1
Motivasi Parenting Tips

Pentingnya Mendidik Anak Lelaki Dengan Ketegasan

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Apa saja sih yang mesti ditanamkan serta diajarkan kepada anak kita ? Pasalnya kelak merekalah yang nantinya akan menjadi pemimpin keluarganya.
.
Menjadi seorang ayah yang nantinya akan mendidik anak anak pula. Dan pastinya Kita berharap mereka menjadi pemimpin dibarisan terdepan yang kan membela agama Allah. Aamiin .
Tentunya akan berbeda jika mendidik anak perempuan dan laki laki bukan ???

Karakter seorang ibu sangat penting bagi setiap anak baik perempuan maupun laki-laki. Namun khususnya bagi anak laki-laki, bunda adalah cinta pertama dan sejatinya, sosok yang dapat mendidiknya untuk menjadi pribadi yang penuh kasih dan bertanggung jawab.
.
Betapa penting peran tugas kita bagi anak laki-laki khususnya, didiklah mereka agar menjadi pria-pria yang sabar, penyanyang, penuh percaya diri dan bertanggung jawab bagi keluarganya suatu hari nanti. Serta tak lupa, didiklah ia menjadi seorang pemimpin yang sangat berperan besar pada agamanya.
.
Selain itu juga, satu hal yang juga tak kalah penting untuk mendidik anak lelaki adalah mengajarkan ketegasan. Mengapa sejak dini kita harus mendidik anak laki laki kita tentang ketegasan ?
.
Sebab merekalah nantinya yang kan membuat keputusan, menjadi seorang pemimpin. Dan ketegasan jelas sangat diperlukan. Ketegasan tak serta merta lahir dengan sendirinya.
.
Tugas kitalah sebagai orang tua untuk menanamkan dan mengaplikasikannya sejak dini kepada anak kita.
.
Jawabannya >> Slide kesamping ya bun 😉
.
1. Ajarkan Anak tuk Membedakan yang Baik dan Buruk
.
Anak-anak harus diajarkan mengenai hal yang baik sejak dini supaya menjadi kebiasaan sampai dewasa.
.
Selain itu, kita juga harus mengajarkan anak untuk membedakan mana yang baik dan buruk. Tanamkan dalam diri mereka supaya menolak dan menjauhi perbuatan buruk yang bisa merugikan diri sendiri dan orang lain.
.
Berbicara lah dan sering bercerita kepada mereka seraya menyelipkan nilai nilai kebaikan. Agar informasi yg mereka dapatkan adalah hal hal yang baik. Dan jelaskan pula tentang hal hal buruk
.
2. Biarkan Anak untuk Berekspresi (Berpendapat)
.
Memberikan ruang pada anak untuk mengemukakan pendapat dan mengekspresikan hal-hal yang disukainya.
.
Salah satu contohnya yaitu dengan meminta pendapat anak ketika akan membeli peralatan untuk kebutuhan di rumah. Cara ini akan mengajarkan anak bahwa pendapat merupakan hal yang harus dikemukakan.
.
3. Izinkan Anak untuk Mengambilkan Keputusan
.
Mengajarkan anak untuk mengambil keputusan akan membuat anak tidak memiliki rasa ketergantungan terhadap orang lain.
.
Maka anak akan senantiasa tidak bergantung pada pendapat oranglain dalam hal memutuskan sesuatu. Hal ini tentunya akan membuat anak tidak memiliki ketegasan.
.
4. Memberikan Contoh yang Baik
.
Bunda nilai ketegasan tidak bisa hanya dengan diajarkan melalui kata-kata saja. Karena anak adalah peniru ulung, maka kita sebagai orang tualah yang harusnya menjadi contoh.
.
Bunda bisa mempraktekannya yaitu menerapkan nilai ketegasan dalam membuat peraturan di lingkungan keluarga.
.
Semoga bermanfaat😊