1
Haji

Persiapan Sebelum Ibadah Haji

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Ibadah haji merupakan penyempurna rukun islam. Agar ibadah Anda lebih khusyuk selama di tanah suci dan mendapat predikat menjadi haji yang mabrur tentunya memerlukan usaha yang maksimal serta persiapan yang matang merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan.

Mengingat perjalanan ibadah haji merupakan perjalanan spiritual yang cukup panjang dan memerlukan fisik, mental serta finansial yang mumpuni.

Ini 8 Persiapan Ibadah Haji

1. Niat tulus ibadah haji semata karena Allah SWT

Sebelum berangkat ibadah haji ke tanah suci, setiap muslim wajib meyakinkan dirinya sendiri dalam hati bahwa perginya ia ke tanah suci semata mata ingin beribadah dan benar hanya mengharap ridho dari Allah SWT.

2. Membuka tabungan haji

Mengingat biaya ibadah haji yang cukup mahal, disarankan untuk Anda membuka tabungan haji. Menabung secara berkala dan rutin waktunya akan sangat membantu Anda meringankan biaya haji.

Anda bisa membuka tabungan haji di beberapa bank terpercaya yang telah bekera sama dengan kementerian agama dan beberapa pihak tertentu agar tabungan Anda aman dari tindak penipuan.

Temukan ratusan paket umroh dari >30 travel umroh terpercaya izin Kemenag dan tersedia keberangkatan di >50 kota hanya di marketplace Umroh.com. Transaksi Aman, Ibadah Nyaman di Umroh.com.

Baca Juga: Ini Dia Keutamaan Haji Dibanding Umroh

webinar umroh.com
Persiapan ibadah haji
Persiapan ibadah haji

3. Melengkapi dokumen

Saat Anda akan pergi haji tentunya banyak dokumen yang wajib Anda persiapkan mulai dari menyerahkan bukti setoran BPIH, formulir SPPH, pas foto, surat keterangan sehat, akta kelahiran, ijazah, buku nikah, KK, sdan KTP.

Semua syarat dokumen tersebut diserahkan ke kantor wilayah kementerian agama. Setelah semua pemberkasan selesai barulah Anda masuk dalam tahap daftar tunggu.

4. Persiapan fisik dan mental

Dalam rangka usaha memperoleh predikat haji mabrur, maka wajib niatkan dari dalam hati bahwa tujuan pergi ke tanah suci adalah semata untuk beribadah kepada Allah SWT. Jika ada hal-hal yang membuat tidak nyaman baik itu dalam segi apapun, Anda harus berusaha sabar, ikhlas dan tetap menjalankan amalan baik selama berada di tanah suci.

Sedangkan untuk persiapan fisik, bagi yang jarang sekali aktifitas olahraga sebaiknya sebelum keberangkatan ibadah haji segera Anda lakukan, mengingat ibadah haji ini merupakan ibadah yang cukup menguras energy. Lakukan pemeriksaan kesehatan kepada dokter jika memiliki riwayat penyakit tertentu dan jangan lupa untuk melakukan vaksin meningitis sebelum keberangkatan.

5. Mengikuti manasik haji

Manasik haji merupakan kegiatan percobaan atau simulasi dalam pelaksanaan ibadah haji. Lokasi pelaksanaan manasik haji bisa dilakukan di lapangan ataupun halaman yang cukup luas. Selama melakukan manasik haji, para peserta mendapatkan materi tentang rukun haji, syarat haji, cara melakukan tawaf, sai, lempar jumroh, dan wukuf.

Manasik haji ini dilakukan agar para peserta diharapkan ketika berada di tanah suci sudah mempunyai bayangan bagaimana tata cara ibadah haji yang baik dan benar sesuai dengan ketentuan syariat islam.

6. Membaca pengetahuan seputar ibadah haji

Sebelum melaksanakan ibadah haji, Anda wajib mempelajari tata cara ibadah haji, mulai dari rukun-rukun, doa-doa serta larangan yang wajib kita patuhi sesuai dengan syariat islam, maka dari itu perlu nya Anda melakukan manasik haji.

Dengan kegiatan tersebut nantinya Anda dapat memiliki gambaran bagaimana pelaksanaan haji di tanah suci nanti. Selain itu Anda juga bisa mencari referensi di berbagai sumber seperti buku atau internet mengenai tata cara haji yang baik sesuai syariat islam.

Baca Juga: Perbedaan Haji Plus dengan Haji Reguler

Persiapan ibadah haji
Persiapan ibadah haji

7. Persiapkan perlengkapan ibadah haji

Pelaksanaan ibadah haji memerlukan waktu yang relatif lama. Selain baju ihram,buku doa, Al Quran dan sajadah,  perlengkapan ibadah haji dan penunjang lainnya pun sangat diperlukan guna menunjang aktifitas selama di tanah suci.

Usahakan sebelum keberangkatan  Anda packing dengan benar dan rapih agar barang bawaan Anda tidak ada yang tertinggal demi kelancaran dan kenyamanan Anda pada saat beribadah.

8. Menukarkan uang sebelum keberangkatan

Saat Anda akan berangkat menuju tanah suci usahakan Anda dari jauh hari sudah menukarkan uang rupiah Indonesia dengan uang riyal Arab Saudi. Penukaran uang tersebut bisa Anda lakukan di tempat-tempat tertentu seperti bank ataupun money changer.

Manfaat penukaran uang ini bisa digunakan untuk biaya hidup Anda selama di tanah suci mulai dari membeli makanan dan minuman serta kebutuhan lainnya selama beribadah disana.

Temukan ratusan paket umroh dari >30 travel umroh terpercaya izin Kemenag dan tersedia keberangkatan di >50 kota hanya di marketplace Umroh.com. Transaksi Aman, Ibadah Nyaman di Umroh.com.

Baca Juga: Ini Bagian Penting Ka’bah Wajib Diketahui