1
Doa

Penting! Ini Perbedaan Al – Quran dengan Hadist Qudsi

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com- Tahukah Anda bahwa ibadah bukan hanya menjalankan sholat lima waktu saja? Namun ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk menjalankan ibadah yang tentunya dapat mendatangkan pahala bagi kita yang melaksanakannya, salah satunya yaitu dengan membaca Al-Quran. Dan juga merupakan kitab suci umat islam yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW yang di dalamnya terdapat berbagai macam surah yang terbagi ke dalam beberapa ayat. Perlu ada Ketahui perbedaan Al – Quran dengan Hadist Qudsi karena masih banyak umat muslim yang tidak tahu bedanya.

Al-Quran sendiri wajib kita baca dan kita amalkan setiap harinya, karena Al-Quran merupakan petunjuk dan pedoman hidup bagi seluruh umat muslim di seluruh dunia. Al-Quran juga dapat kita baca kapan pun dan dimana pun, baik dalam bentuk fisik maupun online. Lantas apa bedanya Al-Quran dengan hadist qudsi? Bukankah sama-sama firman Allah SWT? Untuk menjawab pertanyaan tersebut mari kita simak ulasannya berikut ini.

Baca juga : 10 Tempat yang Harus Dikunjungi di Korea Selatan

Pengertian Hadist Qudsi

Hadist qudsi secara sederhana merupakan perkataan Nabi Muhammad SAW tentang wahyu Allah SWT yang telah teriadist qudsiy. Hadist ini merupakan salah satu jenis hadist dimana perkataan Nabi Muhammad SAW di sandarkan kepada Allah SWT atau dengan kata lain disebut meriwayatkan perkataan Allah SWT. Jumlah hadist qudsi pun secara keseluruhan terdapat sekitar 4444, tetapi tidak  banyak umat muslim yang mengetahuinya, umumnya hanya sekitar 200 hadist yang diketahui.

Pada dasarnya hadist qudsi merupakan hadist untuk Nabi Muhammad pribadi, bukan sebgai Rasul, maka Nabi pun pili-pilih dalam memberikan kepada sahabatnya. Hanya sahabat-sahabat terpilih saja yang memiliki kecerdasan tinggi seperti misalnya Ali bin Abu Tholib dan Abu Hurairah  yang dapat menerimanya, karena sebenarnya hadist ini bukan untuk kosumsi umum. Hingga saat ini pun kebenarannya masih dipertanyakan, karena masih banyak umat muslim yang tidak mampu menerima kebenarannya.

Mau dapat Tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya sekarang juga!

Perbedaan Hadist Qudsi Dengan Al Quran

hikmah membaca al quran

 Setelah mengetahui pengertian dari Al-Quran dengan hadist qudsi, lalu menurut Syaikh Manna’ al-Qaththan mengatakan dalam kitab mabahits fi’ulum Al-Quran bahwa ada beberapa perbedaan antara Al-Quran dengan hadist qudsi, perbedaan tersebut di antaranya yaitu :

  • Al-Quran adalah kalam Allah SWT yang di wahyukan kepada Rasulullah SAW dengan lafaznya yang dengannya orang arab di tantang untuk membuat yang seperti al quran dalam keindahan gramatikal dan sastra yang terkandung di dalamnya. Tantangan itu pun masih berlaku hingga sekarang karena pada hakikatnya Al-Quran merupakan mukzijat abadi hingga akhir zaman, sedangkan hadist qudsi bukan merupakan suatu mukzijat.
  • Al-Quran telah di nukil secara mutawatir sehingga kepastian seluruh isi Al-Quran sudah mutlak dan bisa di pertanggung jawabkan atau biasa disebut juga dengan qath’i ats-tsubut. Sedangkan untuk hadist qudsi sebagian besar milik derajat khabar ahad, maksudnya yaitu hadist yang di riwayatkan oleh seorang perawi pada tiap tingkatan sanadnya. Sehingga kepastian hadist qudsi masih zhanni ats-tsubut maksudnya yaitu hadist atau dalil yang keshahihannya kurang bisa di pertanggung jawabkan secara ilmiah. Adakalnya yang shahih, hasan dan ada pula yang daif.

Ingin ke tanah suci dengan paket terbaik? Kunjungi Umroh.com dan dapatkan penawaran menarik!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"] 
  • Al-Quran baik lafaz maupun maknanya dari Allah SWT, itulah yang disebut wahyu. Sedangkan hadist qudsi maknanya saja dari Allah SWT sedangkan untuk lafaznya dari Nabi, hadist qudsi hanya wahyu dalam makna bukan lafaz. Karena mayoritas ahli pendapat hadist berpendapat tidak masalah meriwayatkan hadist dengan maknanya saja.
  • Dan yang terakhir bahwa membaca Al-Quran merupakan ibadah setiap huruf dan ayat yang di baca bernilai pahala, untuk itu Al-Quran di baca pada saat kita menjalankan sholat, baik itu sholat sunnah maupun sholat wajib. Sedangkan hadist qudsi Allah SWT tidak memerintahkan membacanya ketika dalam sholat, karena membaca hadist qudsi tidak akan memperoleh pahala seperti halnya kita membaca Al-Quran, Allah SWT hanya akan memberikan pahala hadist qudsi secara umum saja.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Jadi bagaimana? Sudah paham dan mengertikah perbedaan antara Al-Quran dengan hadist qudsi, semoga dari penjelasan tersebut sudah dapat Anda pahami ya. Jadi intinya semua baik untuk kita, namun alangkah baiknya jika kita rajin membaca dan mengamalkan Al-Quran karena mengingat pahala dan keberkahan yang akan kita peroleh sangat luar biasa. Semoga informasi yang di sampaikan dapat bermanfaat untuk kita semua yang membacanya.