play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
Umroh Umroh & Haji

Perlengkapan Umroh Wanita, Laki-laki, dan Anak-anak

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Sebelum Anda berangkat umroh ada baiknya untuk melakukan persiapan matang. Salah satunya adalah barang perlengkapan umroh sehinggs bisa mempersiapkan barang apa saja yang harus dibawa.

Baik jamaah perempuan, laki-laki, hingga anak-anak memiliki perlengkapam umroh masing-masing. Berikut uraian lengkap perlengkapan umroh yang harus Anda bawa yang dihimpun Umroh.com:

Perlengkapan Umroh Perempuan

1. Pakaian ihram

Siapkan lah minimal 2 hingga 3 set pakaian ihram selama berada di tanah suci untuk cadangan ganti apabila dalam ibadah nanti pakaian ihram yang anda terkena najis atau kotor.

Anda dapat membawa pakaian yangbisa digunakan untuk bepergian selama umroh. Bawalah pakaian yang cukup selama di sana setidaknya untuk 9 hingga 15 hari.

Mau pergi umroh gratis? Yuk download aplikasinya di sini dan dapatkan kesempatan untuk ke tanah suci tanpa biaya sepeserpun!

2. Pakaian berpergian, pakaian tidur dan pakaian dalam

Lalu juga pakaian tidur setidaknya 2 hingga 3 pakaian tidur. Tak lupa juga untuk pakaian dalam untuk dibawa minimal untuk 3 hari, sehingga anda mempunyai jarak waktu untuk mencuci pakaian dalam anda.

3. Pembalut

Bagi Anda yang khawatir saat beribadah nanti tamu bulanan datang, antisipasinya jangan lupa untuk membawa pembalut.

Baca Juga: 7 Tips Menjalani Umroh Lebih Lancar dan Tenang

4. Jaket, kaos kaki, sepatu, dan sandal

Selain itu jangan lupa membawa jaket cukup satu buah, kaos kaki 2 hingga 3 pasang, ini sebagai antisipasi menghadapi cuaca yang tak menentu di tanah Arab.

Ada baiknya pula membawa sepatu dan sandal, pilihlah yang nyaman digunakan agar Anda tak mudah lelah.

5. Buku doa, Al Quran, mukena, dan sajadah kecil

Bagi Anda belum menghafal beberapa doa umroh, maka bisa membawa dan mengantongi buku doa. Anda juga bisa membawa Al Quran kecil, mukena beserta sajadah kecil untuk menunjang aktivitas ibadah Anda selama berada di tanah suci.

Punya rencana pergi umroh bersama calon istri? Wujudkan impian Anda sekarang, InshaAllah ibadah nyaman, calon istri makin sayang!

6. Alat mandi dan kosmetik

Seperangkat alat mandi seperti sabun, shampoo, pasta gigi dan sikat gigi saja yang wajib dibawa,
Sementara untuk menjaga kulit tetap lembab selama berada di sana, bisa pula membawa  bedak, pelembab wajah, dan losion.

7. Obat-obatan pribadi

Bawalah obat-obatan yang memang sekiranya biasa anda gunakan, antisipasi jika anda merasa sakit selama beribadah disana.

8. Kacamata dan masker

Kacamata dan masker merupakan perlengkapan pendukung yang cukup berguna saat anda berada di tanah suci, mengingat debu dan terik nya cuaca di sana.

Baca Juga: Perlengkapan Umroh Wanita yang Harus Dibawa Saat Umroh

Perlengkapan Umroh Laki-Laki

1. Kain ihram dan sabuk

Kain ihram merupakan kain wajib bagi pria saat beribadah umroh dengan ketentuan terdiri dari dua lembar kain tanpa jahitan yang digunakan untuk  menutup aurat bagian atas dan bawah.

Siapkan lah minimal 1 hingga 2 set pakaian ihram selama berada di tanah suci untuk cadangan ganti apabila dalam ibadah nanti pakaian ihram yang anda terkena najis atau kotor.

Tak lupa juga membwa sabuk umroh digunakan untuk mengikat kain ihram supaya kuat dan tidak merosot,

2. Baju muslim dan celana bahan

Barang bawaan pria biasanya lebih sedikit dibandingkan perempuan. Anda bisa membawa 3 potong baju muslim dan 3 potong celana.

3. Pakaian tidur dan pakaian dalam

Anda hanya perlu membawa pakaian tidur secukupnya, setidaknya 3 potong sesuai dengan kebutuhan Anda selama umroh.

