play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
Umroh & Haji

Pengertian Air Zam – Zam, Sejarah, dan Juga Manfaatnya

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Umroh.com – Air adalah sumber kehidupan bagi seluruh makhluk hidup di muka bumi. Bahkan Al Quran pun menjelaskan mengenai pentingnya air dalam kehidupan sehari – hari bagi manusia dan makhluk hidup lainnya.  Berbicara mengenai air, bagi kaum muslim pastinya sudah tak asing lagi jika mendengar air yang satu ini, yaitu air zam -zam. Pengertian air zam – zam dan juga sejarahnya sudah dirangkum dibawah ini.

Dari berbagai jenis air yang ada di dunia, air inilah yang menjadi salah satu air yang tercatat tidak pernah habis hingga ribuan tahun lamanya dan memiliki khasiat khusus di dalamnya. Tidak ketinggalan juga banyak orang yang selalu menyempatkan untuk mencicipi dan membawa pulang air zam – zam.

Baca juga : Mata Air Zam zam, Sumber Air yang Penuh Berkah

Pengertian Air Zam – Zam Dan Sejarah Singkatnya

Zam-zam adalah sumur yang terletak di Masjidil Haram dan sering juga disebut sumur Ismail. Kata zam-zam berasal dari bahasa Arab yang berarti mengumpulkan, menjaga, sesuatu yang didengar suaranya dari kejauhan, melimpah ruah, dan meminum seteguk air.

Sumur zam zam ini awal mulanya adalah satu – satunya sumber mata air di kota Mekkah. Telaga air zam zam ini berada sekitar 20 meter ke kiri dari Masjidil Haram, terdapat semacam terowongan yang didalamnya terdapat sumur air zam zam yang sudah ditutup dengan pagar kaca dan didalamnya pun sudah terpasang pipa modern untuk mengalirkan air zam zam.

Kehadiran air zam zam tidak terlepas dari keajaiban yang dipertontonkan oleh Allah SWT, sebagai mukjizat kepada umat manusia melalui Nabi Ismail dan Ibunya Siti Hajjar. Banyak sekali keistimewaannya, bahwa Allah memang bermaksud menyediakan sumber air ditengah-tengah gunung batu dan padang pasir yang gersang, hal ini sebagai konsekuensi atas perintahnya kepada Nabi Ibrahim AS yang kala itu beliau ditinggalkan oleh suaminya (Ibrahim), dan sumur zam-zam dipancarkan sumber airnya oleh Malaikat Jibril atas perintah Allah Swt.

Mau dapat Tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya sekarang juga!

Atas dasar keimanan yang mendalam dan tulus kepada Allah Swt, serta keyakinan yang mantap yang ada pada diri Siti Hajar, maka Allah Swt memuliakan beliau dengan memancarkan air zam-zam ditengah bebatuan padang pasir yang gersang. Rasulullah saw bersabda :

Telah menceritakan kepada kami Umar ibn Hasan ibn Ali, dari Muhammad ibn Hisyam ibn Isa al-Marwazi, dari Muhammad ibn Habib al-Jarudi, dari Sufyan ibn ‘Uyaynah, dari ibn Abi Najih, dari Mujahid, dari ibn Abbas, dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Air zam-zam (orang dapat memohon sesuatu) untuk setiap air yang diminumnya, jika kamu meminumnya untuk (maksud) berobat dengannya, maka Allah akan menyembuhkanmu, jika kamu meminumnya untuk (maksud) membuat kenyang kamu, maka Allah akan mengenyangkanmu dengannya, jika kamu meminumnya untuk (maksud) menghilangkan rasa hausmu, maka Allah akan menghilangkannya, dan ia (air zam-zam) adalah berasal dari pukulan kuat jibril dan sumber air (minum) Allah untuk Isma’il. (H.R Imam Ad-Daraqutni )

Air zam-zam banyak dipakai untuk obat bagi beragam penyakit, serta umat Islam yang pernah berkunjung ke Makkah telah membuktikan kebenarannya. Untuk meminum air tersebut juga harus menggunakan beberapa adab, diantaranya yaitu:

