play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
       
1
Parenting Umroh Umroh & Haji

Tips Ibadah Umroh Bersama Anak

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Ibadah umroh merupakan salah satu perjalanan spiritual bagi setiap umat muslim. Meskipun ibadah ini sangat menguras energi yang cukup banyak, namun tak menyurutkan semangat para jamaah untuk tetap khusyu dalam beribadah selama di tanah suci.

Dalam beribadah umroh,  banyak dari jamaah yang turut serta memboyong keluarga besarnya untuk beribadah di sana. Tak jarang pula yang turut serta membawa buah hatinya untuk ikut bersama mereka dengan berbagai macam alasan.

Ada yang tak tega meninggalkan buah hati nya dan banyak pula yang berpikir ini adalah ajang bagi orang tua untuk memperkenalkan sejarah serta nilai-nilai agama Islam sejak dini pada anak.

Namun, ada saja kekhawatiran yang di rasakan orang tua ketika akan melakukan perjalanan jauh dengan membawa si buah hati. Jika Anda sudah pernah melakukan perjalanan ini sebelumnya tentu tak begitu khawatir.

Namun, bagi Anda para orang tua yang mungkin baru pertama kali membawa si buah hati pergi umroh harus lebih ekstra dan lebih persiapkan diri Anda.

Berikut tips sederhana dalam melakukan perjalanan umroh bersama anak

1. Persiapan pengetahuan umroh

Jika membawa buah hati, Anda sebagai orangtua juga harus memahami betul mengenai perjalanan ibadah umroh. Jika anak sudah menginjak usia 3 tahun lebih maka Anda sebagai orang tua perlu memberikan edukasi dini mengenai tujuan perjalanan umroh tersebut. Sehingga nantinya anak-anak dapat mengerti dan bisa bekerja sama dengan baik selama beribadah di tanah suci.

Baca Juga: Perlengkapan Umroh Anak yang Perlu Disiapkan

2. Perhatikan kesehatan anak

Sebelum waktu keberangkatan umroh hingga kembali lagi ke tanah air sebaiknya Anda memperhatikan kesehatan anak.

Ada baiknya sebelum berangkat umroh Anda tahu betul bagaimana situasi dan kondisi cuaca selama berada di tanah suci, Hal ini perlu dilakukan agar Anda mempersiapkan secara matang apa saja yang harus dibawa dan dipersiapkan demi menjaga kesehatan serta kenyamanan buah hati selama beribadah.

Selain itu, persiapan fisik dan mental buah hati selama beribadah juga patut diperhitungkan agar anak-anak tetap nyaman. Karena ibadah umroh ini merupakan ibadah yang sangat menguras banyak energi.

Jangan lupa pula untuk selalu membawa obat-obatan untuk penyakit ringan yang biasa digunakan oleh buah hati guna mengantisipasi hal-hal yang tidak di inginkan.

3. Memberikan vaksin

Saat Anda sudah merasa yakin akan mengajak buah hati anda ikut dalam perjalanan ibadah umroh, selain memperhatikan kesehatan selama dalam beribadah, sebaiknya lakukan vaksin juga pada anak.

Memberikan vaksin kepada buah hati bertujuan agar buah hati anda memiliki daya tahan tubuh yang kuat sehingga tidak mudah terjangkit penyakit.

4. Membawa perlengkapan anak

Tak kalah penting dengan poin-poin di atas, membawa lengkap perlengkapan buah hati menjadi syarat mutlak bagi Anda para orang tua yang ingin membawa buah hati ibadah umroh.

Perlengkapan umroh anak sebenarya tidak jauh berbeda dengan perlengkapan umroh orang dewasa, Hanya saja ada beberapa benda wajib yang harus dibawa saat akan ibadah umroh dengan anak.

Anda bisa membawa perlengkapan tambahan seperti membawa mainan kesayangannya, menyiapkan perbekalan makanan dan minuman yang disukai, serta stroller.

Baca Juga: 7 Tips Menjalani Umroh Lebih Lancar dan Tenang

5. Awasi keberadaan anak selama ibadah

Setiap harinya tanah suci tidak akan pernah sepi dari para jamaah yang datang dengan niat untuk beribadah. Saat kita sudah mantap untuk mengikutsertakan buah hati ibadah umroh bersama, itu artinya kita juga harus siap ekstra mengawasi keberadaan anak selama dalam proses kegiatan ibadah maupun kegiatan lain yang dilakukan di tanah suci.

Baca Juga: Jadwal Sholat dan Arah Kiblat Bisa Lihat di Sini

Tulis Komentar Anda