1
Tips

Pencuci Mobil Profesional Biasa Melakukan Cara Ini

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Mobil yang dikendarai setiap hari juga harus dirawat, minimal dengan membersihkannya. Mencuci mobil dilakukan agar mobil tetap ‘kinclong’ dan warnanya terjaga.

Kita bisa mencuci mobil di rumah, atau di tempat khusus pencucian mobil (car wash). Namun jika lebih memilih untuk mencuci mobil di rumah, ada tips-tips yang harus dilakukan agar warna mobil tetap terjaga. Langkah-langkah di bawah ini dilakukan oleh pencuci mobil profesional untuk menangani mobil kliennya. Kita juga bisa melakukan cara-cara di bawah ini saat mencuci mobil di rumah.

Bilas dengan Air Terlebih Dulu

Bilas dengan air sebelum menggosok badan mobil dengan air sabun. Siram terlebih dahulu dengan air di seluruh badan mobil. Jika kita langsung menggosok badan mobil yang kering dengan sabun, hal itu akan membuat debu-debu lebih melekat kepada cat di mobil. Inilah yang akan membuat mobil jadi cepat kusam.

Memilih Sabun yang Tepat

Sabun yang tepat sangat penting untuk menjaga penampilan mobil. Banyak orang yang menggunakan sabun cuci piring saat kepepet tidak ada sabun khusus pencuci mobil. Padahal deterjen dalam sabun cuci piring terlalu keras untuk cat mobil. Sabun tersebut akan menghisap kandungan minyak yang penting dalam cat mobil, sehingga bisa mempersingkat usia catnya.

 Jangan Gunakan Spons

Spons memang bisa menangkap debu dan kotoran meresap ke dalam pori-porinya. Namun saat kita memeras spons, debu dan kotoran tetap melekat pada spons yang kita gunakan.

Partikel debu dan kotoran yang melekat itu akan berakibat buruk jika digunakan untuk menggosok badan mobil. Karena itu, sebaiknya kita menggunakan microfiber khusus mobil. Saat microfiber diperas, partikel debu-debunya juga akan ikut luruh.

Gunakan Dua Ember

Sediakan dua ember untuk mencuci mobil. Satu ember untuk air dengan sabun, dan satunya lagi berisi air untuk membilas. Setiap kita selesai mengusap debu di badan mobil, celupkan kain yang kotor ke dalam ember air bilasan, kemudian kucek agar kotorannya luruh.

Setelah diperas, masukkan lagi kain ke dalam air yang bersabun, lalu gunakan untuk menggosok badan mobil yang belum terjangkau. Ketika berpindah untuk membersihkan sisi lain dari badan mobil, buang air bilas yang sudah kotor, lalu isi kembali dengan air yang bersih. Cara ini berguna untuk menjaga air bersabun tetap bersih.

webinar umroh.com

Sebaiknya Tidak Menggunakan Kanebo

Saat mengeringkan mobil, lebih baik tidak menggunakan Kanebo atau Chamois Cloth. Kain tersebut bisa menyerap air, namun tidak bisa mengangkat debu. Menggosok debu dan kotoran yang tertinggal dengan kanebo sama dengan menggosok badan mobil dengan partikel-partikel kotoran.

Sebaiknya gunakan handuk microfiber, karena lebih bisa mengangkat partikel-partikel kotoran. Untuk menghilangkan dan membersihkan handuk microfiber, kita hanya perlu membilas kemudian diperas. Lalu gunakan lagi untuk mengeringkan atau menyerap air di badan mobil yang lainnya.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.