bahwa hari berjalan begitu cepat, namun tidak banyak hal produktif yang kita lakukan? Kita merasa hari-hari berlalu begitu saja, tanpa ada perubahan yang berarti. Perasaan ini biasanya membuat kita merasa telah membuang waktu.

Jika itu yang kamu rasakan, berarti itu adalah pertanda positif. Kamu mulai menyadari ada yang perlu diperbaiki dari kehidupanmu, Di bawah ini adalah beberapa langkah yang bisa membantumu untuk mengubah kebiasaan membuang-buang waktu.

Lihat Alasan Mengapa Kita Membuang Waktu

Perasaan seolah telah membuang waktu pasti ada alasannya. Ada beragam alasan mengapa kita sampai merasa membuang-buang waktu. Bisa jadi kita merasa bahwa tidak banyak hal yang kita capai dalam satu hari, atau karena kita tidak juga mencapai tujuan yang telah kita tetapkan, atau kita terlalu banyak menghabiskan waktu untuk kegiatan-kegiatan yang menyenangkan namun membuat waktu kita habis begitu saja.

Alasan inilah yang kemudian menjadi latar belakang yang mendorong kita mengubah diri, agar bisa memanfaatkan waktu dengan lebih baik. Dengan menjawab pertanyaan ini, kita juga akan menemukan cara yang lebih tepat untuk mencegah tindakan membuang waktu di kemudian hari.

Setelah menemukan alasan di balik kebiasaan membuang waktu, kita bisa fokus memikirkan solusi agar kita tidak lagi membuang-buang waktu.

Lihat Untuk Apa Saja Waktu Digunakan

Untuk mempermudah kita mengetahui penyebab membuang-buang waktu, buat daftar apa saja yang telah kita lakukan dalam satu hari. Urutkan dari kita bangun, hingga tidur lagi.

Dari daftar yang dibuat, kita akan melihat kegiatan mana yang dirasa membuat kita membuang-buang waktu. Kita juga bisa melihat kegiatan mana saja yang ternyata tidak memberikan dampak yang bermanfaat bagi kehidupan atau tujuan kita. Keputusan ada di tangan kita. Mau menghapusnya, atau mengurangi porsi kegiatan tersebut.

Buatlah Daftar Kegiatan

Setiap pagi, cobalah untuk membuat daftar kegiatan apa saja yang harus dilakukan (to-do list). Daftar ini bisa membantu mengetahui kegiatan apa yang harus dilakukan setelah satu kegiatan selesai. Terkadang, penyebab kita membuang-buang waktu (melakukan kegiatan tidak bermanfaat) adalah karena kita tidak tahu apa yang harus dilakukan. Daftar kegiatan akan memperjelas apa yang harus kita lakukan, sehingga kita jadi lebih produktif.

webinar umroh.com

Buatlah daftar kegiatan yang dipecah dari tujuan besar kita. Tujuan-tujuan yang lebih kecil itulah yang akan menjadi daftar kegiatan kita dalam satu hari.

Belajar Sesuatu saat Melakukan Tugas Sehari-Hari

Ada tugas sehari-hari yang memang harus kita lakukan agar kehidupan berjalan dengan lancar. Misalnya memasak, mencuci, atau pekerjaan rumah tangga lainnya. Pekerjaan rumah tangga tersebut biasanya bisa dilakukan bersamaan dengan kegiatan lainnya. Misalnya dengan menjadikannya lebih produktif, seperti dilakukan sambil mendengarkan YouTube, atau kelas-kelas onlinenya.

Ubah Kebiasaan

Cobalah untuk mengubah kebiasaan yang ternyata tidak menghasilkan sesuatu atau tidak produktif. Misalnya terbiasa mengecek media sosial ketika sedang bosan. Cara untuk memaksa diri mengubah kebiasaan ini misalnya dengan mengeset alarm agar tidak terlalu lama scrolling di media sosial, atau menghapus seluruh aplikasi media sosial agar kita tidak tergoda untuk membukanya.

Kita Memegang Kontrol

Yakinlah bahwa kontrol dari kehidupan kita ada di dalam genggaman kita sendiri, termasuk waktu yang kita gunakan. Karena itu, hindari perasaan putus asa atau merasa bahwa pihak lain yang telah menghabiskan waktu kita. Cobalah ambil kendali dan pastikan bahwa kita melakukan hal-hal yang produktif dan bermanfaat agar kita tidak membuang-buang waktu.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.