Begitu pula dengan pakaian dalam, tak lupa membawa secukupnya minimal bisa digunakan untuk 3 hari dan mencucinya di sana.

Mau umroh tapi masih ada kendala dengan biaya? Di sini Anda bisa dapatkan solusinya, mudah dan aman!

4. Sarung

Selain untuk peralatan solat, sarung pun bisa anda gunakan sebagai selimut atau untuk alas yang lain sesuai dengan kebutuhan anda.

5. Kaos kaki dan sandal

Sama halnya dengan perempuan, pria pun membawa perlengkapan umroh seperti kaos kaki dan sandal, tentunya memilih yang nyaman.

6. Perlengkapan mandi dan kosmetik

Seperangkat alat mandi seperti sabun, shampoo, pasta gigi dan sikat gigi saja yang wajib Anda bawa.

Para pria juga bisa menggunakan pelembab wajah, dan losion guna menjaga kulit dari paparan sinar matari mengingat cuaca di sana cukup panas.

Baca Juga: Temukan Jadwal Sholat dan Arah Kiblat di Sini.

7. Obat-obatan pribadi

Bawalah obat-obatan yang memang sekiranya biasa Anda gunakan, antisipasi jika anda merasa sakit selama beribadah disana.

8. Kacamata dan masker

Untuk mengurangi teriknya sinar matahari dan debu bisa membawa kacamata dan masker.

9. Buku doa dan Al Quran

Buku doa dan Al Quran juga penting dibawa, agar Anda bisa membacanya selama ibadah umroh.

Baca Lagi: Daftar Perlengkapan Umroh Pria yang Tak Boleh Terlewatkan

Perlengkapan Umroh Anak-anak

1. Pakaian ihram

Sama seperti orang dewasa, anak-anak baik laki-laki mau pun perempuan menggunakan pakaian ihram. Siapkan setidaknya 2 hingga 3 set pakaian ihram.

2. Pakaian sehari-hari, pakaian tidur, pakaian dalam

Untuk pakaian sehari-hari usahakan membawa pakaian syar’i yg nyaman dikenakan buah hati anda. Lalu juga membawa pakaian anak lebih banyak antisipasi bila buah hati harus mengganti pakaian lebih sering.

Sementara pakaian tidur secukupnya bisa 3 hingga 5 set pakaian tidur. Untuk pakaian dalam sebaiknya membawa lebih banyak pula. Minimal bisa digunakan untuk 5 hari selama berada di sana.

Mau dapat tabungan umroh? Cukup dengan download aplikasinya di sini, buruan sebelum kehabisan!

3. Jaket, kaos kaki, sepatu, dan sandal

Terutama untuk anak-anak sangat penting membawa perlengkapan umroh seperti jaket, kaos kaki, sepatu dan sandal yang nyaman.

Karena cuaca saat Anda melaksanakan ibadah umroh tak menentu, sehingga sebaiknya membawa perlengkapan ini semua untuk antisipasi.

4. Alat mandi

Jangan lupa membawa alat mandi seperti sabun, shampoo, pasta gigi dan sikat gigi khusus anak Anda.

5. Obat-obatan pribadi

Tak kalah pentingnya juga adalah obat-obatan pribadi. Daya tahan tubuh anak mudah sekali terserang virus. Maka dari itu sebaiknya membawa obat-obatan pribadi yang biasa digunakan sang anak.

6. Kacamata dan masker

Anda juga bisa membawakan kacamata dan masker untuk melindungi anak dari paparan sinar matahari juga debu yang beterbangan.

7. Mainan

Barang lainnya yang wajib di bawa adalah mainan favorit anak. Ini salah satu yang akan membuatnya lebih tenang saat mereka merasa sudah bosan.

Bawalah mainan yang bisa digunakan setiap saat, seperti saat di pesawat, bus, masjid, atau pun di kamar hotel.

8. Stroller atau kereta dorong

Jika saat beribadah umroh anda membawa  buah hati yang masih kecil, stroller atau kereta dorong menjadi peralatan pilihan yang wajib anda bawa.

Pasalnya kegiatan ibadah umroh memerlukan banyak energy. Jika buah hati sudah tidak sanggup untuk berjalan, maka bisa menggunakan stroller tersebut.

Demikian ulasan perlengkapan umroh yang telah dirangkum oleh Umroh.com.

Baca Lagi: Perlengkapan Umroh Anak yang Perlu Disiapkan

Tulis Komentar Anda