play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
Umroh Umroh & Haji

Persiapan Umroh, Inilah Daftar Lengkapnya

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Melaksanakan ibadah umroh tentunya membutuhkan banyak persiapan. Persiapan umroh ini begitu penting untuk menunjang kelancaran ibadah di tanah suci. Berbagai hal harus Anda siapkan mulai dari persiapan rohani, fisik,dan perlengkapan lainnya.

Persiapan Rohani

Pertama-tama yang harus dilakukan adalah persiapan rohani. Di mana Anda harus membersihkan diri dari hati, sifat, hingga perilaku buruk. Berikut uraian persiapan rohani yang bisa Anda lakukan:

1. Bulatkan niat

Sebaiknya sebelum Anda berangkat umroh, ada baiknya bulatkan niat bahwa Anda melaksanakan ibadah umroh karena Allah SWT. Tidak semata-mata hanya untuk kepentingan duniawi.

2. Membersihkan diri

Anda bisa membersihkan diri dari dosa-dosa. Mulailah bertaubat dan meminta pengampunan pada Allah SWT atas dosa-dosa yang selama ini dilakukan.

3. Meminta maaf pada semua orang

Sebelum keberangkatan ada baiknya untuk meminta maaf pada semua orang, terutama yang telah merasa tersakiti. Anda bisa meminta maaf pada orang tua, keluarga, teman, atau pun kerabat terdekat lainnya. Hal ini dilakukan agar perjalanan ibadah Anda lebih lancar.

4. Menyelesaikan persoalan

Persoalan yang dimaksudkan mencakup janji dan juga hal-hal yang bersangkutan dengan harta seperti melunaskan hutang, nazar, zakat, infaq, dan sedekah. Bila Anda sudah memiliki janji sesuatu pada orang lain maka tepatilah sebelum waktu keberangkatan Anda.

5. Mempelajari tata cara umroh dan doa-doa umroh

Ini juga salah satu hal penting yang perlu dipersiapkan. Anda bisa mencari tata cara umroh dan doa-doa umroh dari berbagai sumber.

Tata cara umroh sendiri ada banyak, mulai dari membersihkan diri dari najis, menggunakan pakaian ihram, miqot, thawaf, maqam ibrahim, sa’i hingga tahalul.

Baca Juga: Anda Bisa Membaca Al Quran di Aplikasi Ini

Persiapan Fisik

Selain persiapan rohani, Anda juga perlu menyiapkan fisik. Saat Anda umroh, nantinya akan melakukan banyak kegiatan yang membutuhkan banyak energi. Simak berikut uraian mengenai persiapan fisik yang dilakukan sebelum umroh:

1. Melakukan tes kesehatan

Jauh hari sebelum keberangkatan sebaiknya Anda melakukan tes kesehatan atau general check up. Melalui tes ini Anda bisa mengetahui kondisi tubuh sebenarnya.

Tes ini dilakukan bertujuan agar apabila ada permasalahan atau penyakit di tubuh anda bisa terdeteksi dini. Sehingga bisa mendapatkan pengobatan sebelum keberangkatan.

2. Vaksin atau suntik meningitis

Salah satu hal yang tak boleh terlewatkan adalah suntik meningitis. Meningitis merupakan salah satu penyakit berbahaya.

Di mana para penderitanya akan mengalami sakit berupa peradangan selaput otak yang disebabkan oleh infeksi pada selaput otak. Resiko terbesar dari penyakit ini adalah kematian. Oleh sebab itu penting dilakukan vaksinasi meningitis pada calon jamaah umroh dan haji.  

3. Makan makanan sehat

Agar tubuh Anda terus optimal dan bugar hingga keberangkatan, sebaiknya terapkan pola makan sehat. Konsumsi lah makanan yang kaya akan protein dan vitamin, seperti sayur, buah, ikan, dan daging.

4. Berolahraga

Setelah atur pola makan, maka tak boleh ketinggalan untuk rutin berolahraga. Anda bisa memilih olahraga yang mudah seperti lari pagi, lari kecil-kecil, atau pun berenang.

5. Konsumsi vitamin

Setelah semuanya dilakukan, Anda juga bisa mengonsumsi sumplemen atau vitamin tambahan untuk menjaga tubuh tetap bugar.

Baca Lagi: 6 Cara Persiapkan Kesehatan Sebelum Umroh

Perlengkapan

Berbagai perlengkapan juga harus Anda siapkan. Perlengkapan umroh ini tentunya akan dibutuhkan ketika Anda beribadah. Oleh sebab itu jangan lupa untuk dipersiapkan. Berikut perlengkapan umroh yang harus disiapkan:

1. Pakaian

Pakaian yang harus disiapkan antara lain pakaian ihram, pakaian sehari-hari, pakaian tidur, hingga pakaian dalam. Setidaknya Anda bisa mempersiapkan pakaian tersebut untuk cukup dipakai antara 9 hingga 15 hari perjalanan.

2. Perlengkapan ibadah

Selain pakaian ihram, Anda juga bisa membawa sarung, sajadah, tasbih, Al Quran, dan buku doa-doa yang bisa dipakai saat ibadah umroh.

3. Perlengkapan mandi dan kosmetik

Tak lupa bawa perlengkapan mandi seperti sabun, shampoo, sikat gigi, dan pasta gigi. Lalu juga untuk menjaga kulit tetap lembab bisa membawa losion.

4. Tas atau Koper

Anda bisa membawa satu koper besar untuk masuk di bagasi pesawat. Koper besar ini berisikan seluruh perlengkapan yang akan digunakan sesampainya di tanah suci.

Kemudian Anda juga bisa membawa tas atau koper kecil untuk disimpan di bagasi pesawat. Anda bisa mengisinya dengan pakaian ganti atau pun perlengkapan yang sewaktu-waktu Anda butuhkan.
Seperti halnya jaket, sepasang kaos kaki, mukena, dan pakaian ganti.

5. Uang

Tak lupa juga siapkan uang tunai. Anda bisa menukarkan uang rupiah menjadi uang riyal terlebih dahulu saat berada di Indonesia.

Memiliki uang tunai tentunya lebih memudahkan Anda ketika bepergian di tanah suci, seperti untuk membeli makanan atau pun berbelanja.

Akan tetapi sebaiknya juga uang tunai yang Anda bawa tidak dalam jumlah yang berlebihan, khawatir dicuri atau hilang dalam perjalanan.

6. Alat Komunikasi

Alat komunikasi tentunya sangat penting. Usahakan Anda membawa ponsel agar bisa mengabadikan diri dengan latar keindahan Kota Mekkah dan Madinah.

Untuk mengaktifkan internet, Anda bisa menggunakan kartu SIM dari Indonesia atau pun membeli kartu SIM lokal di Arab Saudi.

Demikian ulasan daftar lengkap persiapan umroh yang dirangkum oleh Umroh.com.

Baca Lagi:

Tulis Komentar Anda