1
Parenting

Meski Tak Bisa Mengungkapkan, Sebenarnya Anak Ingin 6 Hal Ini

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Anak-anak dikenal sebagai makhluk yang masih bersih dan jujur. Mereka mudah mengatakan penilaian mengenai apa yang dilihatnya. Akan tetapi, mereka belum mampu mengungkapkan secara verbal tentang apa yang ada di pikiran dan di benaknya. Walaupun jarang mereka ungkapkan, sebenarnya anak-anak menginginkan hal ini dari orang tuanya.

Cintai Anak Sebagaimana Mereka Ingin Dicintai

Setiap anak memiliki karakter yang berbeda. Karena itu mereka butuh untuk dicintai dengan cara yang berbeda satu sama lain. Inilah pentingnya pengetahuan orang tua tentang bahasa cinta anak.

Bahasa cinta yang dimiliki setiap orang berbeda-beda. Ada yang merasa dicintai dengan kata-kata yang positif, waktu berkualitas, pelayanan, hadiah, atau sentuhan fisik. Penting bagi orang tua untuk membuat anak merasa dicintai sesuai dengan apa yang ia inginkan. Jika anak merasa dicintai, ia akan tumbuh dengan kepribadian yang baik.

Sering-seringlah menghabiskan waktu dengan anak dan amati mereka. Perhatikan reaksi mereka terhadap setiap hal yang dilakukan orang tua, serta perhatikan bagaimana ia menyenangkan hati orang-orang yang disayanginya. Dengan begitu, orang tua jadi lebih mudah menentukan bagaimana cara yang tepat untuk mencintai anak.

Perhatian Penuh yang Tidak Terbagi

Hal yang diinginkan anak adalah perhatian penuh dari orang tuanya. Anak ingin agar orang tuanya hadir secara fisik dan dan emosional untuk mereka. Artinya mereka membutuhkan waktu, serta kasih sayang yang penuh dari orang tua. Ketika sedang bersama anak, hindari terlalu sering melihat ke layar gadget. Sering-seringlah mengajak anak bicara dan dengarkan cerita mereka.

Berikan Dukungan terhadap Apa yang Dilakukannya

Setiap anak unik, dan mereka pasti memiliki pilihan yang berbeda satu sama lain. Apapun yang dipilih untuk dilakukan anak, dukung mereka sepenuh hati. Sekalipun kita tidak menyukai apa yang mereka lakukan, tetap tunjukkan bahwa kita mendukung mereka.

Setiap orang membutuhkan support system yang baik dalam kehidupan, termasuk anak. Jangan biarkan anak merasa down karena orang tua tidak menunjukkan dukungan yang ia harapkan. Jangan menghakimi pilihannya, hindari mempermalukan mereka, dan berikan doa terbaik atas pilihannya.

Dilindungi

Anak ingin agar orang tua melindunginya. Melindungi dari orang yang berbuat jahat, serta melindungi dari hal-hal yang tidak baik. Buat ia merasa dilindungi dengan senantiasa memberikan makanan yang sehat, menasehatinya untuk memilih teman, dan berikan batasan agar ia tidak bertemu dengan orang-orang yang memberikan pengaruh buruk. Walaupun anak bisa jadi akan memberikan reaksi penolakan, namun dalam lubuk hati yang paling dalam, ada rasa nyaman ketika orang tua menunjukkan sikap yang melindungi

webinar umroh.com

Membiarkan Mereka Mandiri

Walaupun anak suka jika orang tua bersikap melindungi, mereka juga membutuhkan kebebasan untuk mandiri. Menyeimbangkan kedua hal tersebut (memberikan perlindungan dan kemandirian) memang membutuhkan seni tersendiri. Orang tua harus memastikan anak merasa dilindungi, namun jangan sampai membuat mereka merasa terkekang.

Anak membutuhkan kemandirian agar mereka bisa berkembang dan belajar membuat pilihan yang baik bagi hidupnya. Biarkan mereka menentukan pilihannya sendiri, bahkan sejak ia kecil. Dengan begitu, ia akan belajar menanggung resiko dan bertanggung jawab terhadap diri sendiri.

Cintai Keunikan Mereka

Karakter anak tentunya berbeda-beda. Adik bisa sangat berbeda dengan kakaknya. Hindari membandingkan anak dengan orang lain dan menghakimi anak karena kekurangan yang ia miliki. Ketika orang tua berhasil menghargai anak dengan segala kelebihan dan kekurangannya, anak akan tumbuh lebih percaya diri, serta pandai menghargai orang lain.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.