  • Mengambilnya dengan tangan kanan
  • Menghadap kiblat
  • Sebelum minum membaca basmalah
  • Boleh meminum air tersebut dengan berdiri maupun duduk
  • Bernafas tiga kali, lalu berhenti sejenak jika ingin meminumnya kembali
  • Membaca hamdalah setelah meminumnya

Keutamaan Meminum Air Zam – Zam

pengertian-air-zam-zam

Umroh.com merangkum, Setiap air pasti memiliki keutamaan dan manfaatnya masing masing, tak terkecuali air zam zam. Namun disini, pengertian air zam zam juga memiliki keutamaan serta manfaat yang jauh lebih besar dibanding dengan air biasa pada umumnya. Sebagaimana Rasulullah saw pernah bersabda :

Telah menceritakan kepada kami Hisyam Ibn Ammar, dari Al Walid Ibn Muslim, dari Abdullah Ibn Mu`ammal, dari Abu Az Zubair, dari Jabir Ibn Abdullah radliallahu ‘anhu, dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Air Zamzam (berkhasiat) sesuai dengan niat (tujuan) diminum (oleh penggunanya).” ( H.R Ibnu Majah )

1. Regenerasi Kulit Mati

Di bidang kecantikan air zam – zam bisa membantun pergantian sel – sel kulit mati lantas di ubah dengan sel – sel kulit baru. Perubahan sel kulit mati mempunyai tujuan untuk membuat cerah kulit muka serta jadikan kulit muka kenyal seperti bayi. Pergantian dengan memakai air zam- zam ini cukup hanya membasuk muka dengan air zam – zam.

2. Mengampuni Dosa – Dosa

Rasulullah SAW. Bersabda, “Siapa yang mengelilingi Kakbah sebanyak tujuh kali (tawaf), sholat di belakang makam Ibrahim, dan meminum air zamzam niscaya akan diampuni semua dosanya,” (H.R al Wahidi).

yuk pilih paket umroh Anda cuma di sini!

3. Mengobati Segala Macam Penyakit

Rasulullah SAW Bersabda, “Air zamzam itu berkhasiat sesuai dengan apa yang diniatkan. Jika engkau meminumnya dengan niat meminta kesembuhan maka Allah akan menyembuhkanmu, dan jika engkau meminumnya dengan niat agar dahagamu hilang maka Allah akan menghilangkan dahagamu. Ia adalah galian jibril dan siraman Allah kepada Ismail” (H.R Ibnu Abbas dan Al Hakim)

4. Dapat Menghilangkan Kemunafikan

Beliau bersabda, “Meminum air zamzam sampai puas bisa menghilangkan kemunafikan” (HR Ibnu Abbas)

5. Dapat Membedakan Muslim dengan Orang Munafik

Rasulullah SAW, bersabda “Yang membedakan kita dengan orang munafik ialah bahwa mereka tidak meminum dan merasakan air zamzam sampai puas” (HR Ibnu Majah)

6. Terdapat Banyak Berkah

Rasulullah SAW, bersabda “Ia (air zamzam) mengandung banyak berkah dan bisa menghilangkan rasa lapar” (HR Ahmad)

7. Sebagian dari Ibadah

Rasulullah SAW, bersabda “Melihat air zamzam adalah ibadah, ia (air zamzam) dapat menghapus berbagai dosa dan kesalahan, dan salah satau keutamannya adalah bahwa barangsiapa yang memercikannya ke kepala tiga kali maka dia tidak akan terkena penyakit” (HR al Fakihi)

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Demikian penjelasan singkat mengenai air zam zam. Sungguh luar biasa Allah memberitahukan serta membuktikan jelas keagungannya lewat air zam zam. Dengan mengetahui singkat mengenai air zam zam maka hendaknya kita senantiasa mempercayai dan meningkatkan sandaran dan ketergantungan kita kepada Allah SWT yang menguasai dan mengatur segala isinya.

Facebook Comments