1
Kesehatan Kuliner

Ngemil Sehat di Malam Hari dengan 7 Bahan Ini

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Apakah kamu sering merasa lapar di malam hari? Mereka yang suka lapar di malam hari bisa jadi merasakan kegelisahan dan dilema, lho. Memenuhi rasa lapar dengan makan, akan membuat lemak bertumpuk karena mengkonsumsi makanan di malam hari. Namun jika tidak dipenuhi, kita tidak bisa tidur dengan nyenyak. Lalu harus bagaimana?

Tidak perlu bingung, karena ada berbagai macam makanan yang bisa kamu gunakan untuk mengganjal lapar di malam hari. Sediakan bahan-bahan ini di rumah, agar saat lapar di malam hari, kamu bisa menikmati kudapan yang lebih sehat.

Buah Cherry

Jika ingin ngemil di malam hari, sebaiknya konsumsi buah cherry. Cherry merupakan sumber melatonin yang baik bagi tubuh. Melatonin inilah yang membantu tubuh agar lebih rileks, sehingga membuat kita lebih mudah beristirahat. Ngemil buah ceri sebelum tidur bisa membantumu tidur lebih nyenyak.

Yoghurt Tawar

Ingin makan sesuatu yang creamy di malam hari? Daripada mengkonsumsi es krim atau cake yang memiliki banyak kalori, lebih baik konsumsi yoghurt tawar. Yoghurt memiliki cita rasa yang lembut dan creamy, namun tinggi akan protein dan probiotik. Protein yang tinggi ini akan membantu kita kenyang lebih lama, tanpa takut menumpuk kalori terlalu banyak.

Oats

Lapar di malam hari biasanya memang sangat mengganggu. Tidak jarang kita menginginkan makanan yang sarat karbohidrat, karena tubuh yang sedang lelah dan membutuhkan energi. Namun, daripada kamu mengkonsumsi nasi atau roti, lebih baik konsumsi oats. Oats bisa menjadi sumber kalori yang sarat protein, lemak sehat, dan serat. Bahan-bahan tersebut bisa membuat kita lebih kenyang, sehingga tidak perlu gelisah di malam hari karena lapar.

Kacang

Kacang-kacangan, seperti kacang almond atau pistachio, bisa membantu kita tidur lebih nyenyak. Di dalamnya ada kandungan magnesium dan potasium. Magnesium membantu mendorong tubuh memproduksi melatonin, dan menenangkan sistem syaraf. Sementara potasium bisa membantu merilekskan otot-otot.

Kacang-kacangan tersebut juga mengandung vitamin B6, yang membantu mengubah triptofan menjadi serotonin, yaitu hormon yang membuat kita merasa lebih bahagia dan nyaman. Karena itu, kacang-kacangan bisa menjadi pilihan tepat kalau kamu ingin ngemil sehat di malam hari.

Kentang dan Ubi

Kentang dan ubi bisa menjadi alternatif makanan atau cemilan sehat sebelum tidur. Selain sarat karbohidrat, keduanya mengandung potasium, kalsium, B6, magnesium, serta serat.  Namun perhatikan untuk tidak mengkonsumsi kentang atau ubi yang digoreng, karena banyak mengandung lemak yang tidak sehat. Lebih baik konsumsi kentang atau ubi yang dikukus bersama dengan kulitnya.

webinar umroh.com

Cokelat Hitam

Jika ingin mengkonsumsi makanan manis di malam hari, alih-alih memilih coklat susu, lebih baik pilih coklat hitam atau dark coklat. Coklat hitam mengandung gula yang lebih sedikit, serta memiliki kandungan antioksidan yang kaya dan bermanfaat bagi kesehatan. Cokelat juga bisa meningkatkan level serotonin dan endorfin, yang bisa membuat kita merasa bahagia dan nyaman. Manfaatnya, kita akan mendapat kualitas tidur yang lebih baik.

Susu Hangat

Kalsium, dalam susu hangat yang dikonsumsi sebelum tidur, bisa membantu otak mengubah triptofan menjadi melatonin, yang membantu tidur lebih berkualitas. Jika tidak terbiasa mengkonsumsi banyak cairan sebelum tidur, kamu bisa menggantinya dengan keju yang juga mengandung banyak kalsium.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.